Cara Memperbaiki Handphone

31 May 2013 12:30 | Hits: 11829

Cara Memperbaiki Handphone iPhone yang Terkena Air

Cara Memperbaiki Handphone iPhone yang Terkena Air

Jika Anda adalah pengguna iPhone, dan terdapat kerusakan, salah satu cara memperbaiki handphone tersebut adalah dengan datang ke service center. Namun jika jaraknya jauh, tentunya akan sangat merepotkan. Apalagi jika kerusakan hanya sebatas pada hal-hal biasa semacam iPhone Anda terkena air. 
 
Salah satu kelemahan iPhone adalah bagian belakang yang tidak dapt dibuka sehingga menyulitkan dalam melakukan cara memperbaiki handphone. Smartphone besutan Apple tersebut memang tidak cukup tangguh terhadap air. Tidak seperti produk Sony, Sony Xperia Z yang tahan terhadap air, perangkat iPhone justru rentan terhadap air. Bahkan disinyalir air akan membuat iPhone cepat rusak atau buruknya mati total. Lebih buruk lagi, menurut rumor yang beredar, garansi akan hilang jika Iphone terkena masalah serius ini.
 
Bagi Anda yang sudah mengetahui cara memperbaiki handphone yang terkena air. Anda sejatinya akan melakukan  empat langkah berikut ini. Pertama, tidak menyalakan ponsel. Hal ini akan berpengaruh pada sirkuit di dalma ponsel jika masih dalam keadaan basah. Langkah kedua, baterai dan kartu SIM wajib dikeluarkan. Baterai akan memberi arus daya yang cukup membahyakan, sedangkan SIM karena merupakna kartu utama dan dihindari rusak akibat terkena air. Langkah ketiga adalah mengeringkan ponsel. Biasanya digunakan vacuum cleaner, kipas atau bahkan hair dryer. Langkah keempat adalah menunggu ponsel kering dan memasang semua komponen untuk dinyalakan kembali 
 
Langkah-langkah tersebut sudah cukup umum dilakukan orang.  Ada banyak artikel di internet yang juga membahas hal tersebut lebih mendetail. Hanya saja untuk kasus iPhone, cara-cara memperbaiki handphone dari air  tersebut belumlah cukup. Ada banyak perbedaan  iPhone dengan smartphone lainnya. Misalnya komponen yang digunakan iPhone umumnya sangat khusus sehingga biaya servis lebih mahal. Selain itu, layar iPhone rentan pecah serta yang lebih penting adalah bagian belakang iPhone yang tidak dapat dibuka.   
 
Mengeringkan Selama  Seharian 
 
Cara  memperbaiki handphone iPhone yang terkena air dilakukan dengan cara dan teknik khusus namun snagat sederhana dan mudah. Langkah pertamanya pun sebenarnya mirip dengan langkah-langkah memperbaiki ponsel dari air hanya saja tidak perlu membongkar komponen. Cara pertama, jika iPhone tiba-tiba jatuh tercebur,  atau terkena air hujan atau  hanya basah karena tidak disengaja tentu adalah dengan mematikan perangkat iPhone. Tekan tombol mati pada ujung kanan  pada sebelah atas. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah  menyiapkan satu mangkuk beras yang terisi penuh. Masukan iPhone ke dalam mangkuk beras tersebut. Fungsi dari beras ini adalah menyerap kelembapan sehingga iPhone akan kembali kering. Sama fungsinya saat beras digunakan sebagai bahan untuk mencuci wajah. Beras ternyata dapat menyerap minyak dari wajah. Setelah merendam dan memastikan jika iPhone Anda cukup kering, ambil iPhone tersebut. Jika Anda ragua pakah cukup kering atau belum,  maka untuk lebih memastikannya adalah mendiamkan selama seharian penuh atau dua puluh empat jam. Setelah yakin angkat dan nyalakanlah kembali iPhone Anda.
 
Meniup Lubang Speaker dan Mic
 
Cara memperbaiki handphone dari Apple tersebut ternyata sangat efektif. Banyak orang berhasil dan tidak mengalami keadaan tersendat saat menggunakan aplikasi pada iPhone. Selain langkah tersebut, Anda juga dapat melakukan hal ini. Jika iPhone terendam cukup lama dalam air, Anda dapat meniup lubang mic dan speaker.  Cara ini dilakukan agar  iPhone air pada iPhone dapat keluar. Setelah yakin air tidak keluar lagi, Anda dapat menyimpan iPhone dan mengeringkannya dengan kipas power sebesar mungkin. Tunggulah dua sampai tiga jam, dan cobalah nyalakan iPhone dan tes mulai dari mic, speaker, dan sebagainya. Jika speaker masih belum menyala, keringkan kembali menggunakan kipas dan tunggulah sampa benar-benar kering. Setelah itu pastikan semuanya kembali normal. 
 
Itulah tips cara  memperbaiki handphone iPhone jika terkena air. Langkah tersebut telah terbukti dan cukup ampuh mengembalikan iPhone normal kembali. Segera lakukan langkah-langkah tersebut jika suatu hari iPhone terkena air. Apabila tidak disegerakan, ada kemungkinan air bisa merembes masuk dan merusak layar. Bila hal ini terjadi Anda harus segera  membawa iPhone ke service center Apple. Untuk itu berhati-hatilah dengan gadget Anda jika tidak ingin hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. [HMN]