Cara Menginstal Billing

30 May 2012 09:00 | Hits: 16337

Tahapan Awal Cara Menginstal Billing

Tahapan Awal Cara Menginstal Billing

Billing disini yang dimaksud adalah software tagihan untuk warnet. Setiap client/user computer yang menyala dihitung berdasarkan durasi waktu. Masing-masing pemilik warnet/game online berbeda menentukan besaran nilai harganya per jamnya.

Seandainya tidak menggunakan software billing ini tentu sangat merepotkan sang operator dan pemilik warnet dalam mengelola usahanya. Setiap rincian akan susah terpantau. Namun, dengan adanya system billing yang otomatis setiap waktu dan tagihan akan masuk langsung ke dalam pembukuan yang telah disiapkan oleh system billing tadi.

Seting harga dan paket bisa dilakukan, system billing yang terkenal adalah billing explorer. Hamper setiap warnet menggunakannya.

Banyak keluhan dari beberap pemilik dan operator warnet bagaimana cara menginstal billing di computer server maupun di computer client. Software Billing ini hanya bisa diinstall dan compatible hanya dengan Windows ’95/’98/Me/2000/NT/XP.

Tidak Membebani PC Server & Client, Mampu menerima ratusan koneksi dari komputer Client tanpa harus membebani kerja dari komputer server. Kestabilan dan Sistem keamanan yang tinggi dan telah teruji pada PC’s LAN Games sehingga tidak menyebabkan komputer atau PC menjadi hang (macet).

Fasilitas login Client yang bervariasi, seperti Personal, Member, Pre-Paid, Student, Game, Login Group dan sebagainya.

Report Database, Fasilitas Report Database per hari/bulan/tahun. Merupakan ringkasan laporan yang menampilkan pendapatan masing-masing per operator Report database dapat dicetak ke Printer maupun di save ke File Text. File Report ini juga dapat dikirim melalui Email.

Customize Setting Biaya & Discount Happy Hour, Cara menginstal billing biaya yang dapat di customize serta menentukan beragam jenis tarif dan discount yang berbeda yang dapat diatur pada setiap member, maupun Login lainnya.

Misal Warnet menetapkan perhitungan tarif biaya sbb:

  • 08:00-21:00 Waktu normal Rp 4000/jam
  • 21:00-23:00 discount 25% = (4000 x 75%= Rp 3000)
  • 23:00-04:00 discount 50% = (4000 x 50%= Rp 2000)
  • 04:00-08:00 discount 75% = (4000 x 25%= Rp 1000)
  • Dengan Perhitungan waktu normal sbb:
  • Per 15 Menit = Rp. 1000,-
  • Minimal Pemakaian = 15 Menit = Rp. 1000,-

File Database Report dan File Database Member, menggunakan Data yang telah di Encrypt. File Database hanya dapat dibuka melalui Program Billing Server dengan verify Password Database Administrator. Hanya administrator atau Pemilik yang diberi hak akses dan berhak untuk mengedit file database report.

Auto backup dan Auto Connection, Apabila PC Server atau PC Client mengalami hang (macet), data otomatis akan di back-up. Apabila PC tersebut aktif kembali, secara otomatis akan melakukan connection dan Proses perhitungan akan diteruskan lagi.

Disable CTRl+Alt+Del - TASK MANAGER, BillingExplorer berfungsi untuk mengunci komputer Client dengan cara mematikan fungsi CTRL-ALT-DEL, CTRL-ESC, ALT-Tab ALT-F4, ALT-SPACEBAR-C, TASK-LIST, TASKBAR (Win95 / 98 / Me / NT / 2000 / Xp).

Ganti/Change Operator, Fungsi ini digunakan untuk mengganti operator yang aktif untuk saat ini dengan cara men-scroll atau memilih pada daftar operator.

Bersifat Universal, BillingExplorer sangat cocok digunakan untuk warnet, multiplayer games, rental komputer ( pengetikan ), perpustakaan, kursus maupun bisnis yang lain.

User Friendly, Proses instalasi yang sangat cepat dan mudah (settingless) sehingga mudah dimengerti oleh semua orang maupun operator bisa melakukannya meskipun belum mengenal sama sekali tentang Komputer.

