Cara Penggunaan Internet

30 May 2013 12:00 | Hits: 1254

Cara Penggunaan Internet Untuk Anak Anak Anda

Cara Penggunaan Internet Untuk Anak Anak Anda

Internet merupakan salah satu sumber edukasi bagi semua orang dan tidak menutup kemungkinan juga untuk anak-anak. Namun internet ini sudah seperti pisau bermata dua, internet juga berpeluang untuk memberikan dampak buruk. Sebut saja akses ke materi pornografi, perjudian, dan produk bajakan, atau berbagai bentuk yang melanggar hukum lainnya. Meski begitu, bukan berarti para orang tua harus ragu-ragu dan gamang mempernalkan teknologi internet kepada putra-putri mereka. Internet mobile bisa membantu putra-putri Anda mencari dan mendapatkan informasi yang dibutuhkannya dalam mengerjakan pekerjaan rumah atau membuat kliping, komputer juga bisa menjadi sarana mengasah kreativitas anak-anak melalui aplikasi pengolah gambar atau musiknya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas cara penggunaan internet yang baik bagi anak-anak agar tidak terjerat hal yang negatif dari internet ini. 

Agar tak terjerumus, para orang tua memiliki tugas untuk memantau aktivitas penggunaan ponsel di tangan anak-anak. Beberapa vendor ponsel sudah menyediakan fasilitas penghalau untuk situs-situs yang tidak bermanfaat. Misalnya Apple dengan iPhone dan iPad-nya yang menyediakan fasilitas Restrictions di sistemnya. Vendor HTC yang merilis ponsel berbasis Android menyisipkan aplikasi Kid Mode yang akan membatasi aktivitas browsing dan aplikasi di ponsel agar sesuai dengan usianya. Jika di ponsel Anda tidak tersedia, gunakan saja aplikasi third party. Berikut adalah cara penggunaan internet yang baik dengan media ponsel sebagai penghubung dunia maya kali ini. 

iOS – iPhone dan iPad

Anak-anak sekarang sudah terbiasa menggunakan iPad, iPod Touch, dan bahkan iPhone. Maklum saja, ponsel pintar dan tablet tidak hanya digunakan oleh orang dewasa. Anak-anak hingga remaja pun sudah banyak yang menggunakannya. Baik untuk bertelepon atau bermedia sosial, browsing internet, atau sekedar main game. Aplikasi parental kontrol secara default tersedia di iOS yang ada di iPad, iPod Touch, atau iPhone.

Nah, fungsi parental control di sini bisa berarti memiliki fungsi memantau aktivitas dan juga mencegah aktivitas tertentu agar tidak dilakukan anak, Anda tinggal mengaktifkan nya. Jika ini dirasa kurang mantap, banyak pilihan aplikasi parental control di iTunes Store. Fungsinya rata-rata serupa, yaitu mencegah si anak untuk tidak masuk ke website-website yang kurang baik untuk mereka atau menjalankan aplikasi yang kurang ideal.

- Menggunakan parental control di iOS harus diaktifkan dulu. Caranya, masuklah ke [Settings]>[General]>[Restrictions]. Selanjutnya, untuk mengaktifkannya, tap [Enable Restrictions].

Masukkan password yang Anda inginkan pada kotak isian password yang ada. Password ini adalah pengaman untuk melakukan pengetesan pada menu Restrictions ini.

Jika Anda ingin membatasi penggunaan aplikasi, pilih aplikasi yang hendak di proteksi penggunanya pada menu “Al-low”. Anda bisa menenntukan akses dan aktivitas tertentu seperti menghalangi instalasi aplikasi dan sebagainya.

Android

Aplikasi ini pun dapat digunakan untuk mengontrol penggunaan aplikasi-aplikasi yang tidak pantas untuk usia mereka. Jika Anda menggunakan ponsel atau tablet berbasis Android, pilihan untuk mengontrol aktivitas berinternet si kecil cukup kaya. Untuk yang gratis, ada Kids Place, Android Parental Control, Norton Family, Funamo Parental Control, Care4Teen, dan masih banyak lagi.

Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah Kaspersky Parental Control. Ini adalah aplikasi gratis yang diberikan pembuat antivirus Kaspersky untuk pengguna Android, namun juga tersedia untuk para pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch. Aplikasi gratisan ini tersedia di Google Play Store dan siap dipakai setelah di-install.

- Jalankan aplikasi Kaspersky Parental Control di ponsel Anda. Selanjutnya, tap [Accept dan Continue] pada boks yang muncul di layar. Ikuti wizard setting hingga tuntas. Pada jendela “Creat secret code] tap [Next]. Tahapan ini akan memandu untuk membuat password untuk mengelola aplikasi ini.

Secret code berfungsi agar Anda tidak mudah mengutak-atik setting dari aplikasi ini. Masukkan tujuh angka password yang diinginkan pada jendela yang muncul. Tap [Next]. Tap [Save]. Tuntaskan tahapan setting Wizard ini hingga selesai. Akhiri dengan men-tap [Activate] dan masukkan alamat email Anda.

Tap [Open] untuk membuka aplikasi. Ada dua menu utama di layar utama yaitu Web Filtering dan App Control. Tap [Web Filtering] untuk men-set website jenis apa saja yang dilarang diakses si anak. Jika ada website khusus yang diperolehkan, masukkan alamat website tersebut  di menu [Exclusions].

Jika ada aplikasi ter-install yang Anda larang untuk diapaki si anak, atur di [App Control]. Selanjutnya, centangi aplikasi apa saja yang boleh dipakai oleh si kecil. Hilangkan centang pada aplikasi yang dilarang untuk dipakai.

Aplikasi ini tidak dapat diutak-atik sembarangan tanpa memasukkan secret code. Bahkan aplikasi ini tidak bisa dihapus dengan cara biasa. Untuk meng-uninstall-nya

- jika aplikasi ini membuat problem di sistem – Anda harus masuk ke aplikasi, memasukkan secret code, lalu tap [Settings]. Tap [Uninstall Parental Control]. Masukkan secret code lagi dan aplikasi baru terbuang.

Mudah bukan untuk mengontrol internet di gadget Anda? Pastikan anak anak Anda mendapatkan informasi yang tepat ketika menggunakan internet. [IRW]