Cara Mengaktifkan WiFi

12 Dec 2014 16:30 | Hits: 153206

Cara Mengaktifkan WiFi yang Tidak Berfungsi Pada Windows XP dan Windows 7

Cara Mengaktifkan WiFi yang Tidak Berfungsi Pada Windows XP dan Windows 7

Komputer pada saat ini telah mengalami kemajuan yang pesat jika dibandingkan dengan komputer pada saat saat belum sepopuler seperti sekarang ini. Apalagi jika kita berbicara tentang akses komputer saat ini yang bisa terhubung dengan dunia luar kapanpun melalui internet, komputer kita saat ini tidak hanya memiliki port untuk sambungan akses menggunakan kabel untuk terhubung dengan internet, namun juga telah memiliki sebuah adapter untuk mendukung Anda terkoneksikan ke internet tanpa harus menggunakan kabel yang tentunya akan memakan tempat dan memiliki panjang yang terbatas.

 

Namun hal ini berbeda jika kita memanfaatkan WiFi, atau dengan cara mengaktifkan WiFi pada komputer, kita tidak hanya dapat menghemat kabel, namun juga dapat terkoneksikan dengan internet dimanapun kita mau, dalam artian tidak terbatas hanya dengan panjangnya kabel untuk tersambung ke internet.

 

Meskipun pada komputer saat ini telah tersedia akses internet yang mendukung jaringan nirkabel, namun tak sedikit masalah yang menimpa pada salah satu fitur penting ini. terkadang para pengguna tidak dapat menangkap sinyal WiFi pada komputernya, dan setelah dilakukan pengecekan ternyata pengaturan akan jaringan nirkabel pada komputer Anda telah dalam posisi nonaktif.

 

Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya adalah akibat adanya gangguan terhadap software ataupun tidak sengajanya Anda matikan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Paseban dalam artikel kali ini akan mengulas bagaimana cara mengaktifkan WiFi yang tiba-tiba menjadi nonaktif. Berikut langkah-langkah sederhana yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkan WiFi pada perangkat komputer.

  1. Untuk Windows XP Anda hanya perlu klik kanan pada My Computer dan klikProperties. Sedangakan untuk Windows 7, Anda klik kanan pada Computer, dan pilih Properties.
  2. Untuk Windows XP, klik pada tab Hardware pada System Properties. Dan untuk Windows 7, Anda akan melihat jendela Device Manager.
  3. Untuk Windows XP, klik tombol Device Manager. Pada jendela Device Manager yang Anda temui, nantinya Anda akan melihat barisan menu yang berisi macam-macam pengaturan. Dan klik pada menu Network adapters yang tepat berada pada bawah menu pengaturan untuk Mouse. Ketika mengklik menu Network adapters, Anda akan menemukan driver dari network adapter yang Anda gunakan dan Anda akan menemukan tanda silang merah pada adapater tersebut yang menandakan bahwa adapter Anda dalam posisi nonaktif, maka untuk mengaktifkannya Anda hanya tinggal klik kanan pada adapter Anda, lalu klik Enable.
  4. Setelah adapter dalam posisi Enable, maka Anda sudah bisa menggunakan komputer untuk menerima sinyal nirkabel dan berselancar di dunia maya.

 

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara mengaktifkan WiFi pada komputer Anda yang tiba-tiba nonaktif, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara melakukan update pada driver adapter Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke dalam menu Device Manager dengan cara yang sama seperti pada cara yang di atas.
  2. Klik menu Network adapters.
  3. Klik kanan pada adapter network Anda.
  4. Lalu pilih Update.
  5. Tunggu beberapa saat hingga adapter Anda benar benar telah ter-update.

 

Jika dalam kasus lain kedua cara di atas masih tidak bisa mengaktifkan adapter network, maka Anda harus uninstall drive adapator dan memasang adaptor Anda kembali. Hal ini bisa dimungkinkan karena adapator nirkabel Anda sedikit mengalami kerusakan. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sederhananya di bawah ini:

  1. Masuk ke dalam menu Device Manager dengan cara yang sama seperti pada cara yang di atas atau cara sebelumnya.
  2. Klik menu Network adapters untuk menemukan adapter Anda.
  3. Setelah menemukan adapater Anda, langkah selanjutnya adalah klik kanan pada adapter network.
  4. Pilih menu uninstall yang tepat berada di bawah menu disabled.

 

Setelah melakukan uninstall driver adaptor, Anda direkomendasikan untuk mengunduh software driver terbaru dari situs web produsen adaptor lalu menginstalnya. [PY]