Cara Menginstal Speedy

07 Jun 2012 11:00 | Hits: 4581

Tips Sederhana Cara Menginstal Speedy

Sekarang ini banyak penyedia layanan internet yang tersedia di tanah air. Dari beragam paket dan promosi yang ditawarkan, membuat kita tertarik untuk mencobanya. Salah satu penyedianya adalah Telkom. Perusahaan BUMN yang menyediakan jasa informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap ini juga menyediakan jasa layanan internet bagi para pelanggannya. Dengan membawa nama Speedy, Telkom memperkenalkan jaringan internet untuk penggunaan di rumah. Speedy menawarkan beberapa paket penggunaan internet yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Pada artikel kali ini, Paseban tidak akan membahas tentang beberapa paket yang ditawarkan oleh Speedy ataupun promonya, namun Paseban akan memberikan tips bagaimana cara menginstal Speedy di rumah Anda bagi Anda yang saat ini ingin atau baru saja berlangganan paket internet dari Speedy. Berikut cara-cara menginstal Speedy di rumah Anda:

Petunjuk untuk Melakukan Pengaturan Pada Modem

Jika Anda para pengguna yang saat ini menggunakan layanan internet Speedy dengan menggunakan modem, maka sebelumnya Anda harus melakukan beberapa pengaturan yang diantaranya bagi Anda yang menggunakan paket Speedy prabayar, maka Anda harus mengubah pengaturan modem Anda ke dalam mode PPoE Routing dengan login dan password ditanam di modem. Anda juga bisa menggunakan mode Bridging yang menggunakan cara koneksi dial dari komputer. Namun untuk kemudahan penggunaan di rumah lebih disarankan untuk menggunakan mode bridging yang dimana hal ini berguna untuk menghindarkan kasus dimana Anda lupa untuk mematikan modem Anda yang berdampak pada durasi dan usage yang panjang. Adapun perbedaan antara mode PPoE dan bridging adalah jika pada PPoE memiliki fungsi router, sedangkan bridging tidak. Untuk keamanan, keamanan PPoE dilakukan oleh modem, namun pada mode bridging dilakukan oleh PC. Untuk IP, pada PPoE modem mendapat IP Publik, yang dimana PC diberikan IP private oleh modem, sedangkan pada bridge, modem tidak mendapat IP, sedangkan PC mendapatkan IP Publik.

Cara Setting Koneksi Internet di Windows

Setelah Anda melakukan beberapa pengaturan pada modem, kini saatnya Anda melakukan pengaturan koneksi internet pada Windows Anda. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Klik Start >> Control Panel >> Network and Internet Connections.

  • Pada menu Network and Internet Connections, pilih Network Connections.

  • Pilih Create a new connection.

  • Klik Next.

  • Pilih Connect to the Internet, lalu klik Next.

  • Pilih Set up my connection manually, lalu klik Next.

  • Pilih Connect using a broadband connection that requires a user name and password, lalu klik Next.

  • Isi ISP Name (bebas) misalnya Speedy, klik Next.

  • Masukkan User name; Password; Confirm password, klik Next. User name untuk Speedy adalah **login ID yang ada di dalam amplop yang berisi password ditambah dengan realm @telkom.net. **

  • Beri tanda pada Add a shortcut to this connection to my desktop, klik Finish.

  • Setelah menekan Finish di atas atau setiap kali kita klik icon Speedy di desktop kita, akan muncul jendela menu yang berisi menu untuk Anda terkoneksi ke Internet, untuk menyambungkan langsung dengan Internet, maka Anda tinggal klik tombol Connect.

  • Setelah user name & password terisi dan dipilih Connect, maka komputer kita akan melakukan otentikasi ke RADIUS server, dan akan muncul jendela menu yang berisikan proses untuk tersambung ke Internet.

  • Jika otentikasi berhasil, maka akan muncul icon 2 komputer kecil di kanan bawah layar. Jika icon ini diklik akan muncul status: "**Untuk mengakhiri koneksi internet, klik Disconnect pada menu Speedy Status ini” **.

  • Jika proses otentikasi menuju ke Internet Anda gagal, maka akan muncul jendela yang berisikan pesan error yang disertai dengan kode di belakang kata error. Berikut arti dari kode error yang sering muncul jika koneksi gagal:

  1. 619 : Port Anda dalam keadaan disconnected.

  2. 629 : Port Anda dalam keadaan disconnected oleh mesin remote.

  3. 678 : Remote komputer Anda tidak merespon.

  4. 691 : Tidak bisa melakukan koneksi karena usernam dan password yang dimasukkan tidak valid.

  5. 721 : Remote komputer Anda tidak menanggapi.

  6. 777 : Koneksi gagal karena modem atau remote komputer Anda mengalami kerusakan.

  7. 797 : Koneksi gagal karena modem gagal melakukan koneksi.

Itu tadi beberapa tips sederhana bagaimana cara melakukan instalasi Speedy di rumah Anda. Semoga tips ini dapat membantu Anda, dan selamat mencoba. [PY]