Konfigurasi Wireless LAN

08 Jun 2012 08:00 | Hits: 13632

Langkah Yang Diperlukan Untuk Konfigurasi Wireless LAN

Langkah Yang Diperlukan Untuk Konfigurasi Wireless LAN

Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang menghubungkan beragam perangkat dalam jaringan yang sama. Pada Wireless LAN perangkat seperti PC, tablet, atau ponsel terhubung ke LAN menggunakan media nirkabel. Anda bisa membentuk jaringan wireless dengan terlebih dahulu melakukan beberapa konfigurasi wireless LAN.

Perangkat utama yang digunakan untuk membentuk wireless LAN adalah access point. Access point bertanggung-jawab menghubungkan beragam perangkat wireless seperti ponsel, tablet, atau laptop agar bisa berada dalam jaringan yang sama. Access point sering dilengkapi dengan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server yang melayani pembagian alamat IP secara dinamis. Dengan kata lain anda hanya perlu memberi tahu PC untuk meminta alamat IP secara otomatis ke DHCP server. Tanpa perlu menentukan alamat IP secara manual.

Seringkali access point digabungkan dalam perangkat lain seperti router. Router adalah perangkat yang menjadi perantara antara jaringan yang berbeda untuk membentuk internetwork. Jaringan di rumah jarang sekali menggunakan lebih dari satu jaringan. Biasanya kantor membuat beberapa LAN berbeda untuk setiap departemen. Ini untuk mencegah misalnya karyawan dari departemen yang berbeda untuk mengakses data dari HRD. Karena ada informasi sensitif, seperti jumlah gaji yang sebaiknya tidak diketahui hanya oleh karyawan HRD. Bisa juga kantor anda mempunyai departemen riset dan pengembangan yang mempunyai data-data riset rahasia. Data sensitif seperti ini sebaiknya dibatasi, misalnya dengan membuat LAN khusus untuk departemen riset dan pengembangan. Untuk menghubungkan jaringan yang berbeda ini dibutuhkan router.

Untuk membuat wireless LAN, terlebih dahulu anda harus mengkonfigurasinya. Sebagian besar access point untuk konsumen rumahan atau Small Office Home Office (SOHO) menyediakan akses berbasis web ke halaman administrasi. Buka peramban anda dan ketikkan alamat IP 192.168.1.1. Masukkan username dan password yang diminta dengan kata admin. Tidak semua access point menggunakan alamat IP 192.168.1.1 dan default username dan password berupa kata admin. Oleh karena itu lihat lagi manual dari access point anda untuk memastikan. Hal pertama yang harus anda konfigurasi setelah berhasil login ke halaman administrasi adalah mengganti default password untuk access point. Ini sangat penting untuk dilakukan, agar hanya orang-orang yang berhak saja yang bisa merubah konfigurasi access point anda.

Selanjutnya anda bisa melakukan konfigurasi jaringan wireless dari halaman administrasi access point. Beri nama access point anda. Nama ini atau yang juga disebut dengan SSID adalah nama access point yang akan muncul pada laptop atau perangkat wireless lain. Setelah memberi nama, tentukan jenis enkripsi yang digunakan untuk pertukaran data antara access point dengan perangkat wireless seperti laptop. Jika laptop anda mendukung WPA2, sebaiknya pilih enkripsi tersebut di access point. Itu adalah jenis enskripsi yang saat ini lebih aman ketimbang pilihan lainnya.

Jika SSID adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi access point, maka passphrase adalah kata sandi yang digunakan untuk terhubung ke access point. Isi passphrase ini dari halaman administrasi access point. Setiap kali ada perangkat wireless yang ingin terhubung ke access point. Perangkat tersebut harus menggunakan passphrase agar bisa masuk dalam jaringan wireless. Jangan lupa untuk menyimpan semua konfigurasi setelah selesai. friend

Setelah semua siap, maka anda bisa mulai menghubungkan ponsel atau laptop anda ke access point. Jika anda menggunakan Android, buka menu Settings dan pilih Wireless & Networks. Pastikan WiFi sudah diberi tanda centang. Perangkat Android anda akan melakukan pemindaian jaringan wireless. Setelah selesai melakukan pemindaian, anda akan menemui nama jaringan (SSID) yang telah anda konfigurasi sebelumnya di access point. Klik jaringan ini dan isilah passphrase yang diminta. Klik Connect untuk menghubungkan Android ke access point.

Untuk menghubungkan iPhone ke wireless LAN yang sudah anda buat, buka Settings dan pilih WiFi. Cari nama access point (SSID) anda dan sentuh nama tersebut. Berikan passphrase yang diminta oleh iPhone untuk terhubung ke access point. Ketika iPhone sudah terhubung ke jaringan wireless, maka dia akan menampilkan ikon WiFi di layar.

Untuk melakukan konfigurasi wireless LAN dari laptop yang dilengkapi dengan Windows 7, buka Control Panel dan Pilih Network and Internet. Pada bagian Network and Sharing Center, pilihlah Connect to a network. Windows akan menampilkan jendela informasi pada tray yang ada disebelah kanan taskbar. Jendela ini akan menampilkan apa saja jaringan yang berhasil dideteksi oleh Windows. Cari nama jaringan wireless (SSID) anda dan klik. Masukkan passphrase pada kotak yang diminta dan klik tombol Connect untuk terhubung ke jaringan. [PN]