Menonaktifkan Internet Explorer

19 Jun 2012 15:00 | Hits: 8023

Cara Menonaktifkan Internet Explorer Browser di Komputer

Cara Menonaktifkan Internet Explorer Browser di Komputer

Internet merupakan salah satu kebutuhan penting bagi kalangan pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran. Bahkan saat ini pengguna internet mulai merata dari usia dini hingga orang tua. Semua sudah mulai mengenal dengan baik apa itu internet dan kegunaannya. Namun, dibalik semua yang diketahui tentang internet, ada banyak pihak yang belum mengetahui mengenai browser yang mereka gunakan sebagai alat untuk bisa mengakses internet. Ada banyak browser web yang bisa digunakan oleh pengguna internet seperi Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera Browser, Flock, Safari, Internet Explorer, dan lainnya. Dibalik setiap pengunaan browser tersebut, terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan, dan browser yang paling banyak kelemahannya adalah Internet Explorer.

Internet Explorer merupakan web browser yang paling sering mengalami crash dan mengalami error saat digunakan. Terlebih lagi jika versi yang Anda gunakan adalah versi lama atau versi bawaan dari sistem operasi Windows. Anda mungkin bisa mengatasinya dengan menggunakan Internet Explorer versi terbaru yang bisa Anda download, tetapi Anda harus menyediakan waktu dan koneksi internet yang lebih untuk mendownloadnya. Namun, jika Anda ingin mencari solusi terbaik, Anda bisa mencoba menggunakan browser web lain seperti Mozilla Firefox ataupun Google Chrome sebagai default dari web browser pada PC atau laptop yang Anda gunakan. Namun, ada pengecualian khusus jika Anda ingin menonaktifkan Internet Explorer ini, terutama bagi Anda yang sering menggunakan Yahoo Messenger.

Bagi Anda yang sering menggunakan Yahoo Messenger, jangan pernah Anda gunakan tips ini karena Yahoo masih menggunakan default koneksi Internet Explorer sebagai media penghubung dengan jaringan internet. Namun, jika Anda sudah benar-benar kesal dengan browser web Internet Explorer, dan Anda sudah menginstall web browser sehingga benar-benar ingin menonaktifkan browser Internet Explorer ini, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut yaitu memodifikasi proxy server dan juga memodifikasi registry editor.

Memodifikasi Proxy Server

Proxy Server biasanya digunakan sebagai alternatif jika Anda ingin membuka website yang tidak bisa dibuka dengan menggunakan koneksi langsung. Pilihan ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat browser Internet Explorer agar tidak bisa dipakai dan digunakan lagi dengan cara memasukkan alamat proxy yang salah. Anda bisa memasukkan sembarang alamat proxy ke dalam Internet Explorer, tetapi untuk lebih aman, tinggal masukkan IP address 0.0.0.0 sebagai alamat proxy Anda agar tidak mengarah ke alamat proxy lain.

Untuk melakukan cara ini, Anda hanya perlu membuka browser Internet Explorer yang ada dalam PC atau laptop Anda. Kemudian, lanjutkan dengan mengklik menu Tools, dan pilih menu Internet Options yang berada di bagian bawah. Lalu, cari menu Connections dan klik LAN Settings. Setelah itu, hilangkan tanda check pada Automatically detect settings dan masukkan IP address 0.0.0.0 port 80 (terserah Anda), dan terakhir klik tombol OK. Sekarang, coba buka salah satu situs web dengan mengetikkan alamat web tersebut pada URL address. Dapat dipastikan website yang Anda ketikkan tadi tidak akan bisa dibuka jika Anda menggunakan browser Internet Explorer yang telah dinonaktifkan.

Memodifikasi Registry

Cara kedua dalam menonaktifkan Internet Explorer ini yaitu dengan cara memodifikasi Registry Editor (regedit). Cara ini berguna untuk membuat permanen setting-an pada Proxy Server di atas tadi, agar menu Internet Options pada Internet Explorer tidak bisa diakses lagi. Caranya yaitu buka Registry Editor pada PC atau laptop Anda dengan cara klik Start=> Run lalu ketik regedit. Selanjutnya buka bagian registry key HKEY_CURRENT_USER/Software/Policies/Microsoft/Internet Explorer/Restrictions.

Setelah masuk ke registry key tersebut, buat item DWORD Value baru dengan nama NoBrowserOptions. Setelah itu, isi dengan angka 1 (satu) pada bagian Value data. Setelah selesai mengisi angka tersebut menjadi 1 (satu), close registry editor, dan restart Internet Explorer Anda dengan cara menutup aplikasi Internet Explorer, dan buka kembali Internet Explorer tersebut). Setelah Anda buka kembali browser Internet Explorer tersebut, coba klik menu Tools, Internet Options. Maka Anda tidak akan bisa menggunakan menu pilihan tersebut, sehingga dapat dipastikan bahwa browser Internet Explorer yang Anda miliki sudah tidak bisa Anda gunakan lagi. [FT]