Cara Membuat Aplikasi Portable

18 Jun 2012 15:30 | Hits: 6117

Berbagai Cara Membuat Aplikasi Portable

Berbagai Cara Membuat Aplikasi Portable

Masyarakat modern terkenal dengan mobilitasnya yang tinggi. Oleh karenanya, dunia teknologi mengembangkan banyak alat dengan fitur yang bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat tersebut. Jika dahulu penemuan komputer menjadi sesuatu yang menjadi terobosan besar, saat ini fungsi perangkat PC tersebut nampaknya mulai bergeser. Perangkat PC saat ini biasa digunakan di rumah maupun di kantor. Kehadiran laptop, Notebook, bahkan hingga smartphone mampu menggeser fungsi perangkat PC sendiri karena sifatnya yang portable atau mudah dibawa.

Segala bentuk teknologi yang memiliki sifat portable nampaknya menjadi sesuatu yang cocok bagi tipe masyarakat modern. Bayangkan, bagaimana repotnya jika membawa dan membongkar pasang perangkat PC ketika kita sedang di luar rumah sedangkan kita membutuhkan mereka. Atau jika handphone belum ditemukan dan kita harus membawa perangkat telepon rumah ke mana pun kita pergi. Bukankah merepotkan?

Kita patut bangga dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat hingga banyak membantu aktivitas dengan mobilitas yang tinggi tersebut. Jika analogi di atas adalah berbagai perangkat, bagaimana jika dalam bentuk sebuah program? Anda mungkin sudah sangat tidak asing dengan program portable. Sudah banyak yang menyediakan program dengan sifat portable seperti ini. Bukan hanya bisa dibawa kemana saja tanpa harus repot menginstal, tapi juga bisa menyimpan lebih besar ruang di harddisk komputer maupun laptop Anda.

Jika Anda penggemar aplikasi-aplikasi portable, tahukah Anda bahwa begitu banyak program, aplikasi, atau software yang bisa kita sulap menjadi aplikasi portable? Anda tidak perlu bingung jika ingin pergi keluar kota namun tidak membawa laptop. Karena program apapun, termasuk game, bisa Anda bawa ke mana saja dan Anda jalankan di mana saja dengan mengetahui cara membuat aplikasi portable.

Alat pertama yang Anda perlukan adalah program WinRAR. Sebagian besar perangkat PC atau laptop Anda pasti memiliki program ini. Jika belum, maka unduh dan install terlebih dahulu. Anda bisa mencarinya di search engine nomor satu di dunia, Google untuk mendapatkan aplikasi ini. Jika sudah, pastikan kembali WinRAR terpasang dengan baik di perangkat Anda.

Pilih aplikasi atau program yang ingin Anda ubah ke aplikasi portable. Misalnya, Anda memiliki software converter Pdf2word, aplikasi yang bisa mengkonversi file PDF Anda ke Microsoft Word. Atau aplikasi lain yang ada di perangkat Anda dan ingin Anda jadikan portable. Pilih sesuai keinginan Anda. Jika sudah klik ikon di desktop dan pilih Properties. Klik Open File Location untuk menuju ke direktori tempat file dari aplikasi tersebut tersimpan. Anda pun sebenarnya bisa langsung menuju Program Files pada direktori C jika semua program di perangkat Anda diatur dengan pengaturan default.

Jika sudah selesai, pilih Select All atau pilih semua file dari aplikasi tersebut. Klik kanan lalu pilih add to archieve. Di sinilah fungsi program WinRAR yang tadi diinstall. Jika pilihan tersebut tidak ada, berarti WinRAR Anda belum terpasang. Jika Anda sudah memilih pilihan tadi, maka langkah lain yang harus Anda lakukan adalah memberi tanda centang pada kolom Create SFX archive dan biarkan pengaturan lainnya tetap seperti apa adanya.

Klik tab Advanced untuk melakukan langkah selanjutnya. Klik lagi pilihan SFX options untuk masuk ke pengaturan lainnya. Di sana, ketik nama file yang harus sama persis dengan nama aplikasi Anda pada kolom Run After Extraction. Misalnya, jika saya ingin mengubah file Pdf2word saya, maka saya mengetikkan Pdf2word.exe pada kolom tersebut. Begitu juga dengan aplikasi Anda.

Jika penamaan selesai, maka klik tab Modes lalu beri tanda centang pada kolom Unpact to temporary folder dan juga Hide All. Anda hanya tinggal menekan tombol OK untuk menunggu proses pembuatan aplikasi portable ini. Tunggu hingga proses selesai. Buka lokasi file dari aplikasi Anda tadi. Copy lalu pindahkan ke tempat lain, boleh juga di flashdisk Anda.

File yang tadi Anda pindahkan adalah file yang berlogo archive dengan jenis SFX. Anda bisa mulai membukanya. Jika berhasil, berarti langkah yang Anda lakukan telah benar. Namun jika tidak, coba ulangi dan pastikan nama file yang Anda buat sama persis dengan nama file aplikasi tersebut. Untuk mengujinya, silakan coba pada perangkat PC atau laptop lain. Bagaimana? Anda siap menjelajah apapun dengan aplikasi portable? Semoga bermanfaat. [ZH]