Membangun Jaringan Wireless

06 Jun 2012 11:00 | Hits: 4423

Tutorial Membangun Jaringan Wireless Dengan Mudah

Tutorial Membangun Jaringan Wireless Dengan Mudah

Dengan makin berkembangnya teknologi pada komputer dewasa ini memungkinkan kita untuk membangun sebuah hubungan komunikasi antara komputer satu dengan komputer yang lainnya. Upaya komunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya dengan komputer tunggal ataupun sekumpulan komputer yang terpisah pisah disebut dengan jaringan. Syarat terbentuk jaringan adalah paling sedikit terdiri dari dua komputer yang saling terhubung dengan sebuah media sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling berbagi data dan saling berkomunikasi. Jaringan komputer ini muncul akibat dari adanya kebutuhan untuk berbagi data diantara para pengguna.

Kebanyakan jaringan yang dibentuk pada saat pertama kali jaringan itu dibentuk adalah jaringan yang masih menggunakan kabel. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, penggunaan kabel makin lama makin ditinggalkan. Bahkan dewasa ini kita bisa membangun jaringan wireless tanpa harus menggunakan kabel atau sering juga disebut dengan jaringan wireless. Tidak seperti jaringan kabel, jaringan wireless memiliki dua mode yang dapat digunakan: infrastruktur dan Ad-Hoc. Konfigurasi infrastruktur adalah komunikasi antar masing-masing PC melalui sebuah access point pada WLAN atau LAN. Komunikasi Ad-Hoc adalah komunikasi secara langsung antara masing-masing komputer dengan menggunakan piranti wireless. Penggunaan kedua mode ini tergantung dari kebutuhan untuk berbagi data atau kebutuhan yang lain dengan jaringan berkabel.

Klasifikasi jaringan komputer dibagi atas tiga jenis, yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WAN). Hal yang membedakan jenis jaringan ini hanyalah jangkauan area atau lokasi jaringan tersebut. Namun secara umum, dan pada praktisnya saat ini kita mengenal ada dua jenis jaringan yaitu: LAN dan WAN. Keuntungan utama yang langsung terasa dari network sharing itu adalah Internet yang mendunia, karena pada intinya Internet itu sendiri adalah serangkaian komputer (ribuan bahkan jutaan komputer) yang saling terhubung satu sama lain. Pada tulisan kali ini, Paseban akan mengulas bagaimana cara membangun jaringan wireless untuk Anda.

  1. Klik Start, lalu arahkan mouse Anda ke Control Panel.

  2. Masuk ke dalam Control Panel.

  3. Setelah Anda masuk ke dalam Control Panel, pilih menu Network and Internet Connections.

  4. Setelah Anda masuk ke pengaturan Network and Internet Connections, Anda pilih menu Network Connections.

  5. Setelah Anda masuk ke dalam menu Network Connections, nantinya Anda akan melihat beberapa menu yang bernama Wireless Network Connection, arahkan pointer mouse Anda ke Wireless Network Connection, lalu klik kanan, dan pilih menu Properties.

  6. Setelah Anda klik Properties, nantinya Anda akan mendapat jendela baru tentang Wireless Network Connection. Pada jendela properties tersebut, pilih tab Wireless Network.

  7. Pada kolom Preferred networks, klik tombol Add.

  8. Nantinya setelah Anda klik tombol Add, Anda akan dihadapkan pada jendela baru. Pada jendela baru tersebut, klik tab Association.

  9. Pada tab Association, masukkan nama koneksi Anda pada kolom SSID.

  10. Setelah Anda memasukkan nama koneksi Anda, centang menu ‘This is a computer-to-computer (ad hoc) network; wireless access points are not used’. Jangan Anda centang pilihan menu ‘The key is provided for me automatically’. Biarkan menu tersebut tidak tercentang.

  11. Klik OK untuk menyimpan pengaturan Anda.

Untuk mendukung koneksi yang Anda buat tadi, ada baiknya Anda memasangkan adapter agar bisa menggunakan jaringan wireless atau nirkabel. Windows akan secara otomatis mendeteksi koneksi yang telah kita buat tadi. Setelah cara di atas Anda lakukan, berikut cara untuk menghubungkan komputer Anda ke jaringan nirkabel Anda. Untuk menghubungkan komputer Anda ke jaringan nirkabel Anda, minimal Anda harus berjalan pada Windows XP SP2.

  1. Klik kanan pada ikon Wireless Network yang berada pada ujung kanan bawah layar monitor Anda.

  2. Lalu setelahnya Anda klik View Available Wireless Networks.

  3. Lalu Anda akan dihadapkan dengan jendela baru Wireless Network Connection dan pada jendela tersebut akan menampilkan jaringan nirkabel Anda yang terdaftar pada SSID yang Anda pilih tadi. Jika Anda tidak bisa melihat SSID, maka klik Refresh Network List di sudut kiri atas.

  4. Setelah Anda menemukan jaringan Anda, klik Connect disudut kanan bawah.

  5. Windows nantinya akan meminta Anda untuk memasukkan kata kunci atau password.

  6. Masukkan password ke dalam kolom Network Key dan Confirm Network Key, lalu klik Connect.

  7. Tunggu beberapa saat. Dan Anda akan terhubung ke dalam koneksi komputer Anda.

Berikut tadi adalah tips sederhana untuk membuat jaringan wireless pada komputer Anda. semoga tips sederhana yang kami ulas tadi bermanfaat bagi Anda. selamat mencoba!