BNI Internet Banking

12 Jun 2012 17:00 | Hits: 37768

Cara Mendaftar dan Melakukan Aktivasi Layanan BNI Internet Banking

Cara Mendaftar dan Melakukan Aktivasi Layanan BNI Internet Banking

Saat ini tren internet banking sudah mulai tinggi peminatnya di kalangan masyarakat. Berbagai elemen masyarakat sudah mulai menggunakan internet banking untuk berbagai keperluan transaksi mereka. Bahkan pihak Bank sendiri sudah mulai menerapkan sistem internet banking sebagai bagian dari program kerja bank tersebut. Ada beberapa bank negeri maupun swasta yang telah menggunakan sistem kerja internet banking, seperti BCA, BPR KS, Mandiri, BNI, dan lainnya. Dalam kesempatan kali ini, Paseban akan mencoba menjelaskan mengenai cara mendaftar dan melakukan aktivasi layanan BNI Internet Banking.

Bagi Anda nasabah dari Bank BNI 46, Anda bisa memanfaatkan BNI Internet Banking untuk berbagai keperluan transaksi Anda, baik itu yang bersifat bisnis, pembayaran tagihan rekening listrik dan telepon, atau keperluan sehari-hari lainnya. Dengan menggunakan layanan internet Banking, Anda akan dengan mudah melakukan kegiatan keuangan tanpa harus perlu mengantri untuk pembayaran berbagai tagihan, melakukan transfer uang, dan lainnya.

Layanan BNI untuk Internet Banking dapat langsung Anda akses menggunakan internet pada PC atau laptop Anda, atau bisa juga dengan menggunakan handphone pribadi milik Anda. Banyak sekali kemudahan yang bisa Anda dapatkan jika anda memiliki layanan BNI ini, mulai dari cek saldo, mutasi saldo, tansfer uang dari BNI ke BNI, transfer uang antara bank berbeda, pembayaran pendidikan, pembayaran listrik, pembayaran telepon, pembelian voucer atau pulsa, pembayaran kartu kredit, dan lainnya.

Syarat pertama jika Anda ingin memiliki layanan BNI Internet ini adalah dengan cara menjadi seorang nasabah di Bank BNI. Apabila nama Anda telah terdaftar di dalam database bank BNI, berarti Anda sudah bisa untuk mendapatkan layanan Internet Banking. Untuk pendaftaran Internet Banking sendiri sangat mudah, terlebih lagi Anda tidak perlu mengeluarkan uang pendaftaran untuk mendapatkan layanan ini karena layanan ini sudah disediakan gratis bagi Anda nasabah BNI.

Secara umum, cara untuk mendaftar dan mengaktivasi Internet Banking dari BNI adalah terdaftar sebagai nasabah Bank BNI, dan memiliki Kartu ATM, Kartu Debit, ataupun Kartu Kredit BNI. Jika Anda sudah melakukan 2 hal tersebut, kini saatnya Anda menuju ke ATM BNI terdekat dengan Anda untuk melakukan registrasi atau pendaftaran layanan Internet Banking. Lalu, masukkan Kartu ATM BNI Anda di Mesin ATM, dan masukkan pin ATM Anda. Setelah itu, Anda pilih menu E-channel dan lanjutkan dengan memilih menu Internet Banking. Ikuti langkah-langkah pendaftaran Internet Banking BNI. Setelah selesai mendaftar Internet Banking di ATM, silahkan Anda kunjungi situs resmi dari Bank BNI, di sini.

Setelah masuk ke dalam halaman utama dari web Bank BNI, pilih menu aktivasi yang berada di sebelah pojok atas atau bisa juga Internet Banking Personal (jika perorangan) atau Corporate (jika perusahaan), dan Anda pilih menu aktivasi "Klik Disini" pada bagian bawah login Internet Banking.

Setelah masuk, ketikkan nomor kartu ATM BNI (BNI Card) yang berisi 16 digit angka. Ketikkan PIN registrasi Internet Banking yang telah Anda buat dan klik tombol lanjut. Setelah berhasil, maka akan ada tampilan yang berisi syarat dan ketentuan BNI Internet Banking. Baca baik-baik syarat dan ketentuan tersebut, dan jika Anda setuju, silahkan mencentang kotak persetujuan dan klik tombol lanjut. Setelah Anda klik tombol lanjut, maka Anda akan diminta membuat User ID, Password Internet Banking dan alamat email. Lanjutkan dengan melakukan klik pada tombol proses, dan Anda resmi mendapatkan aktivasi layanan Internet Banking.

Gunakan User ID dan Password Anda untuk login pada layanan BNI Internet Banking dan Anda akan langsung dapat melakukan transaksi non finansial seperti informasi saldo dan mutasi rekening. Untuk dapat melakukan transfer dana, membayar tagihan dan transaksi finansial lainnya, Anda harus memiliki BNI e-Secure, yaitu alat pengaman tambahan (token) untuk menghasilkan kombinasi angka yang selalu berubah (dynamic PIN). Untuk memperoleh BNI e-Secure, Anda harus mengikuti prosedur berikut.

Pada layar aplikasi BNI Banking, pilih menu Administrasi Registrasi BNI e-Secure (cetak/catat Nomor Referensi Pemesanan BNI e-Secure). Setelah itu, Anda lanjutkan dengan memilih area dan kantor cabang BNI (sesuai pilihan yang ada di layar) untuk mengambil BNI e-Secure Anda.

Setelah 10 hari kerja, BNI e-Secure dapat Anda ambil di Cabang BNI yang telah Anda pilih dengan membawa buku tabungan, BNI Card (kartu ATM), kartu identitas yang masih berlaku dan Nomor Referensi Pemesanan BNI e-Secure yang telah Anda cetak atau catat. Lalu lakukan aktivasi BNI e-Secure Anda melalui layanan BNI Internet, sesuai petunjuk pada layar layanan.

Biaya administrasi penggunaan BNI e-Secure adalah Rp. 10.000,- yang dibebankan hanya satu kali saja, saat pengambilan BNI e-Secure di cabang BNI. Namun, jika BNI e-Secure hilang atau rusak yang disebabkan oleh kelalaian Anda sebagai nasabah, maka Anda akan dikenakan biaya administrasi Rp 100.000,- saat pemesanan berikutnya. Setelah semua proses aktivasi BNI e-Secure selesai, Anda sudah dapat untuk melakukan transaksi secara online. [FT]