Cara Mempercepat Browsing

14 Jun 2012 08:30 | Hits: 10678

Beberapa Cara Mempercepat Browsing Pada Internet Explorer

Beberapa Cara Mempercepat Browsing Pada Internet Explorer

Internet merupakan salah satu kebutuhan yang cukup mendasar pada saat ini. Hampir semua orang di seluruh bagian dunia sudah bisa melakukan berbagai hal dengan internet, termasuk dengan adanya beberapa situs jejaring sosial terkemuka di dunia. Setiap orang melakukan berbagai hal dengan menggunakan akses internet, mulai dari sekedar chatting dengan teman, mencari tugas atau suatu hal yang belum diketahui, membuat blog, atau hal lainnya yang dapat menghubungkan Anda dengan dunia maya. Namun, adakalanya Anda akan merasa jenuh atau bosan apabila koneksi internet yang berada di tempat Anda tersebut sangat jelek, bahkan sering mengalami RTO (Request Time Out), sehingga situs yang Anda buka tidak akan terbuka maksimal atau bahkan tidak akan masuk sama sekali ke situs tersebut. Bahkan beberapa sebab utama koneksi Anda menjadi lemah disebabkan oleh browser yang Anda gunakan. Saat ini, Paseban akan mencoba menjelaskan beberapa cara mempercepat browsing dengan memaksimalkan kinerja browser Internet Explorer.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kinerja Internet Explorer Anda menjadi lambat, yaitu adanya add-ons yang terinstall, toolbar yang dipakai dan software keamanan (yang biasanya berupa plugin) Internet Explorer. Untuk cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan kinerja IE adalah dengan cara menonaktifkan semua toolbar pada Internet Explorer. Anda dapat menonaktifkan toolbar ini dengan cara pilih atau klik menu View, lalu lanjutkan dengan memilih menu toolbars. Setelah itu, Anda tinggal memilih untuk menonaktifkan toolbar yang menurut Anda tidak berguna.

Untuk cara yang kedua dalam meningkatkan performa IE adalah tidak perlu menggunakan Add-on jika Anda menggunakan browser Internet Explorer ini. Bagi pengguna Windows 7, Anda bisa menggunakannya dengan mudah. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Start, lalu Anda ketik Internet Explorer pada kolom search dan pilih Internet Explorer (No Add-ons). Dengan pilihan ini, maka Anda bisa menggunakan browser Internet Explorer ini tanpa menggunakan satu Add-ons pun. Namun, jika Anda ingin menonaktifkan Add-ons yang tidak perlu, atau mungkin ingin membuangnya secara manual, Anda dapat melakukannya dengan cara memilih atau melakukan klik pada menu Tools, lalu Anda pilih menu Manage Add-ons. Setelah itu, Anda dapat melakukan Disable pada Add-ons yang tidak perlu atau Anda juga dapat membuang Add-ons yang tidak pernah Anda gunakan.

Cara yang ketiga untuk memaksimalkan kinerja browser Internet Explorer Anda yaitu menonaktifkan software internet security yang terinstall di PC atau laptop Anda, untuk melihat kecepatan dari Internet Explorer yang Anda gunakan. Sebagai contoh, Anda bisa mematikan software antivirus semacam McAfee internet security, Norton security dan software keamanan yang lain. Namun, jika tidak ada software internet security dalam PC atau laptop Anda, maka Anda tidak perlu melakukan hal tersebut.

Cara keempat yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat kinerja Internet Explorer yaitu dengan cara melakukan setingan awal pada browser Internet Explorer yang Anda miliki. Cara untuk mereset IE Anda agar kembali pada setingan awal yaitu dengan masuk ke menu Tools, dan masuk ke menu Internet Options. Setelah itu, Anda lanjutkan dengan melakukan klik tab Advanced dan tekan tombol Reset yang berada pada bagian bawah. Anda juga bisa menggunakan pilihan Delete personal settings untuk menghapus semua jejak browsing yang telah Anda lakukan pada saat memakai browser Internet Explorer ini, termasuk menghapus segala cookies, cache, dan password yang tersimpan pada browser ini pada saat Anda melakukan browsing. Setelah melakukan langkah tersebut, restart browser Internet Explorer Anda dengan cara tutup (close) Internet Explorer Anda, dan buka kembali Internet Explorer Anda.

Ada satu hal yang perlu Anda ketahui. Meskipun sudah dihapus melalui browser Internet Explorer, namun pada kenyataannya beberapa toolbar maupun add-ons tersebut masih ada di system PC atau laptop Anda, sehingga belum sepenuhnya terhapus. Jika Anda ingin menghapusnya secara permanen, Anda bisa melakukan proses penghapusan (uninstall) secara manual melalui menu Add Remove Program yang ada di bagian Control Panel pada PC atau laptop Anda. Semoga beberapa cara mempercepat browsing Internet Explorer ini dapat bermanfaat bagi Anda. [FT]