Melacak BlackBerry Hilang

26 Jun 2012 12:00 | Hits: 86724

Dua Cara Jitu Melacak BlackBerry yang Hilang

Awal kemunculan BlackBerry yang diluncurkan tahun 1999 oleh perusahaan telekomunikasi Kanada RIM (Research In Motion). Sosok BlackBerry pertama sudah mengusung teknologi yang di jaman itu sudah sangat luar biasa. Kemampuannya mengakses internet, layanan push e-mail, telepon, SMS, yang fenomenal BBM (BlackBerry Messenger), sampai kemampuan nirkabel lainnya.

Masuk ke Indonesia diperkenalkan sekitar tahun 2004 masih belum terasa gaungnya hingga dibanderol oleh 2 operator besar Nasional Telkomsel dan Excelcom. Pengguna BlackBerry semakin luas di Tanah Air fitur yang ditempel ke dalam gadget sangat komplek untuk kebutuhan internet dan asisten personal anda.

Itulah sekilas perkembangan dan kemajuan teknologi BlackBerry yang tersedia di pasaran. Namun, bagaimana jika perangkat tersebut hilang atau berpindah tangan kepada orang yang bukan pemiliknya. Apakah BB bisa menjamin penggunanya untuk keamanan datanya?

Kini Paseban akan membahas bagaimana melacak BlackBerry hilang yang tidak ketahuan lokasinya. Sebelum membahas langkah-langkah melacak BlackBerry yang hilang. Perlu anda ketahui dahulu aplikasi-aplikasi yang paling sering digunakan gadget pintar ini. Fasilitas BlackBerry sebagai aplikasi unggulan yaitu koneksi BlackBerry (BlackBerry Connect) dengan aplikasi ini pengguna memungkinkan online terus dengan internet sehingga aplikasi pendukung lainnya seperti Yahoo! Messenger, Google Talk, Skype terhubung 24 jam, data terkompresi dengan baik sehingga biaya data internet menjadi semakin murah.

Karena BlackBerry Connect inilah fasilitas yang memungkinkan anda untuk melacak BlackBerry yang hilang dengan mudah, hanya menggunakan aplikasi BlackBerry tambahan yang bisa anda install. Aplikasi tersebut bernama BlackBerry Protect.

Sebuah aplikasi gratis yang dibuat khusus untuk membantu pengguna yang kehilangan BlackBerry-nya. Data pribadi penting anda seperti PIN rahasia, nomer kartu kredit, diary, pesan singkat, nomer telpon penting, dan sebagainya. Anda masih bisa melindungi data-data rahasia tersebut dan membackupnya secara wireless kemudian dengan leluasa anda bisa mengunci BlackBerry sekaligus menghapus data-data yang ada di kartu memory hanya dari website yang sudah divalidasi kempemilikannya. Tentu saja si "pemilik” baru akan kebingungan sebab gadget pintar yang baru saja dia dapatkan tidak dapat digunakan.

Langkah-langkah melacak BlackBerry hilang. Berikut Paseban akan jelaskan dua langkah penting melacak pencurian gadget pintar ini.

Menggunakan aplikasi BlackBerry Protect

  • Agar pelacakan berjalan optimal alangkah baiknya jika BlackBerry tersebut sudah terinstall aplikasi gratis BlackBerry Protect. Yang bisa didownload langsung dari situs resmi BlackBerry di sini.

  • jika gadget tersebut telah terinstall anda harus masuk ke admin area BlackBerry Protect via web di dini.

  • Setelah login ke pilihan Find Device, lalu View Current Location.

  • Anda bisa melacak keberadaan HP BlackBerry melalui peta.

  • Selain itu, dalam aplikasi ini juga ada pilihan untuk Display a Message, yaitu berguna untuk menampilkan pesan di layar handphone. (Misal: meminta orang yang menemukan BB, supaya mengembalikannya).

  • Lock device, fasilitas pengunci jarak jauh jika BlackBerry hilang memungkinkan data tetap aman dan handphone juga tidak akan berfungsi normal.

  • Wipe device, hati-hati menggunakan fasilitas ini. Pastikan data-data telah tersimpan dengan aman. Hal ini terpaksa anda lakukan jika memang data pribadi anda tidak ingin diketahui oleh pihak lain.

  • Backup and restore data BlackBerry, mengambil data secara jarak jauh, data akan tersimpan di dalam server BlackBerry dan mengembalikan data yang tersimpan di server ke BlackBerry yang telah diketemukan.

Cara lain melacak BlackBerry hilang jika handphone tersebut dalam keadaan offline. Cara ini bisa dilakukan untuk memastikan keberadaan handphone kita apakah sudah digunakan oleh pihak lain. Anda cukup berbekal nomer seri IMEI dari produk BlackBerry yang resmi dan Nomer PIN BlackBerry.

  • Log on ke admin area BlackBerry di situs resminya.

  • Masukkan Username dan Password akun BlackBerry.

  • Ketikkan nomer IMEI dan atau nomer PIN yang anda miliki pada gadget yang hilang.

  • Setelah itu segera lacak dengan tombol searching.

Cara ini sangat ampuh untuk:

  • Menginformasikan HISTORY handphone apakah gadget ini resmi atau curian berdasarkan waktu yang tertera, dan segera bisa di-suspend.

  • Menginformasikan STATUS handphone, secara otomatis bisa menampilkan nomer SIM card baru atau lama yang pernah digunakan sebelumnya dan sesudahnya. Sehingga orang yang teridentifikasi telah mencuri BlackBerry tersebut akan ketahuan berapa nomernya. Anda bisa menghubungi untuk meminta kembali. Sekaligus status untuk melacak Lokasi keberadaan BlackBerry. [TR]