Update Samsung Galaxy

24 Jun 2012 08:00 | Hits: 14878

Cara Mudah Update Samsung Galaxy Note ke Android Ice Cream Sandwich

Cara Mudah Update Samsung Galaxy Note ke Android Ice Cream Sandwich

Bagi Anda pemilik Samsung Galaxy Note, Samsung kini sudah meluncurkan update resmi untuk Samsung Galaxy Note ke Ice Cream Sandwich. Dalam update terbaru ini pengguna Galaxy Note dapat menikmati face unlock, snapshot, dan beragam fitur Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang lain. Untuk update Samsung Galaxy kali ini para pengguna Galaxy Note disertai dengan premium site yang menawarkan beberapa fitur dan aplikasi canggih yang akan mengoptimalkan S Pen seperti S Note. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menambahkan catatan dan sketsa ke dalam content digital.

Upgrade Galaxy Note Premium Suite ini pertama kali diumumkan pada akhir bulan Maret lalu, dan dapat diunduh melalui Kies. Selain S Note terdapat juga aplikasi lain seperti Shape Match dan Formula Match yang dapat digunakan untuk membenarkan dan melakukan digitasi bentuk-bentuk geometri, tabel, dan grid yang telah digambar dengan S Pen, sekaligus juga dapat menyelesiakan rumus numerik. Sebagai tambahan, dengan aplikasi My Story memungkinkan Anda untuk membuat kartu nama digital milik Anda sendiri.

Update Android 4.0 Ice Cream Sandwich untuk Samsung Galaxy Note sekarang ini sudah bisa dilakukan di beberapa negara di dunia. Pengguna asal Jerman melaporkan mendapatkan pemeberitahuan tentang software update untuk perangkat Samsung Galaxy Note model N7000 khususnya, yang sebesar 318MB. Hal ini tidak akan mengejutkan jika update ini akan diperluas ke negara lain dalam waktu dekat ini. Kabar terbaru, update Samsung Galaxy Note ke Android Ice Cream Sandwich ini bergulir ke India. Beberapa pengguna di sana melaporkan mendapatkan notifikasi tentang OTA update yang muncul di smartphone mereka.

Belum diketahui secara pasti mengapa rilis Ice Cream Sandwich ini tidak dilakukan secara serentak di seluruh dunia. Bagi Anda pengguna Samsung Galaxy Note yang tinggal di Indonesia tentu tidak akan mendapatkan notifikasi secara resmi mengenai update terbaru Ice Cream Sandwich melalui software update yang ada di menu Setting. Tetapi Anda tidak perlu bersedih, jika Anda sudah ingin cepat-cepat mencoba Android versi 4 di Samsung Galaxy Note. Anda dapat melakukan update Samsung Galaxy Note Anda sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Perhatian: Cara ini diharapkan untuk penggunaan pada Samsung Galaxy Note GT-N7000. Informasi yang disediakan untuk tujuan instruksional dan pendidikan saja, tidak ada jaminan bahwa perintah di sini akan bekerja di bawah spesifikasi Anda dan persoalan tertentu. Baca dan pahami semua petunjuknya sebelum melakukan update yang sebenarnya.

Yang Anda Perlukan

  1. Samsung USB Driver untuk Galaxy Note, Anda bisa memperolehnya dengan menginstall Samsung KIES. Pastikan untuk menutup Samsung KIES sebelum menjalankan perintah berikut ini.

  2. OS Android Ice Cream Sandwich N7000XXLPY_N7000OXALPY_DBT.zip sebesar 638.2 MB yang dapat di-download di sini

  3. Odin 1.85 dapat di download di sini

  4. Samsung KIES

  5. Samsung Galaxy Note dengan baterai penuh

  6. Kabel USB Original Samsung Galaxy Note

Langkah-langkah

  1. Extract Odin 1.85 dan OS Android ICS N7000XXLPY_N7000OXALPY_DBT.zip

  2. Matikan Samsung Galaxy Note, kemudian tekan secara bersamaan tombol volume up, tombol home dan tombol power untuk reboot smartphone Anda ke dalam Recovery Mode.

  3. Pilih Backup and Restore dan pilih Backup pada layar selanjutnya untuk melakukan backup dari ROM Anda sebelumnya.

  4. Kembali ke main menu dan pilih Wipe Data/Factory Reset. Konfirmasi ke layar selanjutnya.

  5. Setelah itu, remove baterai telepon dan masukkan kembali saat telepon mati.

  6. Tekan dan tahan tombol volume down, tombol home dan tombol power secara bersamaan. Sebuah pesan peringatan akan muncul. Konfirmasikan untuk boot smartphone ke dalam Download Mode

  7. Buka folder di mana Anda meng-ekstrak file Odin dan klik Odin 1.85.exe untuk menjalankan Odin3 di komputer Anda.

  8. Hubungkan Galaxy Note Anda ke komputer via kabel USB. Kata Added akan ditampilkan di Odin. Jika tidak muncul pastikan Anda telah menginstall driver USB yang benar untuk smartphone Anda, cek juga USB debugging telah di-enabled pada smartphone Anda.

  9. Klik tombol PDA di Odin3 dan pilih N7000XXLPY_N7000XALPY_N7000XXLPT_HOME.tar.md5

  10. Jika semua telah diatur, klik Start di Odin3 untuk memulai flashing firmware. Kata PASS juga akan muncul di Odin3.

  11. Anda dapat melakukan disconnect secara aman smartphone Anda dari komputer setelah Samsung logo muncul di layar smartphone.

Proses update Android 4.0 melalui PC Odin merupakan cara aman bagi Galaxy Note yang masih menggunakan ROM Gingerbread bawaan pabrik dan tidak di-root. Proses ini juga tergolong mudah dan cepat. Mengingat banyak hal yang bisa terjadi selama update OS, kami tidak bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba. [PY]