Cara Mengirim MMS

23 Jun 2012 16:00 | Hits: 29051

Mengirim MMS Dengan Berbagai Cara

Mengirim MMS Dengan Berbagai Cara

Perkembangan dunia telekomunikasi terasa begitu cepat. Beberapa tahun silam, telepon rumah merupakan alat telekomunikasi yang cukup membanggakan. Tidak semua rumah memiliki perangkat telepon. Bukan hanya karena jaringan yang belum luas, tapi juga pembayaran tagihan yang cukup besar pada saat itu.

Sebelum ponsel masuk dan populer di Indonesia, kita pasti pernah mengetahui pager. Pager merupakan alat telekomunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan pendek. Pager memiliki keterbatasan. Baik dari jumlah huruf hingga kemampuan mengirim kembali balasan dari pesan yang masuk.

Kepopuleran pager nampaknya tak bertahan lama, karena ketika ponsel mulai merambah dunia telekomunikasi di Indonesia, pager mulai tersingkirkan. Ponsel menjadi alat telekomunikasi modern yang bisa mempermudah segala bentuk dan jenis komunikasi kita. Kita bisa berbicara langsung dengan orang yang berada di mana pun, mengirim pesan dalam bentuk teks maupun multimedia, hingga telepon yang juga bertatap muka atau video call.

Fasilitas SMS merupakan fasilitas yang paling efektif bagi ponsel. Kita bisa menyampaikan pesan dalam bentuk teks kepada orang lain dengan mudah, murah, dan cepat. Karakter SMS yang biasa dimiliki setiap ponsel adalah 160 karakter. Ada pun melebihi, kita akan dikenakan tarif tambahan sesuai dengan batas maksimum karakter yang ditetapkan.

Ketika SMS dirasa memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa bertukar multimedia, seperti gambar, foto, video, dan lainnya, MMS diperkenalkan dan diterima dengan cukup baik oleh banyak pihak. Tarif yang dikenakan setiap operator untuk biaya pengiriman MMS pun beragam, tergantung kebijakan dan promo dari operator itu sendiri. Cara mengirim MMS yang ditetapkan pada dasarnya sama, yang paling mendasar adalah ponsel harus support atau mendukung transaksi MMS itu sendiri.

Cara mengirim MMS atau mengatur pengaturan dari operator pernah Paseban bahas pada artikel sebelumnya. Kali ini, tahukah anda bahwa ada banyak cara mengirim MMS dari dan ke ponsel anda? Cara unik yang bahkan bisa anda lakukan secara gratis, tanpa dikenakan tarif. Berikut beberapa ulasan trik cara mengirim MMS dari dan ke ponsel anda.

Cara mengirim MMS lewat email

Mengirim dan menerima MMS ternyata tidak hanya dilakukan melalui layanan MMS operator saja, tapi juga lewat email. Walaupun masih menggunakan bantuan operator, akan tetapi tariff yang dikenakan ternyata jauh lebih murah. Pada dasarnya, setiap operator pasti berbeda. Namun pada beberapa kasus, bagi anda pelanggan Indosat, cara mengirim MMS lewat email ini bisa digunakan.

Anda hanya perlu jaringan GPRS dan akun email. Kirimkan MMS anda hanya dengan mengetik alamat email anda pada bar penerima. Coba cek akun email anda. Anda akan menerima MMS dari nomor ponsel anda. Setiap nomor ponsel ternyata memiliki akun emailnya masing-masing. Jika masih penasaran, coba reply dan tunggu masuknya MMS ke ponsel anda.

Cara mengirim MMS lewat aplikasi

Apa pun sepertinya bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi. Banyak aplikasi pengiriman MMS yang bisa anda gunakan. Alat yang dibutuhkan tentu saja koneksi internet dan ponsel yang sudah mendukung Java. Salah satu aplikasi yang ada adalah Messmo. Unduh Messmo dari ponsel anda atau search di mesin pencari Google, aplikasi Messmo yang mendukung device anda. Jika sudah lakukan proses penginstalan hingga sempurna.

Jika anda diminta persetujuan, maka klik accept untuk tetap melanjutkan proses penginstalan. Untuk aktivasi, anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel anda. Jangan khawatir, masukkan saja untuk memvalidasi nomor ponsel anda. Jika sudah dan diminta mengaktifkan koneksi internet maka anda harus menyetujuinya.

Fitur yang dimiliki aplikasi ini sama seperti fitur pesan pada ponsel. Ada Inbox yang fungsinya menyimpan pesan masuk anda, juga Outbox yang merupakan kotak keluar pesan anda. Beberapa fitur lainnya juga terdapat pengaturan baik pengaturan pengiriman maupun pengaturan notifikasi dan lain-lain.

Cara mengirim MMS dengan aplikasi ini juga sama dengan ketika anda ingin mengirimnya via ponsel. Pilih fitur send untuk membuat pesan baru. Satu hal yang penting menjadi catatan adalah penerima MMS ini juga harus terdaftar sebagai pengguna Messmo. Jika tidak, MMS yang dikirim akan menggunakan tariff normal layaknya anda mengirim MMS lewat ponsel dan layanan operator biasa anda.

Jika anda memiliki pertanyaan bagaimana cara mengirim SMS gratis, anda tak perlu bingung, karena Paseban solusinya. [ZH]