Time Warning from Server, Pengaturan pengiriman pesan peringatan secara otomatis maupun pada durasi tertentu yang dikirim dari komputer server ke komputer terminal baik secara satu persatu maupun keseluruhan.

Time Warning from Client, Pengiriman pesan peringatan secara otomatis maupun pada durasi tertentu yang dikirim dari komputer Client ke komputer server ( operator ) atau peringatan yang digunakan untuk mengingatkan pemakai itu sendiri.

Calculator, Fungsi ini sebagai calculator untuk perhitungan keuangan seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian atau perkalian serta untuk mengurangi sisa jumlah uang yang telah dibayarkan dengan biaya pemakaian internet.

Lock All Client, Fungsi ini akan melakukan Lock (mengunci PC Client) sehingga PC client tidak bisa digunakan untuk Login.

Un-Lock Client, Fungsi ini akan membuka (Un-Lock) PC client yang telah dikunci. Untuk Un-Lock Client, dapat dipilih untuk tiap PC client tertentu atau Semua PC Client.

Jenis Login Client, Fungsi ini secara remote akan mengontrol Login PC Client, sehingga server dapat memilih Login apa saja yang ingin ditampilkan pada PC Client.

Disconnect Client, Apabila user lupa untuk men-disconnect Billing, Maka Server secara remote dapat men-disconnect PC Client. Server dapat men-disconnect untuk tiap PC Client atau untuk Semua PC Client.

Move Client, Pindah tempat dari komputer satu ke komputer yang lain tanpa harus finish sehingga total harga yang pertama akan langsung pindah ke komputer yang kedua.

Shutdown Client, Komputer server dapat melakukan secara remote proses shutdown, restart, log-off PC client Proses ini dapat dipilih untuk satu PC client tertentu atau semua PC Client.

Counter Time, Komputer server dapat melakukan secara remote proses counter time. Fungsi ini sebagai time cuter yang secara otomatis akan men-disconnect PC untuk tiap waktu yang telah disetting sebelumnya.

Messages Server-Client, Mengirim Pesan dari komputer server/operator ke komputer Client, begitu juga antar PC client ke PC client atau dari PC client ke PC server.

Transaksi Penjualan (On-Line), Memasukkan data transaksi penjualan non akses, seperti pembelian makanan, minuman, diskett, jasa scanner, jasa printer dsb. Dimana pembeli makanan tersebut sedang memakai komputer ( on line ) sehingga pencetakan dilakukan dalam satu tagihan bersama billing penyewaan.

Transaksi Penjualan (Off-Line), Proses pemasukan data transaksi penjualan non akses, seperti makanan, minuman, Scan, Print, Pembelian Diskett dan sebagainya dilakukan dalam nota tersendiri.

Stock Data Barang, Persediaan barang ( makanan, minuman, snack, rokok, kertas dll ) dapat dimasukkan pada menu stock yang mana nantinya akan berkurang dengan sendirinya (otomatis).

Autorun at Startup windows Client, Setelah BillingExplorer terinstall dengan sempurna maka secara otomatis akan berjalan dengan stabil pada startup Windows tanpa harus meletakkan pada startup secara manual.

Compatible Semua Proxies, BillingExplorer sangat kompatibel dengan semua jenis proxy maupun ISS seperti winproxy, Winroute, Wingate dan lain sebagainya, sehingga tidak akan terjadi crash, billing tidak jalan ataupun windows anda rusak.

Members Pra-Bayar, System bayar di depan yang bisa di custome berdasarkan tarif maupun jam pemakaian dan secara otomatis men-disable account member yang telah expired yang sebelumnya ada warning terlebih dahulu ke member dan sisa uang masih tersimpan dalam database.

Profile Members, Fasilitas ini memungkinkan pemilik warnet untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dari setiap member, seperti data Nama member, Alamat, Kota, Email, Jumlah Account, Jenis Member dan sebagainya.

Quick Member, System member cepat dimana username dan password di-generate langsung oleh komputer itu sendiri. Ini sering sekali digunakan pada system bayar di depan karena sangat cocok sekali digunakan untuk pemakai Multiplayer Game.

Client Status on Server, Status masing-masing komputer client akan ter-display langsung di komputer server secara realtime seperti durasi, harga, discount, account member, maupun total harga yang harus dibayar.

