Cara Kerja Telepon

30 May 2012 08:00 | Hits: 20173

Cara Kerja Telepon Satelit untuk Melakukan Komunikasi

Cara Kerja Telepon Satelit untuk Melakukan Komunikasi

Perkembangan teknologi dewasa ini memang sudah tidak bisa dihindari lagi, setelah penemuan cara kerja telepon pertama yang bernama sound Telegraph oleh Natonia Meucci pada tahun 1871 hingga pengembangan telepon menggunakan sistem wireless yang pertama kali digunakan pada tahun 1915 yang bisa digunakan sebagai media komunikasi antar negara yang berimbas pada perubahan gaya hidup kita akibat perkembangan teknologi yang semakin hari semakin tidak terbendung lagi. Dan mencapai puncak ketika ditemukannya sebuah telepon genggam yang meminimalisasikan alat komunikasi kita kedalam sebuah benda yang memiliki ukuran yang tergolong fleksibel.

Jika pada telepon kita saat ini menggunakan media sinyal atau Base Transcevier Station atau BTS yang terletak di darat, maka ada salah satu alat komunikasi yang menempatkan BTS-nya di udara. Jika telepon genggam mampu melakukan panggilan ke negara lain, maka telepon satu ini mampu melakukan panggilan menuju ke laut lepas yang notabene tidak terjangkau sama sekali oleh adanya sinyal yang dipancarkan oleh BTS.

Cara kerja telepon seperti itu hanya bisa kita dapatkan dengan menggunakan telepon satelit. Telepon satelit sendiri adalah merupakan suatu layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel yang menempatkan BTS pada udara sehingga memiliki jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan telepon yang berjalan pada jalur GSM yang menempatkan BTS-nya di darat.

Penggunaan telepon satelit ini sangat berguna bagi kita yang berada pada sebuah daerah pedalaman, pegunungan hingga laut lepas untuk kepentingan pengeboran minyak. Pada ulasan kali ini, Paseban akan membahas bagaimana cara kerja dari telepon satelit untuk melakukan panggilan menggunakan BTS yang berada di udara yang notabene tidak menggunakan infrastruktur yang Anda di bumi.

Jenis Telepon Satelit

Sebelum mengetahui bagaimana cara kerja dari telepon satelit ini, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis telepon satelit yang dibagi menjadi dua, yang diantaranya:

  • Telepon Satelit Genggam
    Telepon satelit ini merupakan telepon satelit yang memiliki jangkauan yang lebih luas dan harus tetap berada pada luar ruangan. Biasanya jenis telepon ini digunakan oleh petualang, pertolongan darurat dan daerah bencana

  • Telepon Satelit Menetap
    Telepon satu ini berbeda dengan telepon satelit sebelumnya. Telepon ini bisa Anda gunakan di dalam rumah karena memang terpasang pada dalam rumah yang antena dari telepon ini telah terpasang di luar rumah.

Cara Kerja Dari Telepon Satelit

Cara kerja dari telepon satelit ini pada dasarnya sama dengan cara kerja dari telepon genggam dalam melakukan panggilan, namun perbedaannya terletak pada sinyal panggilannya, jika telepon genggam memancarkan sinyal panggilannya kepada sinyal pemancar lalu mengarah ke telepon tujuan, sedangkan pada telepon satelit harus mengirimkan sinyalnya menuju luar angkasa yang nantinya sinyal tersebut akan ditangkap oleh satelit yang nantinya satelit akan mengirimkan sinyalnya kembali menuju antena telepon satelit di bumi. Maka dari itu antena untuk telepon satelit tidak boleh terhalang oleh apapun.

  • Melakukan Panggilan
    Untuk melakukan panggilan menggunakan telepon satelit sama seperti melakukan panggilan pada telepon genggam biasanya, pengguna tinggal memasukkan nomor telepon tujuan lalu tekan tombol call, yang nantinya telepon satelit akan menemukan satelit yang paling dekat dengan telepon asal, lalu mengirim informasi tersebut.

  • Mengirimkan Sinyal dari Luar Angkasa ke Bumi
    Satelit yang menerima informasi panggilan akan mengirimkan panggilan kepada mesin penerima panggilan yang berada di bumi yang paling dekat menggunakan sebuah Gateway. Gateway ini mencoba untuk meneruskan panggilan. Jika pengiriman informasi panggilan tadi gagal, gateway akan mengirimkan sinyal itu kembali ke satelit terdekat yang akan melanjutkan panggilan hingga mencapai salah satu gateway yang mampu melacak penerima. Hal ini tidak hanya terjadi sekali, namun bisa berkali-kali tergantung seberapa jauh lokasi penerima panggilan ini.

  • Proses Terakhir
    Proses terakhir dari panggilan internet ini adalah gateway yang berhasil menerima sinyal panggilan dari satelit tadi akan mengubah format panggilan agar bisa diterima oleh telepon seluler. Jika koneksi dari pengubah format ini belum terbentuk, maka panggilan dari pemanggil kepada penerima tidak akan bisa terlaksana. [PY]