Bluetooth untuk Laptop

31 May 2012 08:00 | Hits: 32183

Panduan Tentang Penggunaan Bluetooth untuk Laptop

Panduan Tentang Penggunaan Bluetooth untuk Laptop

Penggunaan jaringan nirkabel saat ini telah membuat kabel menjadi suatu barang yang klasik untuk kita temui. Memang pada satu dekade yang lalu kita masih membutuhkan kabel untuk media atau sarana melakukan transfer antar data atau bahkan media berkomunikasi. Salah satu perubahan pada jaringan nirkabel lainnya selain internet adalah Bluetooth untuk laptop.

Cara kerja Bluetooth mengadopsi cara kerja internet nirkabel yang tidak membutuhkan kabel untuk memberikan koneksi internet kepada komputer lain, begitu juga dengan Bluetooth, Bluetooth tidak perlu memerlukan sebuah kabel untuk mengirimkan data antara handset satu dengan handset lain. Perangkat Bluetooth pertama kali populer pada saat ditanamkan pada ponsel-ponsel pintar yang saat ini hampir bisa kita temui di semua jenis ponsel. Seiring berkembangnya teknologi, kini muncul Bluetooth untuk laptop atau perangkat komputer di rumah Anda yang memiliki fungsi sama seperti perangkat Bluetooth pada ponsel Anda, mengirimkan data dengan mengesampingkan penggunaan kabel data.

Pada rubrik kali ini, Paseban akan memberikan ulasan tentang beberapa informasi atau panduan yang berkaitan dengan Bluetooth untuk laptop beserta permasalahan serta penyelesaian tentang penggunaan Bluetooth pada perangkat komputer atau laptop.

Cara Menggunakan Bluetooth untuk Laptop

Bagi laptop Anda yang tidak memiliki perangkat Bluetooth bawaan dari pabrikan laptop Anda, Anda bisa menggunakan Bluetooth eksternal agar bisa menikmati fasilitas Bluetooth pada laptop Anda, dimana perangkat Bluetooth untuk laptop Anda ini berupa perangkat Plug and Play yang tidak membutuhkan driver untuk menggunakan perangkat Bluetooth untuk laptop ini. Berikut cara pemasangan perangkat Bluetooth untuk laptop Anda:

  1. Nyalakan laptop Anda, dan pasangkan perangkat Bluetooth Anda ke port USB laptop Anda dan tunggu hingga muncul notifikasi bahwa perangkat Anda telah mendeteksi perangkat baru.
  2. Klik Icon Bluetooth pada bagian pojok kiri bawah taskbar laptop Anda hingga muncul jendela Bluetooth, lalu klik "œAdd a Bluetooth Device" lalu Anda pergi ke sebuah kotak dialog yang berada pada sebelah kanan yang bertuliskan œ"My device is set up and ready to be found". Centang pilihan tersebut, lalu klik Next.
  3. Perangkat Bluetooth untuk laptop Anda nantinya akan mencari sinyal Bluetooth yang aktif, untuk mencobanya aktifkan Bluetooth pada ponsel Anda.
  4. Setelah perangkat Bluetooth Anda menemukan nama Bluetooth ponsel Anda, klik nama Bluetooth ponsel Anda, lalu klik Next.
  5. Lalu pada layar ponsel Anda akan tertera konfirmasi yang menyatakan tentang izin koneksi menggunakan Bluetooth komputer. Tekan Yes atau OK untuk mengizinkan koneksi dengan Bluetooth Anda, dan nantinya Anda diminta untuk memasukkan passkey ke dalam koneksi Anda.
  6. Setelah Anda memasukkan kode passkey pada ponsel Anda, maka koneksi Bluetooth antara ponsel dan komputer Anda siap untuk digunakan.

Meskipun kini laptop Anda sudah memiliki Bluetooth untuk laptop, namun terkadang Bluetooth ini mengalami masalah yang diantaranya tidak berfungsinya Bluetooth yang terkadang posisi dari Bluetooth ini berada pada posisi disable akibat kesalahan yang tidak disengaja atau mungkin terkadang software yang sedikit mengalami lag. Biasanya hal ini dialami oleh perangkat laptop yang telah memiliki pengaturan Bluetooth di dalamnya, seperti pada Windows 7 yang biasanya terjadi. Untuk mengatasi masalah tidak aktifnya Bluetooth untuk laptop yang berjalan pada sistem operasi Windows 7, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke dalam menu Start, lalu pada kolom search programs and files pada bagian bawah, Anda ketikan service.msc
  2. Setelah jendela service terbuka, maka langkah selanjutnya Anda tinggal mencari Bluetooth service dan Bluetooth Support Service dan perhatikan apakah status pada Bluetooth tersebut dalam keadaan Started atau Disabled
  3. Jika statusnya dalam posisi disable, maka Anda bisa mengaktifkannya dengan cara klik kanan pada Bluetooth service kemudian pilih Start.

Demikian tadi ulasan tentang penggunaan Bluetooth untuk perangkat komputer atau laptop Anda. Semoga ulasan tadi mampu menjawab atau membantu permasalahan tentang Bluetooth yang sedang alami saat ini . [PY]