Perangkat Lunak Pengolah Angka

03 Jun 2013 09:00 | Hits: 5839

Pilihan Perangkat Lunak Pengolah Angka Selain Microsoft Excel

Pilihan Perangkat Lunak Pengolah Angka Selain Microsoft Excel

Sama seperti ‘saudaranya’ yakni Microsoft Word dan Microsoft Power Point, Microsoft Excel adalah salah satu program komputer yang sangat populer. Excel banyak dimanfaatkan sebagai perangkat lunak pengolah angka. Kemudahan dalam penggunaan membuat program ini banyak digunakan khalayak ramai pengguna OS Windows. Lalu adakah tempat bagi perangkat lunak pengolah angka lain selain Microsoft Excel?

Ada banyak developer yang berdiri saat ini, dan produk yang mereka tawarkan juga bervariasi, termasuk program komputer pengolah angka. Meskipun tetap saja Excel lebih populer, tapi tidak ada salahnya jika Anda juga menggunakan program lain yang sejenis. Berikut ini kami perkenalkan kepada Anda mengenai beberapa perangkat lunak pengolah angka selain Microsofy Excel. Simak selengkapnya:

StarOffice Calc

Untuk yang pertama, kita mulai dengan StarOffice Calc, salah satu perangkat lunak pengolah kata selain Microsoft Excel yang dapat Anda andalkan. Ini adalah salah satu jenis program pengolah angka yang berlisensi open source. StarOffice Calc juga merupakan bagian dari keluarga perangkat lunak OpenOffice.org yang biasa disingkat OO.o atau OOo. Perangkat lunak aplikasi ini dapat Anda jalankan pada berbagai sistem operasi komputer.  

StarOffice Calc ini dapat disetarakan dengan berbagai macam program spreadsheet komersial yang lain seperti Microsoft Excel. Bahkan dari hasil sebuah pengujian salah satu majalah dari Jerman, StarOffice Calc mampu menduduki peringkat yang bagus dan mendapat respon, terutama untuk masalah visualisasi serta kelengkapan untuk jenis fungsi perhitungan maupun analisis. StarOffice Calc saat pengujian tersebut bersaing dengan beberapa perangkat lunak pengolah kata seperti Microsoft  Excel, Lotus 1-2-3, dan Quatro Pro.

Ada beberapa fitur-fitur yang membuat StarOffice Calc cukup bisa diandalkan menjadi perangkat lunak pengolah kata selain Microsoft Excel, diantaranya adalah:

  • Penggunaan teknologi pemakaian intuitif yang berkembang (Improved IntuitiveUse). Karenanya, Calc menawarkan tool serta berbagai opsi fungsi yang diperlukan untuk pekerjakan pengolahan angka.
     
  • Tersedia template baru serta beberapa file contoh, diantaranya adalah file konverter pengukuran unversal (ConventionTable.sdc) yang bisa digunakan guna mengkonversi pengukuran maupun berat dari sistem metrik ke sistem pengukuran US dan British.
     
  • Tersedia fitur Euro Converter AutoPilot baru yang bisa Anda manfaatkan untuk mengkonversi suatu nilai mata uang negara yang dimasukkan ke dalam mata uang Euro.
     
  • Dapat menyimpan spreadsheet kompleks yang diantaranya berisi berbagai data sel, komentar, grafik, maupun objek yang dilink (OLE).

Untuk memilikinya, Anda bisa mengunduh StarOffice Calc pada situs resmi OpenOffice di sini.

Gnumeric

Untuk perangkat lunak pengolah angka selain Microsoft Excel yang kedua adalah Gnumeric. Program pengolah angka ini diklaim ringan, cepat serta lebih akurat. Gnumeric masuk dalam proyek yang digarap oleh developer GNOME Office. Namun perancang utamanya adalah Miguel da Icaza. Gnumeric dapat membaca dan mengedit format dokumen .xls, serta berbagai macam format dokumen lembar kerja umum lainnya. Program ini sudah ada sejak tahun 2001, berlisensi GNU GPL dan dapat Anda jalankan pada berbagai OS seperti Unix-like, dan Microsoft Windows.

Ada banyak fitur dan fasilitas yang dimiliki Gnumerc, dan inilah membuatnya layak diandalkan dalam setiap pekerjaan pengolah angka Anda:

  • Tersedia fitur Autofill dan juga bisa menebak isian secara otomatis serta dapat melakukan parsing isian pengguna menjadi angka dengan format yang diinginkan.
     
  • Tersedia berbagai macam alat bantu untuk melakukan analisis data seperti Korelasi, Kovarian, Anova, Statistika Desktriptif, F-Test untuk dua sampel, sampling, angka acak, serta Z-Test untuk banyak sampel.
     
  • Gnumeric dapat mengimport file dari format milik Excel, xml, html, csv, 1-2-3, GNU Oleo.
     
  • Dapat mencetak dengan header maupun format, dan mengatur format seperti pada program Excel yang meliputi angka, akutansi, mata uang, tanggal, persentase, waktu, scientific, pecahan, teks, dan lain-lain.

Selain itu masih ada banyak fitur utama lain yang dimiliki Gnumeric. Anda bisa mengunduh Gnumeric terbaru versi 1.10.16 pada link ini dengan ukuran file hanya 17.29 MB.

KSpread

Yang terakhir adalah KSpread, salah satu perangkat lunak pengolah angka selain Microsoft Excel. Ini adalah sebuah aplikasi spreadsheet yang menjadi bagian dari KOffice, suatu paket office yang terintegrasi untuk desktop KDE. Beberapa fitur yang dimiliki KSpread diantaranya adalah beberapa lembar kerja dalam satu dokumen, dukungan untuk lebih dari 100 fungsi, template, pemeriksa ejaan, diagram, hyperlink dan pengurutan data serta beragam kemungkinan pemformatan. Anda bisa menjalankan program ini pada OS Windows dan Linux, ini adalah software berlisensi GNU.

Anda bisa mengunduhnya pada situs distribusi perangkat lunak softpedia untuk KSpread versi 1.6.3 dengan ukuran file sebesar 54.40 MB di sini. [ALX]