Cara Menggunakan iPod

08 Jun 2012 15:00 | Hits: 15689

Bingung, Bagaimana Cara Menggunakan iPod Touch?

Bingung, Bagaimana Cara Menggunakan iPod Touch?

iPod merupakan salah satu produk dari Apple yang berkecimpung di ranah multimedia. iPod sendiri telah menjelma menjadi sebuah gadget multimedia yang sangat populer dikalangan para penggemar multimedia yang sama populernya dengan saudara sepupunya yang berbeda fungsi, yakni iPhone. Jika Anda merupakan salah satu pengguna iPod atau baru saja membeli iPod, dan tidak mengetahui seluk beluk dari iPod sendiri, maka Anda tidak perlu merasa bingung, pada rubrik kali ini Paseban akan memberikan Anda sebuah tips sederhana terntang bagaimana cara menggunakan iPod Touch.

Tips sederhana tentang bagaimana cara menggunakan iPod Touch ini akan memberikan Anda tutorial yang mudah untuk diikuti. Berikut cara bagimana menggunakan iPod Touch yang benar.

1. Buka Kemasan Perangkat

iPod Touch pada kemasannya akan dikemas bersamaan dengan kabel USB, earphone, sebuah buku petunjuk, dan stiker logo Apple. Anda bisa menggunakan kabel USB Anda sebagai media untuk melakukan transfer lagu dari komputer ke iPod Anda. Untuk earphone sendiri, bisa Anda temukan port-nya pada bagian atas iPod. Pada earphone, Anda akan mendapatkan earbud yang berada pada bagian tengah kabel, perangkat ini bisa Anda gunakan untuk menaikkan dan menurunkan volume musik yang sedang Anda mainkan.

2. Mengenal Tombol

Hal berikutnya untuk menggunakan iPod adalah mengenali tombol-tombol yang berada pada perangkat Anda. Tombol-tombol ini sangat mudah untuk digunakan setelah Anda tahu apa saja kegunaan dari masing-masing tombol tersebut. Berikut fungsi dari tombol-tombol tersebut:

  • Tombol Sleep/Wake: ketika Anda pertama kali membuka iPod Anda, tekan dan tahan tombol ini untuk mengaktifkan iPod. tombol ini bisa Anda temukan pada bagian atas iPod. Lakukan hal yang sama jika Anda ingin menonaktifkan iPod Anda.

  • Tombol Volume: tombol ini bisa Anda temukan pada samping kiri iPod untuk mengatur volume dari musik yang Anda mainkan.

  • Tombol Home: tombol ini bisa Anda temukan pada bagian bawah bodi iPod Anda. tombol ini memiliki dua fungsi, fungsi pertama jika Anda menekannya sekali, maka Anda akan dibawa ke layar homescreen, dan fungsi kedua jika Anda menekan tombol ini kurang lebih 3 detik, maka Anda akan diberikan daftar deretan apliaksi yang sedang aktif, untuk menonaktifkan aplikasi ini, Anda hanya perlu menekan tombol minus merah yang berada di ujung aplikasi.

3. Ikuti Panduan Awal

  • Select a language. Pada pengaturan ini, bahasa Inggris merupakan pengaturan standar dari iPod Anda. Namun bahasa lainnya tersedia di sini, seperti Spanyol, Prancis, Russia, China, Jepang dan bahasa lainnya.

  • Choose your country or region. Pada pengaturan ini Anda diminta untuk memasukkan negara Anda.

  • Enable Location Services. Pengaturan ini berfungsi untuk mengumpulkan informasi dari tempat Anda sekarang.

  • Connect to a WiFi network. Untuk pengaturan ini Anda harus memasukkan password dari jaringan tersebut.

  • Choose how to set up the iPod. Pada pengaturan ini Anda bisa melakukan sinkronisasi terhadap aplikasi, musik, foto dan informasi yang lainnya dari iTunes atau iCloud.

  • Sign in with your Apple ID. Jika Anda tidak memiliki akun Apple, maka Anda tinggal memilih menu ‘Create a Free Apple ID’.

  • Determine if you want to use iCloud. Diperkenalkan pada Oktober 2011. iCloud memungkinkan Anda untuk melakukan sinkronisasi segala aplikasi yang telah Anda unduh, buku, foto atau video.

  • Choose between backing up the iPod to iCloud or to your computer. Pengaturan ini memungkinkan Anda melakukan backup dengan akun iClod Anda. Jika Anda melakukan backup melalui komputer, maka Anda memerlukan koneksi USB ke Mac atau PC Anda.

  • Decide if you want to use Find My iPod. Jika iPod Anda hilang atau Anda lupa dimana Anda menaruh iPod Anda, maka Find My iPod bisa membantu Anda untuk menemukan iPod Anda, memasang kode pengaman, menghapus semua data dan lainnya.

  • Select between sending diagnostic data to Apple automatically, or not at all. Jika iPod Anda mengalami kerusakan, maka akan secara otomatis iPod akan mengirimkan laporan kerusakan pada pihak Apple.

  • Tekan Register with Apple to officially activate the device.

  • Pilih Start Using iPod

4. Menggunakan iTunes.

Hal ini berguna untuk menambahkan dan menghapus konten dalam iPod Anda.

5. Menggunakan kabel USB untuk mengkoneksikan iPod Anda ke komputer

Kabel USB ini nantinya yang akan menghubungkan iPod Anda dengan komputer dan iTunes.

6. Sync

Sinkronisasi adalah sebuah proses untuk memasukan konten ke dalam iPod Anda.

7. Membuat Playlist

Setelah Anda memasukkan konten musik ke dalam iPod Anda, selanjutnya Anda bisa mengatur palylist musik Anda.

8. Browsing

Anda juga bisa melakukan browsing menggunakan iPod Anda melalui browser bawaan Safari. Dan Anda juga bisa memiliki koneksi yang ingin Anda gunakan untuk menunjang aktivitas Anda dalam berselancar, bisa melalui WiFi jika tersedia.

9. Kamera

Anda juga bisa mengabadikan momen terbaik pada kegiatan rutin Anda menggunakan kamera yang tertanam pada iPod Anda. [PY]