Sejarah Sistem Operasi Komputer

06 Jun 2012 08:30 | Hits: 8207

Sejarah Sistem Operasi Komputer dari Awal Hingga Saat Ini

Sejarah Sistem Operasi Komputer dari Awal Hingga Saat Ini

Kita semua tahu, bahwa terbentuknya sebuah sistem operasi pada komputer kita saat ini tak lepas dari cerita sejarah dari sang pencipta sistem operasi ini. Tidak ada salahnya untuk kita memahami sejarah sistem operasi komputer ini dari pertama kali terbentuk hingga terbentuknya sistem operasi modern yang saat ini kita gunakan. Sistem operasi pertama kali diperkenalkan pada tahun 1940 dimana komputer elektronik diperkenalkan dan diluncurkan. Sederet fitur-fitur otomatis pun ditanamakan pada perangkat ini.

Dari perkembangan komputer yang masih berupa perangkat yang besar pada tahun 1940, akhirnya pada tahun 1980 muncul sistem operasi baru yang bernama QDOS yang merupakan singkatan dari Quick and Dirty Operation System. QDOS ini merupakan asal usul dari sistem operasi Windows yang kita kenal dan mungkin kita gunakan pada saat ini. Sistem operasi ini ditulis oleh Tim Paterson dari Seattle Computer.

Pada masa itu, QDOS merupakan salah satu sistem operasi terkenal dan paling banyak digunakan para pengguna komputer pada masanya dan sistem operasi ini dirancang khusus untuk prosesor Intel 8086. Kemudian Bill Gates membeli lisensi dari QDOS untuk dikembangkan dan dijualnya kembali ke berbagai perusahaan komputer. Pada tahun 1981 Microsoft memberi nama MS-DOS. Dan MS-DOS inilah yang berkembang hingga saat ini menjadi Windows 7 bahkan Windows 8 yang akan menyusul dalam waktu dekat ini.

Tidak hanya Windows saja yang mengalami masa sejarah sistem operasi komputer, Apple dan Linux pun mengalami masa sejarah yang panjang dalam membuat sistem operasi hingga bisa gunakan pada saat ini. Untuk mengetahui masing-masing sejarah dari sistem operasi tersebut, mari kita simak ulasan Paseban tentang sejarah dari masing-masing sistem operasi berikut:

Microsoft

Setelah sukses dengan serial MS-DOS pada tahun 1981, Microsoft pun melanjutkan kisah suksesnya dengan menelurkan MS-DOS versi 2.0 pada tahun 1983 pada komputer PC XT. Kemudian dilanjutkan ke dalam versi 3.0 pada tahun 1984 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 yang mulai mendukung penggunaan hardisk lebih 10 MB. Program Windows baru pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985 yang telah menyediakan lingkungan GUI dan kemampuan multitasking.

Pada tahun 1987 Microsoft kembali memperbaharui MS-DOSnya dengan meluncurkan versi 3.3. Pada tahun 1990 Microsoft memfokuskan diri pada pengembangan windows ditandai dengan peluncuran windows versi 3.0 dan mendapat sambutan yang sangat baik pada versi ini Microsoft membundel MS.OFFICE (Word, Excel, dan PowerPoint) untuk menyingkirkan saingannya seperti Lotus 123, Wordstar, Word Perfect dan Quattro. Setelah melalui tahap pembaharuan pada tahun 1990, pada tahun 1991 Microsoft kembali meluncurkan MS.DOS versi 5.0 dengan penambahan fasilitas full-screen editor, undelete, unformat dan Qbasic.

Hingga pada tahun 1994 menjadi tahun terakhir bagi pengembangan MS.DOS, versi terakhir dari MS.DOS adalah MSDOS6.22. Pada tahun 1995, Microsoft meluncurkan Windows 95, pada tahun ini juga diperkenalkan versi pertama Windows CE ke public. Tahun 1996 Windows NT Versi 4.0 diluncurkan, pada tahun 1998 meluncurkan OS terbarunya yaitu Windows 98. Web browser Internet Explorer menjadi bagian penting dari Windows 98. Pada tahun 2000 merupakan zaman dimana sistem operasi menjadi lebih modern, Microsoft menelurkan Windows 2000 yang diteruskan oleh Windows XP yang dikenalkan pada tahun 2003 yang saat ini masih menjadi sistem operasi terlaris. Dan pada tahun 2007, Windows meluncurkan Windows Vista yang kemudian diteruskan oleh Windows 7 yang masih dipakai hingga saat ini.

Linux

Linux merupakan sistem operasi yang berbasis Unix. Linux merupakan salah satu contoh pengembangan software open source. Linux sendiri ditemukan pada tahun 1991 oleh seorang mahasiswa bernama Linus Tovald yang berhasil mengembangkan OS berbasis Linux. Pada tahun yang sama, Linus mengeluarkan Linux 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH dan gcc compiler. Selain itu, Linus juga mempublikasikan system operasi buatannya tersebut lengkap dengan ditemui, computer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut.

Hingga saat ini Linux telah berkembang pesat, karena OS-nya yang free, Linux juga sebagai satu-satunya OS yang berbasis Open Source yang dapat dimodifikasi oleh siapa saja yang ingin mengembangkan Linux. Hingga lahirlah berbagai OS berbasis Linux, seperti Fedora Core, Ubuntu, Mandrake, dll. Bahkan pada tahun 2002 di Indonesia sendiri juga lahir berbagai OS buatan anak negeri berbasis Linux bermunculan, diantaranya Trustix Merdeka, WinBI, RimbaLinux, Komura.

Macintosh

Jika mendengar nama ini, pasti para pembaca sudah tidak asing lagi mendengarnya. Ya, sistem operasi ciptaan Apple ini memang terkenal diantara para pengguna komputer karena kinerjanya yang mengagumkan. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan sistem GUI yang bisa melayani pengguna tanpa pemakai harus repot-repot memasukkan perintah dalam bentuk tulisan. Pengguna hanya perlu menunjuk gambar yang ada pada Mac. Mac hanya dibuat khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC. Mac sendiri diperkenalkan pada tahun 1984.

Untuk versi terakhir dari Mac OS sendiri adalah Mac OS X. Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix sama seperti Linux. Yang bisa dibanggakan dari sistem operasi ini adalah tampilan antar mukanya yang memukau dan menawan yang menjadi panutan bagi para pengembang desktop lain. [PY]