Cara Mengubah Video Menjadi MP3

31 May 2012 17:00 | Hits: 11855

Cara Mengubah Video Menjadi MP3 dengan Mudah Secara Online Menggunakan Situs SnipMP3

Cara Mengubah Video Menjadi MP3 dengan Mudah Secara Online Menggunakan Situs SnipMP3

YouTube merupakan sebuah situs penyedia video terbesar di internet. Di dalam YouTube, Anda bisa menemukan berbagai jenis file video. Dari video zaman dahulu dengan warna hitam putih, video yang menceritakan tentang sejarah hingga video klip musik.

Berbagai cara untuk mengunduh file video dari YouTube pun bisa dilakukan. Cara mengunduh file video dari YouTube akan lebih mudah jika Anda lakukan di komputer, baik komputer Windows maupun Mac. Cara yang paling mudah adalah memakai software Internet Download Manager atau yang biasa dikenal sebagai IDM. Dengan software ini, pada saat video YouTube muncul, maka akan terdapat link download yang diberikan oleh software ini. Cukup mudah bukan?

Langkah berikutnya, Anda juga bisa memakai jasa situs pengunduh file video dari YouTube. Salah satu situs yang terkenal dengan fitur ini adalah KeepVid. Dengan memakai jasa situs ini untuk mengunduh file video dari YouTube, Anda bisa memilih berbagai jenis kualitas yang ditawarkan. Mulai dari video dengan kualitas tampilan yang buruk hingga video kualitas HD.

Namun, apakah Anda tahu bahwa KeepVid kini menyediakan fitur terbaru dalam mengunduh file video dari YouTube. Saat ini, mereka telah menawarkan jasa untuk download sekaligus menyediakan cara mengubah video menjadi MP3. Langkah ini pun bisa Anda lakukan dengan sangat gampang. Ingin tahu caranya? Simak artikel berikut.

Jika Anda mengunjungi situs KeepVid, maka dan memasukkan sebuah link video YouTube, maka di bagian bawah akan terdapat notifikasi baru. Notifikasi tersebut berupa sebuah link yang menawarkan untuk mengunduh file video dari YouTube berupa MP3. Dan, ketika Anda klik notifikasi tersebut, maka Anda akan dibawa ke sebuah situs bernama SnipMP3.

Mungkin Anda akan bertanya, apa gunanya mengubah file video menjadi file audio MP3? Penyediaan cara mengubah video menjadi MP3 oleh SnipMP3 ini akan sangat berguna bagi Anda penyuka musik. Tak jarang para pecinta musik akan cukup kesulitan untuk menemukan file lagu kesukaannya di internet. Dan, file lagu tersebut ternyata banyak tersedia di YouTube dalam bentuk video.

Selain itu, kelebihan dari fitur yang menyediakan cara mengubah video menjadi MP3 ini adalah permasalahan ukuran file. Kadang kala orang lebih suka dengan file lagu berupa MP3. Alasannya cukup sederhana, dengan file MP3, maka jumlah lagu yang bisa disimpan pun lebih banyak. Bayangkan saja, sebuah lagu hanya memiliki ukuran file maksimum sebesar 10MB. Sedangkan jika menyimpan lagu dalam bentuk video, maka ukuran file akan menjadi dua hingga tiga kali lipat. Tak jarang untuk video HD, ukuran file akan menjadi 10 kali lipat.

Kelebihan lain dari fitur yang ditawarkan oleh SnipMP3 ini adalah Anda tak harus menginstall software apapun untuk mengkonversi sebuah file video menjadi file MP3. Untuk memakai jasa situs ini, Anda hanya memerlukan akses internet. Kecepatan akses internet yang dibutuhkan untuk membuka situs inipun tak terlalu besar. Halaman situs ini tampil dengan desain yang minimalis. Sebagian besar berwarna putih dan minim akan iklan. Dengan desain seperti itu, akses menuju situs ini akan bisa dilakukan dengan gampang. Hal yang perlu Anda perhatikan, situs ini membutuhkan software Java. Jadi, bagi Anda yang belum mengistall software ini, Anda harus melakukannya terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana cara mengunduh sekaligus mengubah video di YouTube menjadi file MP3? Langkah yang harus Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, Anda harus membuka file video di YouTube yang ingin diunduh dan diubah menjadi file MP3. Selanjutnya, Anda bisa meng-copy URL dari video tersebut dan mem-paste-nya di kolom yang disediakan di bagian atas halaman SnipMP3. Selanjutnya, Anda tinggal menekan tombol Convert to MP3 yang terletak di bagian kanan layar.

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, maka akan muncul link download MP3 yang terletak di bagian bawah video. Ukuran file yang dihasilkan pun beragam. Dalam percobaan yang telah dilakukan Paseban, ukuran file berkisar antara 5 hingga 9MB. Dan, kualitas suara yang dihasilkan pun hampir setara dengan kualitas suara dalam file video. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Kunjungi link <www.SnipMP3.com>. [MI]