Mesin Pencari Selain Google

05 Jun 2012 16:00 | Hits: 10483

Daftar Mesin Pencari Selain Google yang Patut Dicoba

Daftar Mesin Pencari Selain Google yang Patut Dicoba

Kebanyakan dari para pengguna internet saat ingin mencari sebuah konten, entah itu berupa file video, musik, referensi untuk belajar, berita dan lain sebagainya pasti jika ditanyakan mesin pencari apa yang mereka gunakan rata-rata di antara mereka akan menjawab Google.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai artikel mesin pencari selain Google, sebelumnya harus dipahami terlebih dulu pengertian dari mesin pencari. Mesin pencari (search engine) merupakan sebuah situs yang menyediakan berbagai macam informasi pencarian data-data yang dibutuhkan para pengguna internet.

Adapun cara kerja dari mesin pencari adalah mereka akan menyalin seluruh halaman (page) dari seluruh situs yang ada diseluruh dunia. Apabila data-data tersebut telah masuk ke dalam database mereka kemudian situs mesin pencari tersebut akan mengolah data-data tersebut menggunakan algoritmanya, dan tentu masing-masing mesin pencari memiliki algoritma yang berbeda-beda. Mesin pencari tersebut akan menampilkan data-data yang sesuai dengan yang diinginkan para pengguna internet.

Agar dapat masuk di halaman pertama sebuah search engine, Anda harus membuat sebuah situs website maupun blog dengan konten yang baik serta memiliki struktur yang disenangi search engine. Istilah Ini sering dikenal orang-orang dengan SEO (Search Engine Optimization) dan banyak para ahli SEO terus mempelajari bagaimana cara kerja algoritma search engine paling populer yaitu Google. Google Search Engine mulai beroperasi pada tahun 1998 oleh Sergey Brin dan Lary Page, mereka adalah para pendiri Google.

Namun pada artikel ini Paseban belum akan membahas mengenai algoritma tersebut melainkan mencari alternatif search engine jika Anda tidak menemukan konten yang Anda inginkan di internet. Berikut ini adalah daftar referensi mesin pencari selain Google tersebut.

Yahoo Search

Merupakan layanan search engine milik perusahaan Yahoo Inc, adapun search engine milik Yahoo ini dirilis pada tahun 1996. Kelebihan dari mesin pencari milik Yahoo dan yang membedakannya dengan yang lain terletak pada fitur shopping, di sini Anda bisa mencari berbagai macam barang dengan harga yang sudah dicantumkan di sana dan tentu Anda dapat membeli barang tersebut secara online.

Bing

Merupakan search engine milik perusahaan Microsoft. Salah satu kelebihannya adalah adanya tampilan foto yang ditampilkan ketika Anda mengunjungi situs Bing. Kelebihan lain dari Bing ini adalah dengan adanya Fitur xRank yang memungkinkan Anda untuk memperoleh data referensi pencarian siapa dan apa kata yang paling banyak dicari oleh pengguna mesin pencari Bing.

Ask

Merupakan sebuah layanan mesin pencari veteran yang populer pada tahun 1996. Ask.com atau yang orang lebih mengenalnya sebagai Ask Jeeves ini telah diakuisisi oleh perusahaan InterActiveCorp (IAC) pada tahun 2005. Ask.com/Ask Jeeves menyediakan layanan yang memberikan fasilitas kepada para penggunanya untuk bertanya dan mendapatkan jawaban yang relevan. Ask.com juga menyediakan layanan pencarian yang lebih lengkap, tidak hanya layanan model Q & A saja, termasuk memberikan layanan hasil pencarian yang berhadapan langsung dengan layanan Google. Jika tertarik Anda bisa mengunjunginya di alamat www.ask.com.

Lycos

Salah satu kelebihan dari search engine Lycos adalah mampu menampilkan thumbnail preview website dari kata yang dimasukkan. Lycos sendiri merupakan mesin pencari yang banyak menekankan pada informasi yang berorientasi pada hiburan dalam arti yang luas. Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini. Anda bisa mengunjungi mesin pencari ini di http://www.lycos.com/.

Web Crawler

Kelebihan dari search engine Web Crawler adalah mampu mencari kata yang dimasukkan ke empat mesin pencari sekaligus dan mesin ini akan mencari meta name yang tertanam di sebuah situs lalu mencari kata yang sesuai dengan top results pada masing-masing search engine tersebut. Pemilik situs mesin pencari ini adalah InfoSpace Inc. yang telah dirilis pada 20 April tahun 1994 lalu dan dibuat oleh Brian Pinkerton. Jika penasaran anda bisa mengunjungi link berikut ini http://www.webcrawler.com/.

Nah, Jika Google tidak dapat menemukan file atau konten yang ingin Anda cari, mungkin search engine alternatif di atas bisa menjadi alternatif untuk dapat menemukan file-file yang Anda cari. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan selamat mencoba. [AG]