Cara Mencari Driver Komputer

10 Jun 2012 16:00 | Hits: 4291

Cara Mencari Driver Komputer & Notebook dengan Driver Genius

Cara Mencari Driver Komputer & Notebook dengan Driver Genius

Pernahkah Anda kebingungan dalam mencari berbagai macam driver untuk meningkatkan performa komputer dan juga Notebook seperti driver video, driver sound, serta berbagai macam driver yang dibutuhkan oleh komputer dan juga Notebook Anda namun tidak tahu jenis serta versi yang sesuai atau klop dengan komputer serta Notebook Anda?

Sebelum membahas artikel cara mencari driver komputer dan Notebook, di sini Paseban akan menjelaskan secara singkat mengenai pengertian apa itu driver komputer terlebih dahulu. Driver adalah sebuah program penghubung di antara komputer dengan alat masukan-keluaran (input-output) yang tidak berada di dalam motherboard. Driver berfungsi sebagai penerjemah antara sinyal listrik pada peranti keras (hardware) dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang ada pada sebuah sistem operasi dan juga program aplikasi.

Nah, untuk mencari driver komputer tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi Driver Genius. Bayangkan jika komputer atau Notebook Anda tidak terinstall driver, tentunya kinerja dari komputer atau Notebook tersebut menjadi tidak maksimal, dengan adanya aplikasi Driver Genius ini Anda tidak perlu lagi susah-susah untuk mencari tipe dan jenis driver yang sesuai dengan komputer maupun Notebook Anda.

Driver Genius Professional merupakan sebuah aplikasi program yang digunakan untuk memperbaharui Driver yang belum ataupun driver yang belum terinstall pada sistem komputer Anda. Dengan Driver Genius Professional ini Anda hanya membutuhkan beberapa klik untuk backup, restore, dan meng-update Drivers komputer. Dengan demikian, sistem Anda akan selalu up to date.

Pada aplikasi Driver Genius Professional 11.0.0.1128 ini telah dilengkapi dengan database informasi driver lebih dari 30.000 yang meliputi driver jenis Motherboard, Sound card, Video card, Network card, Modem, Mouse, Keyboard, Scanner, Printer, perangkat Digital dan lainnya. Dengan aplikasi ini juga Anda dapat membuat salinan Driver yang telah terinstall, menciptakan sebuah file EXE, dan me-restore kembali ke tahap sebelumnya jika terjadi kesalahan.

Driver Genius Professional 11.0.0.1128 Full Version telah mencakup dukungan untuk Windows 7 dan Windows 8. Dengan adanya fitur LiveUpdate pada Driver Genius ini maka aplikasi Driver Genius ini ini akan tetap terhubung dan juga akan mengecek ke server database apakah ada versi rilis terbaru dari driver yanng ada pada sistem komputer Anda.

Aplikasi program Driver Genius ini merupakan sebuah produk aplikasi yang dikembangkan oleh developer yang bernama Avanquest. Jika Anda ingin mencoba untuk menginstallnya di komputer mereka menggratiskannya tetapi ada beberapa fitur yang tidak dapat dijalankan. Namun, jika Anda ingin memiliki versi lengkap dari aplikasi Driver Genius ini maka Anda harus membelinya seharga $29,99 dengan license key yang nanti akan dikirimkan melalui email oleh mereka.

Sebelum Anda meginstall aplikasi Driver Genius ini ada baiknya memperhatikan terlebih dahulu kebutuhan sistem minimumnya, adapun kebutuhan sistem minimumnya, aplikasi Driver ini dapat berjalan pada sistem operasi berikut ini :

• Windows 98/SE/ME/2000/XP/XP (32 Bit dan 64 Bit)

• Windows Server 2003/2008 (32 Bit dan 64 Bit)

• Windows Vista/7 (32 Bit dan 64 Bit)

• Windows 8 (32 Bit dan 64 Bit)

Setelah persyaratan minimun sesuai, langkah selanjutnya adalah untuk menginstal Driver Genius ini Anda harus untuk terlebih dahulu men-download intaller programnya di link situs resminys di http://www.driver-soft.com/download.html, file-nya berukuran sekitar 14MB. Adapun versi terbaru dari Driver Genius pada saat artikel ini ditulis adalah versi 11.0.0.1128, untuk update aplikasi terbarunya silahkan kunjungi situs resminya di http://www.driver-soft.com/.

Driver Genius Professional Edition 11 (Version:11.0.0.1128) ini telah ditambahkan beberapa fitur serta berbagai macam perbaikan program yang diantaranya adalah:

• Peningkatan kestabilan program saat Driver sedang didownload.

• Peningkatan tampilan serta akurasi pengidentifikasian pada device SD.

• Dapat berjalan pada sistem operasi Window 8 consumer-preview Edition.

• Penambahan lebih banyak devices pada beberapa jenis hardware.

• Penambahan bahasa Arab, Slovak,dan bahasa lainnya.

Berikut ini adalah cara mencari driver komputer serta menggunakan aplikasi program Driver Genius. Jalankan aplikasi Driver Genius yang telah diinstal pada komputer Anda, lalu nanti Anda akan mendapatkan tampilan seperti berikut, untuk mengecek serta memperbaharui driver yang ada pada kompter klik tombol Start Scan lalu klik continue, tapi pastikan dahulu bahwa komputer Anda terkoneksi ke internet.

Cara Mencari Driver Komputer & Notebook dengan Driver Genius

Setelah proses scan selesai maka aplikasi Driver Genius ini akan menampilkan beberapa driver yang sudah lama atau out off update.Lalu jika Anda ingin memperbaharui driver-driver tersebut maka klik tombol Fix Now. Lalu klik Continue.

Cara Mencari Driver Komputer & Notebook dengan Driver Genius

Semua driver-driver tersebut bisa Anda download jika aplikasi Driver Genius ini sudah teregistrasi.
Update drivers
Nanti akan muncul tampilan untuk memasukan kode lisensi yang telah diberikan dan dibeli, lalu klik tombol Register. nantinya program akan meminta untuk menjalankan ulang Driver Genius.

Cara Mencari Driver Komputer & Notebook dengan Driver Genius

Berikut ini adalah tampilan proses dari driver-driver yang sedang Anda download, tunggu hingga download telah mencapai 100% lalu instal satu persatu.

Cara Mencari Driver Komputer & Notebook dengan Driver Genius

Demikianlah cara mencari driver komputer, semoga dengan adanya aplikasi Driver Genius ini akan memudahkan Anda untuk mencari driver-driver komputer yang Anda miliki. [AG]