cara memperbaiki printer Canon iP 2770

07 Jun 2013 19:00 | Hits: 26249

Cara memperbaiki printer Canon iP 2770

Artikel yang kali ini kita akan mencoba mengupas mengenai cara memperbaiki printer Canon iP 2770, ketika mengalami dua masalah yang seringkali terjadi namun barangkali belum kita ketahui akar masalahnya. Berikut ini penjabarannya; permasalahan pertama ialah ketika lampu indikator berkedip 13 kali. Hal ini bisa cukup memusingkan terutama bagi yang belum pernah berpengalaman dalam menanganinya. Permasalahan kedua ialah bila muncul status tinta error padahal kita baru saja memasukkan cartridge tinta yang terisi penuh atau bahkan baru dibeli. Jangan frustasi, karena setiap masalah selalu ada jalan keluarnya. Tentu menjadi hal yang menjengkelkan ketika kita sangat membutuhkan untuk bisa segera menggunakan printer, namun tiba-tiba printer tersebut mengalami masalah yang tidak kita ketahui sebab musababnya.

 

Baiklah, untuk mengetahui cara memperbaiki printer Canon iP 2770 yang mengalami permasalahan lampu indicator berkedip sebanyak 13 kali, pertama-tama kita harus mengetahui indikasinya terlebih dahulu. Adapun indikasi yang nampak dalam hal ini adalah meskipun ketika pertama kali printer dinyalakan sepertinya tidak ada yang salah, tapi ketika perintah untuk melakukan print, lampu indikator berkedip terus sebanyak 13 kali. Akibatnya, keinginan kita untuk dapat segera melakukan pencetakkan jadi terhambat.

 

Hal yang berikutnya terjadi adalah muncul pilihan untuk batalkan printing. Bagaimanakah cara memperbaiki printer yang mengalami kendala tersebut? Berikut ini kami ungkapan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk memecahkan masalah yang muncul tersebut:

  1. Pertama-tama, jika lampu indikator berkedip sebanyak 13 kali sedangkan di monitor tampak pilihan seperti tadi, itu artinya cartridge tinta berwarna perlu dilakukan reset.
  2. Langkah berikutnya, tekan tombol “resume” selama kurang lebih  10 detik supaya printer memprosesnya, lalu lepaskan.
  3. Kemudian, jika hal yang sama berupa lampu indikator kembali berkedip 13 kali, itu artinya cartridge tinta warna hitam juga harus dilakukan reset.
  4. Langkah ke-empat, lakukan hal yang sama yaitu dengan menekan tombo “resume” selama 10 detik agar printer memprosesnya, lalu lepaskan.
  5. Selesai. Printer dapat kembali digunakan seperti biasa.

Perlu diingat, banya permasalahan ini seringkali terjadi manakala dilakukan isi ulang tinta kemudian ketika diinstal kembali, muncullah masalah tersebut. Tapi kini hal itu tidak lagi menjadi masalah bagi anda. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah sebagaimana disebutkan di atas. Dengan demikian, masalah pertama sudah terpecahkan.

Sekarang kita bahas masalah berikutnya yang mungkin juga anda alami berkaitan dengan printer iP 2770, yaitu bila mengalami error pada status tinta. Maksudnya adalah bila anda sudah memasukkan cartridge tinta baru yang terisi penuh, namun hal yang berikutnya terjadi justru muncul pernyataan “ink has run out” atau bila diterjemahkan “tinta sudah habis”. Bagaimana mungkin hal tersebut dapat terjadi? Bukankah cartridge yang baru anda masukkan sudah terisi tinta? Anda tentu ingin tahu bagaimana cara memperbaiki printer seperti ini, bukan?

Baiklah, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat anda tempuh untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Pertama, gunakanlah alkohol yang dioleskan pada tusuk kapas atau anda juga bisa gunakan saja penghapus pensil, yang gunanya untuk melakukan pembersihan pada kotak emas yang ada pada cartridge maupun pada printer. Hal ini penting dilakukan. Lakukanlah dengan hati-hati.
  2. Langkah kedua, masuklah ke “setup menu” pada aplikasi canon iP 2770, pilih “tools”, lalu tekan “Align Print Cartridge”
  3. Lalu, langkah berikutnya yang mesti anda lakukan ialah tekan juga “Clean Print Cartridge” pada menu yang sama. Langkah ini dilakukan untuk membersihkan cartridge.
  4. Langkah keempat, silakan anda coba test printer melalui “setup menu” lalu pilih “print report, lalu pilih “Self test report”.
  5. Kemudian, nanti secara otomatis printer akan mencetak tampilan grid patterns. Hal ini untuk memastikan bahwa printer sudah dapat digunakan, sekaligus untuk mengecek kualitas pencetakkan printer anda.
  6. Akhirnya, anda akan melihat bahwa status tinta sudah normal kembali. Printer anda sudah dapat digunakan kembali seperti biasa.
  7. Selesai.

Demikianlah cara memperbaiki printer canon iP 2770 agar anda kembali dapat mempergunakan printer sesuai kebutuhan anda. Selamat mencoba![RIN]