Charge Status on Client, Status harga, mulai durasi, berapa jam pemakaian, jam berapa mulainya, setiap hitungan berapa menit/detik, berapa total yang harus dibayar akan tampil pada komputer client sehingga user bisa memutus kapan harus finish (selesai).

Member Account, Semua account member bisa di non-aktifkan dari server sehingga account member tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Update Member Accounts, Melakukan pencarian serta update account member dengan cepat dan cukup diketikkan nama member ID tersebut.

Masa Aktif Member, Secara otomatis account member tidak bisa digunakan apabila masa berlakunya sudah habis.

Remote Client, Komputer Server dapat melakukan remote atau melihat aplikasi yang dijalankan oleh tiap-tiap PC Client sehingga Server dapat memantau atau mengontrol penggunaan aplikasi oleh PC Client.

Blocking Internet, Mematikan fasilitas Internet Explorer dan Internet Option sehingga setting proxy maupun setting yang lain tidak dapat dirubah oleh user.

Option Disable Fasilitas Windows, Me-nonaktif-kan fasilitas Windows, seperti Display Vga Control Panel, Network Neighborhood, Windows registry, Windows Property, Menu Run, Command DOS Prompt dan lain-lain.

ON/Off Auto Print, Apabila printer dalam keadaan on maka secara otomatic akan mencetak nota pint out pada kertas kasir.

Remote Kill Applikasi, Menutup serta mematikan (Kill and Destroy) aplikasi ( program ) baik internet maupun non-internet yang ada pada PC client.

Multi Server/User, Program BillingExplorer mempunyai fungsi Multi Server/User sehingga file database baik member maupun report dapat digunakan secara bersama-sama. Pemilik Warnet-Game dapat menempatkan PC server untuk tiap-tiap lokasi ruangan. Setiap ruangan mempunyai 1 kasir (PC Operator), tetapi antara PC operator satu dengan PC-Operator lainnya bisa berhubungan, sehingga data dari masing-masing PC-Operator dapat saling berhubungan.

Support Internet & Multiplayer Online Game, Semua aplikasi yang dijalankan pada PC baik Server maupun Client, dapat berjalan dengan baik. Aplikasi internet seperti browser IE, Netscape, dan Program Chatting lainnya serta aplikasi Multiplayer Game seperti Counter Strike, Nexia, Dsb dapat berjalan dengan baik.

Variasi Biaya System Group, Dengan biaya system group / tabel, Setting biaya menjadi bervariasi dan fleksibel. Biaya bisa disetting dengan waktu minimal tertentu, baik per 1 menit, 5 menit, 15 menit atau di-isi bebas sesuai dengan keperluan. Tiap-tiap biaya system group tersebut dapat pula disetting untuk tiap-tiap login dan tiap-tiap user pemakai. Tersedia juga diskon untuk system group.

Report Data via Web (Web-Base Edition), Program BillingExplorer Versi Web-base Edition Dilengkapi Dengan Fasilitas Report Database to Web. Data-data Seperti User Name, Waktu Start, Durasi, Total Biaya Pemakaian PC Tiap-tiap Client, Nama Operator Dsb. akan dikirim ke Website. Pemilik Warnet - Multiplayer Game Dapat Memantau Database Pendapatan Langsung baik Per-Hari/Bulan/Tahun, dari Lokasi Lain diluar Warnet.

Tidak menyebabkan System #Crash, Program BillingExplorer telah diuji Coba, Baik Pada Semua Jenis Windows serta Mesin CPU untuk merk/type yang berbeda-beda, dan tidak menyebabkan system tersebut menjadi crash-macet-hang. Fasilitas Lain-Lain, Masih Banyak Fasilitas Lain dari Program BillingExplorer Yang Belum Sempat dijelaskan semuanya di website, Tetapi bagi Anda yang Ingin mencari Program Billing untuk System Warnet/Multiplayer Game, Kami menyarankan Sebaiknya Pilihan Pertama Yang Harus Dilakukan untuk Uji Coba adalah Apakah Billing Tersebut Stabil dan cara menginstal billing yang salah menyebabkan System PC menjadi crash-hang-macet, Jika aplikasi billing tersebut dijalankan untuk Waktu yang lama?. [TR]