Bahaya Radiasi Handphone

07 Jun 2012 12:00 | Hits: 15451

Mengenal Lebih Jauh Bahaya Radiasi Handphone

Mengenal Lebih Jauh Bahaya Radiasi Handphone

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dibalik banyaknya kegunaan dari handphone tetap saja terselip sebuah bahaya yang mengancam dari sebuah perangkat elektronik kecil yang bernama handphone. Setiap jenis handphone baik itu smartphone ataupun handphone yang ‘biasa-biasa’ saja pasti memancarkan gelombang radio yang nantinya akan menimbulkan radiasi elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik inilah yang dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan bagi penggunanya. Untuk mengetahui lebih lanjut bahaya-bahaya apa saja yang bisa ditimbulkan oleh radiasi elektromagnetik ini, berikut akan dibahas ulasannya.

Kanker

Penyakit yang satu ini bisa dibilang salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di Indonesia selain jantung. Penyebabnya beragam antara lain pola hidup yang tidak baik juga lingkungan yang tidak sehat. Ada lagi satu factor penyebab kanker menurut berbagai macam penelitian, salah satunya penelitian yang dilakukan oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker di Lyon, Paris dibawah arahan WHO memaparkan bahwa radiasi handphone berpeluang karsinogenik (zat penyebab kanker) dan jenis kanker yang sering muncul adalah kanker otak. Hal ini dikarenakan aktivitas penggunaan handphone lebih sering berada di daerah kepala. Untuk meminimalisirnya penggunaan handsfree sangat dianjurkan atau setidaknya ketika Anda menelepon berilah sedikit jarak antara telinga Anda dengan handphone. Juga sebaiknya hindari menaruh handphone terlalu dekat dengan Anda selama Anda tidur.

Perubahan DNA

Walaupun belum terlalu banyak bukti yang cukup meyakinkan mengenai bahaya radiasi handphone yang dapat merubah tatanan DNA seseorang tetapi akan lebih baik jika Anda berhati-hati. Karena pada dasarnya tubuh seseorang terdiri dari sel, jaringan dan organ-organ yang masing-masing juga bisa memancarkan sinyal-sinyal elektromagnetik. Memang hal ini tidak bisa dilihat dengan jelas karena perubahan DNA prosesnya berjalan lama namun pasti. Sinyal-sinyal elektromagnetik ini yang jika digabungkan dengan benda elektrik lain seperti televisi yang juga memancarkan sinyal elektromagnetik, jika terakumulasi dalam waktu yang lama akan menyebabkan rusak/matinya membran sel dan berujung dengan hilangnya kemampuan DNA untuk memperbaikinya. Hal inilah yang juga dapat memicu kanker menurut Dr. George Carlo, seorang peneliti medis dan ahli epidemiologist yang telah melakukan penelitian terhadap bahaya penggunaan handphone dari tahun 1993-1999.

Bagi ibu hamil juga sebaiknya bersikap bijak dalam menggunakan handphone karena menurut Dr. Carlo, radiasi handphone juga memiliki kontribusi dari perubahan sikap janin seperti hiperaktif dan autism yang juga disebabkan oleh adanya perubahan DNA.

Merusak panel-panel elektrik

Pernahkah Anda melihat stiker larangan penggunaan handphone di area SPBU atau rumah sakit? Stiker-stiker itu tentu saja dipasang dengan alasan yang tepat. Pertama, untuk area SPBU penggunaan handphone bisa mengacaukan angka meteran pada tempat pengisian bahan bakar. Kedua, untuk area rumah sakit yang banyak memiliki berbagai macam alat kesehatan seperti alat pacu jantung yang memang rentan terhadap sinyal-sinyal yang dipancarkan oleh handphone. Namun seringkali ditemukan banyak orang mengabaikannya karena belum terbukti secara langsung dan hal ini memang masuk akal jika hanya sebatas satu atau dua pengguna handphone yang ‘nakal’ yang menggunakan handphone di dua area tersebut, tapi bagaimana jika ada puluhan orang yang melakukan panggilan bersamaan di dua area tersebut, bukan tidak mungkin akan terjadi masalah.

Mempengaruhi Tingkat Keseburan Seseorang

Sebuah penelitian di Pusat Reproduksi di Klinik Cleveland, Ohio menemukan fakta bahwa radiasi ponsel akan menyebabkan turunnya jumlah sperma yang berujung dengan meningkatnya resiko infertilitas atau kemandulan. Penelitian selanjutnya dilakukan oleh ilmuwan Turki yang melakukan percobaan dengan menaruh sel sperma hidup di cawan patri dan diberi radiasi selama satu jam terus-menerus. Hasilnya, sel sperma tersebut menjadi tidak normal bergerak. Logikanya adalah sel sperma yang telah terkena radiasi terus-menerus pasti akan sulit menembus sel telur pada rahim. Kesimpulanya, jangan menaruh handphone di kantung celana Anda karena bisa mempengaruhi tingkat kesuburan Anda.

Walaupun sudah ada beberapa penelitian yang meneliti tentang bahaya radiasi handphone namun sampai saat ini belum ada penelitian yang benar-benar memberikan bukti dan penjelasan otentik bahwa radiasi handphone secara langsung menyebabkan gangguan pada tubuh seperti kanker. Namun seperti kata pepatah "mencegah lebih baik daripada mengobati”, maka dari sekarang mulailah bersikap bijak dalam menggunakan handphone. [FJ]