Fungsi Tablet PC

06 Jun 2012 19:00 | Hits: 31368

Fungsi Tablet PC Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Fungsi Tablet PC Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Anda sudah mempunyai tablet dan sekarang ingin memanfaatkannya untuk mendukung aktifitas Anda? Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan tablet. Tablet yang Anda gunakan mungkin adalah iPad atau tablet Android seperti Samsung Galaxy Tab. Apapun yang Anda gunakan, tablet tersebut biasanya dapat dimanfaatkan untuk fungsi yang sama. Apalagi ada banyak aplikasi yang tersedia untuk tablet yang dapat menambah fitur standar sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa fungsi tablet PC yang bisa menjadi alasan utama Anda untuk menggunakan tablet.

Berselancar di Internet

Dengan dukungan WiFi dan jaringan 3G pada banyak model, tablet sangat cocok digunakan untuk berselancar di Internet. Tablet biasanya sudah dilengkapi dengan peramban pada saat pembelian. Misalnya ada Safari di iPad dan di Android ada peramban yang menyatu dengan sistem operasinya. Jika tidak puas dengan peramban bawaan, maka Anda bisa menggunakan peramban dari pihak ketiga. Ada Opera Mini untuk iPad dan Opera mobile untuk Android. Firefox juga mengeluarkan versi mobile dari peramban mereka.

Mengecek Email

Tablet berukuran lebih kecil dari laptop sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana. Tapi tidak terlalu kecil seperti ponsel yang menyusahkan untuk mengetik. Oleh karena itu Anda bisa memanfaat tablet untuk mengecek dan berkirim email. Aplikasi iPad email adalah klien email yang akan mengecek email yang masuk dan memberikan notifikasi. Ada juga aplikasi Gmail yang bisa ditambahkan ke iPad. Aplikasi Gmail sudah tersedia pada tablet Android tanpa perlu instalasi lagi. Ada juga aplikasi klien email lain dari pihak ketiga yang bisa diperoleh di Apple App Store dan Google Play.

Melihat Foto

iPad terbaru mempunyai layar dengan nama Retina. Dengan pencahayaan menggunakan LED, layar ini lebih tajam dan warnanya lebih baik dari versi sebelumnya. Anda bisa melihat-lihat foto favorit Anda pada layar jernih ini. Produsen tablet Android seperti Samsung juga menghadirkan layar yang setara dengan Retina pada produk terbaru mereka, meskipun disebut dengan nama yang berbeda.

Menonton Film

Sebagian besar tablet Android mempunyai layar dengan aspect ratio 16:9 yang sangat cocok untuk menonton film layar lebar. Sementara iPad mempunyai aspect ratio 4:3. Ini artinya jika Anda menonton film layar lebar di iPad, maka akan ada bagian layar yang kosong. Namun dengan layar yang bagus, pengguna tetap dapat menikmati film dari iPad mereka.

Mendengarkan Musik

Apple Music Store adalah tujuan populer untuk mencari lagu. Karena iPad adalah produk dari Apple, tentu saja aplikasi musik iPad juga terhubung ke Apple Music Store. Anda bisa menyimpan dan memutar musik menggunakan iPad. Apple juga menyediakan layanan iCloud yang bisa digunakan untuk menyimpan musik Anda di server milik Apple. Seandainya terjadi sesuatu terhadap data Anda, maka Anda masih punya cadangannya di iCloud.

Google Play adalah layanan terbaru dari Google yang diperkenalkan pada bulan Maret 2012. Layanan ini menggabungkan Android Market dan Google Music dalam satu tempat. Sehingga Anda bisa mencari lagu yang disukai dari tempat yang sama di mana Anda memperoleh aplikasi. Ada layanan berbasis cloud yang ditawarkan oleh Google seperti Apple iCloud bernama Google Drive. Anda bisa memanfaatkan Google Drive untuk membuat cadangan data Anda dari tablet Android, misalnya untuk menyimpan musk Anda.

Jika kurang puas dengan speaker yang tersedia di tablet, maka Anda bisa menambahkan aksesoris speaker eksternal. Lalu menggunakan WiFi atau Bluetooth, Anda bisa munghubungkan tablet dengan speaker eksternal untuk mendengarkan musik.

Membaca Buku

Tablet seperti iPad dan Samsung Galaxy Tab menggunakan lampu latar untuk menerangi layarnya. Karena sifat dari layar yang seperti itu, sebenarnya kurang ideal jika menggunakan tablet untuk membaca buku, karena lampu latar langsung diarahkan ke mata Anda. Berbeda dengan membaca buku fisik yang menggunakan pantulan cahaya dari lampu yang ada di ruangan. Membaca buku fisik lebih nyaman bagi mata kita. Namun sekarang eBook menjadi semakin populer. Tablet mempunyai kemampuan menyimpan banyak eBook sekaligus. Jadi Anda hanya perlu satu tablet untuk menggantikan semua koleksi buku tebal Anda. Ini lebih praktis ketimbang menenteng beberapa buku fisik sekaligus.

Ada banyak lagi fungsi tablet PC yang bisa Anda manfaatkan. Jika tablet Anda tidak mempunyai fitur tertentu, ada banyak aplikasi tersedia di Apple App Store dan Google Play yang bisa Anda peroleh untuk mendukung aktifitas sehari-hari. [PN]