Cara Menginstal Anti Virus

21 Jun 2012 08:30 | Hits: 14262

Cara Menginstal Anti Virus AVG Free Edition

Anti Virus Guard (AVG) adalah produk anti virus dari perusahaan keamanan Internet, Grisoft yang berbasis di Ceko. AVG tidak hanya menangani gangguan virus, namun semenjak 2006 dukungan anti spyware juga telah ditambahkan. AVG anti virus yang disediakan secara gratis hanya menangani kedua jenis ancaman tersebut. Jika anda membutuhkan dukungan perlindungan lebih lengkap, AVG juga menyediakan versi komersial yang bernama AVG Internet Security.

Fitur yang ada selain perlindungan terhadap virus dan spyware pada AVG Internet Security adalah perlindungan ketika terhubung melalui jaringan nirkabel, perlindungan ketika berbelanja daring, mengecek berkas yang diunduh ke komputer, mengecek tautan email dari virus dan spam, dan juga perlindungan pada komunikasi melalui aplikasi instant messenger. Jika anda bekerja pada perusahaan, AVG juga memberikan dukungan komersial sebagai bagian dari produk AVG Internet Security. Jangan khawatir, untuk mengetahui kehandalan dari produk AVG anda bisa melakukan evaluasi terlebih dahulu menggunakan produk gratis atau versi trial mereka. Berikut ini akan dijelaskan langkah per langkah cara menginstal anti virus AVG di PC.

Untuk menginstal AVG yang anda perlukan adalah installer yang bisa diperoleh di sini. Ada dua pilihan installer yang bisa anda pilih dari alamat tersebut, yaitu versi gratis dan versi trial untuk 30 hari. Versi trial adalah versi yang menawarkan fitur terlengkap dari AVG. Namun anda hanya bisa mencobanya selama 30 hari. Setelah 30 hari anda bisa memperpanjangnya dengan membeli lisensi dari AVG. Sementara versi gratis adalah versi yang menawarkan perlindungan terhadap virus dan spyware saja. Meskipun demikian versi ini juga mempunyai performa yang sama dengan versi trial minus dukungan perlindungan tambahan. Untuk versi gratis proses pengunduhan akan dialihkan ke situs CNET.

Proses instalasi dimulai dengan pemilihan bahasa. Tentukan bahasa yang ingin anda gunakan pada saat instalasi dan tekan tombol Next. Selanjutnya AVG akan menanyakan apakah anda setuju dengan License Agreement yang diberikan. Untuk menginstal AVG anda harus menyetujui perjanjian tersebut dengan menekan tombol Accept. Ada dua pilihan AVG yang bisa anda instal, yaitu AVG Free Edition dan AVG Internet Security trial. Untuk menginstal versi gratis pilih Basic Protection dan tekan tombol Next. Selanjutnya AVG akan bertanya bagaimana AVG akan diinstal. Untuk mempermudah anda pilih saja Express Install.

Berkas installer berukuran relatif kecil, tidak sampai 4 MB, tapi itu bukan semuanya. Setelah anda mengikuti langkah yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya, aplikasi tersebut akan mulai mengunduh berkas yang diperlukannya untuk instalasi dari server AVG. Berkas ini berukuran relatif besar. Bisa mencapai 150 MB belum termasuk update. Setelah terinstal AVG dapat mencapai ukuran mendekati 1 GB di harddisk. Jadi jika anda mempunyai koneksi yang relatif lambat sebaiknya sabar menunggu. Jika proses instalasi sudah selesai aplikasi installer akan menampilkan jendela dialog bertuliskan Installation was successful atau dalam bahasa lain yang anda pilih sebelumnya. Tekan tombol finish untuk menutup jendela tersebut. Langkah ini mengakhiri cara instal anti virus AVG.

Pindai PC Anda Dari Potensi Ancaman Keamanan

Hal pertama yang perlu dilakukan setelah melakukan instalasi adalah melakukan pemindaian PC anda. AVG menyediakan antarmuka yang mudah untuk digunakan. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membuka antarmuka tersebut. Pertama adalah melalui ikon yang terdapat pada tray di sebelah kanan taskbar. Selanjutnya anda juga bisa membuka antarmuka dengan mengaksesnya dari Start Menu. Jika anda memilih Express Install pada saat instalasi, maka AVG juga akan menambahkan ikon di desktop. Klik ikon tersebut untuk membuka antarmuka AVG. Untuk melakukan pemindaian buka antarmuka AVG dan pilih menu Scan Now.

Jika anda baru menginstal AVG, Paseban sarankan untuk melakukan pemindaian menyeluruh (Whole computer scan). Pilihan ini agak lama untuk dilakukan, apalagi bila anda mempunyai ukuran harddisk yang relatif besar. Namun pilihan ini akan mempercepat pemindaian selanjutnya yang anda lakukan. Jadi mulai saja pemindaian menyeluruh dari antarmuka AVG. Setelah selesai melakukan pemindaian, AVG akan menampilkan pesan Scan finished. Jika menemukan potensi ancaman, AVG akan menampilkan berapa banyak ancaman yang ditemukannya. Jangan khawatir ancaman tersebut akan langsung dihapus oleh AVG.

Untuk melihat berbagai status kesehatan PC, anda bisa melihatnya di menu Overview pada antarmuka AVG. Jika semuanya berjalan dengan baik, maka statusnya akan menampilkan teks berwarna hijau. [PN]