Setting Bluetooth BlackBerry

07 Jun 2012 19:00 | Hits: 26523

Cara Mudah Setting Bluetooth BlackBerry

Cara Mudah Setting Bluetooth BlackBerry

Teknologi Bluetooth telah menjadikan komunikasi hands-free menjadi umum di tengah-tengah masyarakat saat ini. Saat ini mengangkat panggilan masuk pun bisa Anda lakukan melalui Bluetooth menggunakan media Bluetooth handsfree. Hampir pada semua perangkat saat ini telah ditanami teknologi Bluetooth, mulai dari ponsel yang memiliki kelas entry level hingga ponsel yang bermain di kelas high-end. Penggunaan Bluetooth ini pertama kali di populerkan sekitar tahun 2006, di mana Bluetooth menggantikan infra merah sebagai sarana transfer data antar ponsel pada saat itu.

Salah satu handset yang populer di Indonesia yang juga mengandalkan koneksi Bluetooth sebagai sarana transfer data adalah BlackBerry. BlackBerry sebagai perangkat yang paling banyak penggunanya di tanah air juga mengandalkan koneksi Bluetooth sebagai sarana utama untuk transfer file antar ponsel. Pada artikel ini, Paseban akan mengulas bagaimana cara setting Bluetooth BlackBerry bagi Anda yang saat ini menggunakan perangkat pabrikan RIM tersebut. Berikut instruksi bagaimana cara melakukan setting Bluetooth BlackBerry:

  • Tekan tombol menu pada BlackBerry Anda, yang letaknya berada disamping tombol call. Seketika semua menu yang terdapat pada BlackBerry Anda akan muncul.

  • Duble click pada ikon pengaturan Bluetooth.

  • Tempatkan ponsel Anda pada posisi Discovery Mode. Ini akan menjadi pilihan pertama yang Anda lihat setelah Anda klik pada ikon pengaturan Bluetooth. Sebuah jendela pop-up akan menanyakan apakah Anda ingin mencari perangkat Bluetooth lainnya, atau jika Anda ingin membuat perangkat Bluetooth lainnya itu untuk menemukan ponsel Anda maka Anda bisa memilih pilihan ke-dua.

  • Aktifkan headset Bluetooth Anda. Hal ini akan mengirim sinyal yang akan menghubungkan headset ke ponsel.

  • Setelah Anda mengaktifkan koneksi Bluetooth, langkah selanjutnya adalah tes koneksi Bluetooth. Lalu Anda lihat reaksi dari ponsel Anda, apakah komunikasi antar Bluetooth dapat berjalan dengan lancar? Jika koneksi Bluetooth berjalan dengan lancar, maka koneksi Bluetooth Anda akan berjalan dengan baik. Namun jika tidak bisa berjalan dengan lancar, maka periksa pengaturan Bluetooth Anda, mungkin saja status Bluetooth Anda invisible.

Ketika Anda sudah bisa menggunakan Bluetooth untuk saling berkirim data antar telepon, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda pelajari pada pengaturan Bluetooth lainnya adalah bagaimana cara membuat koneksi antara BlackBerry Anda dengan Bluetooth headset atau yang sering juga disebut dengan pair. Hal ini dapat membantu Anda untuk menerima panggilan tanpa harus Anda meraih handset Anda terlebih dahulu, hal ini juga akan membantu Anda pada saat Anda sedang dalam posisi mengendarai kendaraan. Pengaturan untuk melakukan pair terhadap headset Bluetooth ini pun sangat mudah dilakukan dan semua orang pun bisa mempraktekkannya.

Untuk melakukan koneksi pair atau berpasangan antara handset BlackBerry dan headset Bluetooth Anda, maka Anda bisa mengikuti instruksi sederhana di bawah ini:

  • Jika headset Bluetooth Anda tidak dalam kondisi pair, maka Anda bisa mengubah statusnya menjadi pair dengan cara tekan dan tahan tombol call selama kurang lebih 5 detik atau tekan hingga lampu LED menampilkan warna merah dan biru.

  • Selanjutnya pada homescreen BlackBerry Anda, klik ikon Manage Connections.

  • Klik set up Bluetooth.

  • Klik Search.

  • Klik nama Bluetooth Anda.

  • Masukkan passkey 0000.

  • Tekan tombol Enter.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut di atas, sebuah pesan akan muncul bahwa handset BlackBerry Anda saat ini telah terkoneksikan atau telah pair dengan headset Anda. Atau Anda bisa melakukan tes suara terlebih dahulu dengan melakukan panggilan ke BlackBerry Anda menggunakan telepon lain. Jika berhasil, maka Anda bisa melakukan transfer panggilan dari BlackBerry Anda menuju ke headset Bluetooth Anda hanya dengan menekan tombol call pada headset Bluetooth Anda.

Jika Anda telah mengetahui bagaimana cara melakukan pair terhadap headset Bluetooth, maka Anda juga bisa melakukan pair terhdap perangkat Bluetooth yang lainnya karena cara yang digunakan pun sama seperti cara melakukan pair dengan headset Bluetooth Anda. [PY]