Melacak Nomor Ponsel

03 Sep 2014 10:00 | Hits: 112931

Melacak Nomor Ponsel Menggunakan Google Latitude

Melacak Nomor Ponsel Menggunakan Google Latitude

Majunya teknologi yang semakin lama semakin menyusup ditengah tengah aktivitas kita bisa menjadi sebuah alat yang berguna atau juga bisa saja menjadi sebuah media yang merugikan kita tergantung bagaimana kita memanfaatkan sebuah kecanggihan teknologi yang hadir disela sela kegiatan kita. Seperti ketika sebuah aplikasi di Internet yang digabungkan dengan suatu alat lain yang juga disediakan di Internet, yang guna untuk membentuk suatu alat dengan potensi yang tidak terbatas dapat menjadi sebuah alat yang berguna bagi kita namun juga merugikan orang lain. Alat tersebut dapat digunakan untuk mengusik suatu privasi orang lain namun juga bisa membantu Anda untuk melacak sesuatu yang menurut Anda sangat penting bagi Anda. Seperti salah satunya adalah dapat melacak nomor ponsel seseorang.

Anda bisa melacak nomor ponsel hanya menggunakan sebuah alat yang disediakan secara gratis yang dimana semua orang bisa menggunakannya tanpa batas yakni Google Latitude. Fakta yang menarik dari Google Latitude sendiri adalah Anda tidak memerlukan sebuah gadget yang mahal dan fancy. Yang Anda butuhkan adalah hanya sebuah ponsel yang dilengkapi dengan fitur jaringan GPS maupun yang tidak memiliki fitur GPS, selebihnya untuk ponsel lain yang ingin Anda lacak keberadaannya tidak harus memiliki fitur GPS pula, karena tanpa fitur GPS, ponsel teman Anda masih bisa di lacak keberadaannya. Seperti contohnya jika Anda ingin mengetahui apakah teman Anda masih di tempat kerja atau tidak, Anda hanya perlu masuk ke dalam Google Latitude untuk mengetahui dimana koordinatnya saat ini. Jika memang dia sengaja meninggalkan teleponnya, maka Anda bisa mengetahui atau melihat dimana ia sekarang.

Potensi dari penggunaan teknologi ini benar-benar luar biasa, dan fitur dari Google ini pun bisa Anda integrasikan dengan Google Maps untuk memberikan lokasi detail tentang dimana posisi teman Anda. Keunggulan pada Google Latitude ini adalah bisa digunakan secara fleksibel, jika ponsel Anda tidak memiliki fitur GPS, Anda pun masih bisa menggunakannya, namun ponsel Anda harus bisa terkoneksikan dengan akses jaringan internet dan fitur dari Google ini bisa digunakan di hampir semua ponsel yang termasuk Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone dan Symbian.

Pengaturan dari penggunaan Google Latitude ini sangatlah mudah, semudah Anda mengetikkan nomor telepon Anda pada halaman utama Google Latitude. Jika Anda sedang menggunakan ponsel Anda, maka Anda bisa mengunjungi http://google.com/latitude yang dimana Anda akan melakukan instalasi Google Latitude pada ponsel Anda yang tidak akan memakan waktu yang panjang. Ketika Anda telah berhasil menginstal Google Latitude pada ponsel Anda, Anda tinggal menjalankannya, lalu Anda bisa memulai untuk mencari posisi dari teman Anda dengan klik Menu lalu Latitude.

 

Melakukan Pengaturan Google Latitude dengan Jaringan dari Teman Anda

Melakukan pengaturan Google Latitude pada perangkat ponsel Anda merupakan sebuah langkah yang mudah. Setelah Anda menjalankan Google Latitude pada ponsel Anda, maka Anda bisa dengan segera menambahkan teman Anda dengan memasukkan alamat email teman Anda. Jika teman Anda yang bersangkutan tidak menginstal atau memiliki Google Latitude pada ponselnya, tunjukkan artikel ini pada teman Anda, dan bujuk mereka untuk menggunakan Google Latitude pada ponselnya. Siapa tahu teman Anda memang ingin melacak seseorang lain yang menurut mereka ingin diketahui posisinya.

Ketika Anda pertama kali menjalankan peta setelah Anda mengaktifkan Latitude dengan profil Anda, maka Anda akan segera melihat pointer pada Google Maps Anda akan berubah menjadi ikon gambar Anda, alamat email dan lokasi Anda dimana ponsel Anda terakhir kali melakukan akses. Jadi jika Anda ingin mengetahui dimana letak keberadaan teman Anda, Anda hanya tinggal klik pada profil teman Anda yang nantinya Anda akan mendapatkan lokasi dimana teman Anda berada, namun perlu diingat kembali bahwa teman Anda juga harus memiliki Google Latitude terpasang pada ponselnya, jika tidak, Anda tidak bisa melacak keberadaannya. Untuk menggunakannya pun Anda tidak perlu memiliki ponsel yang memiliki fitur GPS meskipun ponsel yang memiliki fitur GPS lebih baik dibandingkan dengan yang tidak memiliki fitur tersebut di dalamnya. [PY]