GPRS Kartu As

11 Jun 2012 18:00 | Hits: 8386

Tips Mudah dalam Melakukan Aktivasi GPRS Kartu As

Tips Mudah dalam Melakukan Aktivasi GPRS Kartu As

Bagi Anda para netter, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA dan EVDO. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang semakin pesat, sehingga selalu memunculkan pembaharuan di berbagai bidang, termasuk di bidang akses data seperti halnya GPRS yang merupakan generasi pertamanya.

Seperti yang sudah kita ketahui, GPRS (General Packet Radio Service) merupakan teknologi yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan paket data di mana GPRS memberikan fasilitas seperti email, MMS, browsing dan lainnya dengan kecepatan akses antara 56 Kbps hingga 115 Kbps.

Dalam hal akses internet dengan dukungan jaringan GPRS tergantung pada konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS, software yang digunakan, dukungan fitur serta aplikasi perangkat yang digunakan. Dengan kelebihan yang dimilikinya seperti dapat mengakses ke rangkaian LAN, bisa digunakan untuk download dan upload file serta pemakaian biayanya yang dapat diminimalisir, tentunya akan membantu dan mempermudah Anda dalam hal berselancar di dunia maya.

Bagi Anda yang menggunakan kartu As, Anda bisa melakukan akses internet dengan cara mengaktifkan GPRS terlebih dulu. Pada artikel kali ini Paseban akan memberikan tips mudah bagaimana cara melakukan aktivasi GPRS kartu As. Berikut ulasannya.

Untuk mengaktifkan GPRS kartu As, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Aktivasi GPRS ke Telkomsel One Stop

  • ketik *999#, lalu tekan OK.

  • Balas dengan memilih KartuAS-ku, klik OK.

  • Selanjutnya pilih Aktivasi Layanan.

  • Lalu pilih GPRS.

  • Tunggu hingga Anda mendapat pesan mengenai proses aktivasi.

Mengirim SMS ke 6616

  • Untuk mengirim melalui SMS, ketik GPRS(spasi)16 nomor ICCID (Integrated Circuit Card Identification) yang terletak di belakang sim card kartu Anda lalu kirim ke 6616.

  • Tunggu beberapa saat sampai Anda menerima konfirmasi SMS yang menyatakan bahwa aplikasi GPRS sedang dalam proses.

  • Apabila paket data GPRS kartu As Anda sudah aktif, maka Anda akan menerima notifikasi SMS berikutnya yang menyatakan bahwa aplikasi GPRS Anda sudah aktif.

  • Selanjutnya lakukan konfigurasi GPRS seperti di bawah ini:

Menu Kode Pengaturan
Connection Name APN Telkomsel
Data Bearer GPRS
Access Point Name telkomsel
Username wap
Prompt Password No
Password wap123
Authentication Normal
Gateway IP address 10.1.89.130
Homepage http://wap.telkomsel.com
Connection Security Off
Session Mode Permanent

Setelah Anda melakukan konfigurasi seperti di atas, maka Anda sudah bisa menggunakan jaringan GPRS untuk kartu As Anda. Dengan begitu Anda bisa mengakses internet dengan mudah, Anda bisa melakukan browsing, berinteraksi di jejaring sosial, bertukar informasi dan kegiatan-kegiatan lainnya yang biasa Anda lakukan di dunia maya. [RF]