Menggunakan Android

31 May 2013 14:30 | Hits: 2468

Tips Awal Menggunakan Android Bagi Pemula

Perkembangan dunia teknologi tiap tahun terus berkembang khususnya di pasar smartphone. Tiap tahun produsen terus merilis produk – produk terbaik mereka. Google sendiri sempat menyatakan bahwa setiap detik ada ratusan ponsel pintar yang diaktifkan di dunia ini. Smartphone android menjadi salah satu smartphone yang menjadi incaran dari sekian banyak smartphone di dunia. Android yang mudah diubah dan ditambah aplikasi menjadikan banyak pengguna sistem operasi lain mulai beralih ke sistem operasi dengan logo robot hijau ini. Sayangnya, bagi pengguna smartphone yang baru pindah ke android, banyak yang kurang memahami cara awal menggunakan android.

Banyak pemula yang kurang memahami tata cara awal menggunakan android bagi pemula. Kebanyakan pengguna yang baru berpindah sistem android merasa bingung banyak aplikasi yang dijalankan di smartphone mereka tidak berjalan. Lalu,  kebanyakan pemula kurang terbiasa dengan browser bawaan smartphone. Alhasil, smartphone yang dibeli seakan menjadi sia- sia.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut tips awal menggunakan android bagi pemula yang bisa Anda coba.

Atur akun Gmail

Untuk sistem android, Anda wajib memiliki akun Gmail untuk mengaktifkan aplikasi – aplikasi android. Google sendiri merupakan perusahaan yang mengembangkan sistem operasi robot hijau ini. Jadi Akun Gmail memiliki peran penting di Android. Akun Gmail ibarat jantung android. Dengan Akun ini, Anda bisa mengakses beberapa aplikasi dari Google yang biasanya menjadi aplikasi bawaan dari sebuah smartphone.

Sebetulnya jika Anda tidak memiliki akun Gmail, Anda masih tetap dapat menggunakan smartphone android Anda. Tapi sayangnya, smartphone Anda tidak akan berfungsi secara maksimal. Jadi tips awal yang wajib dikerjakan dalam menggunakan android bagi pemula ialah membuat akun Gmail.

Gunakan situs google play store untuk menginstal aplikasi

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan iPhone pasti Anda sudah tidak asing dengan itunes. Untuk android, fungsi dari itunes dapat kita dapatkan di Google Play store. Anda bisa mendownload berbagai macam aplikasi dan game untuk android disini.  Seperti di itunes, semua aplikasi di play store dibedakan menjadi beberapa kategori, baik kategori game, kategori entertainment (music dan video) hingga kategori widgets untuk mempercantik android Anda.

Seperti yang telah dijelaskan dipoin sebelumnya, salah satu kegunaan dari akun Gmail Anda ialah untuk dapat mengakses aplikasi ini. Google pun memberi kemudahan bagi Anda untuk menginstal aplikasi. Jika Anda sedang browsing di computer dan sedang tidak membawa  gadget Anda. lalu,  Anda  menemukan aplikasi menarik di Play Store. Anda langsung saja klik tombol Instal dan pilih perangkat Anda. Maka saat gadget Anda terhubung dengan jaringan internet, aplikasi yang anda inginkan akan langsung terdownload digadget Anda.

Atur update aplikasi yang ada di Smartphone Anda

Terkadang bagi pengguna pemula Android merasa kebingungan ketika kuota internet yang digunakan habis begitu saja. Padahal penggunaan internet terhitung wajar, sekadar buka email, buka social media hingga browsing. Tips dalam menggunakan android bagi pemula yang bisa Anda coba ialah periksa kembali update aplikasi – aplikasi yang ada di smartphone Anda. terkadang beberapa aplikasi melakukan update secara otomatis tanpa pemberitahuan. Mungkin hal inilah yang menyebabkan hilangnya kuota internet secara tiba – tiba. Atau bagi Anda yang memang ingin selalu meng-update aplikasi di gadget kesayangan, Anda dapat mengatur settingan dengan cara masuk ke Play Store, kemudian pergi ke pengaturan Play Store.

Atur Google Now (untuk android jelly bean)

Google now merupakan sebuah virtual asisten khusus untuk android yang akan membantu Anda. Aplikasi ini  akan memberikan informasi secara otomatis berdasarkan posisi Anda. Misalnya, saat Anda sedang menunggu kereta di stasiun. Aplikasi ini akan mengingatkan Anda tentang jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta.

Saat pertama menggunakan android bagi pemula, Anda dapat mengaktifkan aplikasi google now dengan cara masuk ke aplikasi Google search. Masuk ke menu pengaturan kemudian nyalakan fitur Google now.

Instal Google Crome untuk browsing

Bagi Anda yang baru berpindah sistem operasi. Browser bawaan android terkadang kurang nyaman digunakan. Sayangnya di beberapa smartphone tidak menempatkan Google crome sebagai aplikasi bawaan. Google crome versi android memberikan kemudahan serta tampilan yang mirip dengan versi PC, jadi bagi Anda yang baru beradaptasi di Android bisa mendownload browser ini. Anda dapat mendownloadnya di Play store. [ARS]