Android di Komputer PC

13 Jun 2012 12:00 | Hits: 7226

Bagaimana Cara Menjalankan Android Ice Cream Sandwich di Komputer Anda

Bagaimana Cara Menjalankan Android Ice Cream Sandwich di Komputer Anda

Kepopuleran sistem operasi Android teranyar, Ice Cream Sandwich tidak hanya terdapat pada perangkat-perangkat mobile, bahkan perangkat komputer pun tak luput dari demam sistem operasi satu ini. Semua pengguna Android atau smartphone lain berlomba lomba mencicipi rasa baru dari Android yang bertajuk Ice Cream Sandwich. Pada tutorial kali ini, Paseban akan memberikan Anda tips bagaimana cara menjalankan Android di komputer khususnya untuk Android Ice Cream Sandwich menggunakan emulator yang dimana dengan menggunakan emulator ini Anda bisa menjelajahi fitur-fitur dari sistem operasi teranyar si robot hijau ini yang dimana versi terbaru dari sistem operasi ini menawarkan teknologi yang berbeda dibandingkan dengan versi yang terdahulu.

Dengan menggunakan emulator khusus komputer ini, Anda bisa mendapatkan pengalaman menggunakan OS ini, bermain game, menikmati aplikasi, dan menjelajahi dunia Android. Untuk mengetahui bagaimana cara untuk menggunakan emulator ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh Paseban berikut ini:

  1. Unduh dan instal Android SDK untuk komputer Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini.
    Pilih sistem operasi yang sesuai dengan komputer Anda, apakah Anda menggunakan Windows, Mac atau Linux.

  2. Setelah Anda mengunduhnya, maka jalankan SDK Manager dari folder download Anda.

  3. Kemudian pengambilan data dimulai oleh aplikasi yang berasal dari Android SDK Packages.

  4. Setelah menyelesaikan proses loading, maka Anda bisa memilih Android Package yang ingin Anda instal.

  5. Untuk menjalankan Android Ice Cream Sandwich, Anda hanya perlu mencentang folder Android 4.0 (API 14) dan Android SDK Platforms-tools yang berada pada folder Tools tepat di atas Android 4.0.

  6. Lalu klik install pada paket yang Anda pilih tadi, lalu konfirmasi message box yang berisikan informasi yang akan Anda install, lalu Anda klik tombol Install yang berada pada bagian bawah.

  7. Setelah Anda klik tombol Install pada message box tadi, maka Anda tinggal menunggu semua paket yang Anda pilih tadi terunduh dari internet dan bisa Anda instal setelahnya.

  8. Setelah Anda berhasil mengunduh paket file yang Anda pilih, maka instal paket tersebut ke dalam komputer Anda.

  9. Setelah menginstal semua paket, maka Anda bisa menutup SDK Manager.

Set Up Android 4.0 Emulator

Sebelum Anda menjalankan emulator Android ini, Anda terlebih dahulu harus melakukan beberapa pengaturan atau set up pada emulator Anda dengan langkah langkah berikut:

  1. Buka folder Android SDK lalu jalankan AVD Manager. Klik pada New dan buatlah Virtual Disk yang nantinya Anda hanya tinggal klik Create AVD.

  2. Setelah Anda mengklik Create AVD, maka Anda akan melihat popup window yang Anda hanya perlu klik tombol OK pada popup window tersebut.

  3. Pilih virtual device yang baru saja Anda buat dari daftar dan klik tombol Start yang berada pada bagian daftar sebelah kanan pada bagian bawah.

  4. Setelah beberapa detik, nantinya Anda akan mendapatkan jendela Launch Option dan yang Anda lakukan hanya tinggal klik tombol Launch pada bagian bawah jendela baru tadi.

  5. Setelah Anda mengklik tombol Launch tadi, maka akan ada beberapa proses yang akan Anda lihat termasuk flashing pada command promotes. Biasanya proses ini akan memakan waktu yang sedikit lama, berkisar antara 5 hingga 10 menit dan Anda dituntut untuk sabar dalam proses ini.

  6. Setelah proses Launch yang menyita sedikit waktu Anda tadi berhasil atau selesai, maka Anda akan mendapatkan tampilan jendela berupa layar hitam besar yang berada di sebelah kiri Anda yang bertuliskan Android, serta bagian kanan yang berisi tentang keypad dari ponsel Android saat ini.

  7. Tunggu beberapa saat hingga layar hitam pada bagian kiri Anda berubah menjadi tampilan Android Ice Cream Sandwich, maka Anda siap untuk mengeksplorasi apa saja yang ditawarkan oleh Ice Cream Sandwich kepada para pengguna Android di seluruh dunia. Anda bisa mencoba game, aplikasi dan fitur lainnya pada emulator ini yang mana semua fiturnya sama persis dengan ponsel Ice Cream Sandwich yang beredar di pasaran.