Cara Menginstall Scanner

29 May 2012 18:00 | Hits: 15774

Cara Menginstall Scanner Canon, Epson, dan HP di Komputer Windows

Cara Menginstall Scanner Canon, Epson, dan HP di Komputer Windows

Scanner adalah perangkat yang bisa melakukan pemindaian gambar, teks, tulisan tangan, atau objek dan mengubahnya menjadi gambar digital. Scanner yang paling umum adalah flatbed scanner yang mempunyai permukaan rata tembus pAndang untuk meletakkan dokumen yang ingin dipindai. Untuk menghasilkan gambar dari objek yang dipindai, scanner menggunakan sensor yang disebut dengan charge-coulpled device (CCD). Ini adalah sensor yang biasanya ada pada kamera digital. Tipe lain dari scanner yang bisa ditemui adalah:

  • Handheld Scanner. Sesuai dengan namanya, tipe scanner ini bersifat portable. Ini adalah scanner yang tidak menggunakan motor untuk menggerakkan sensor optik. Untuk memindai, pengguna harus menggerakkannya ke atas benda yang ingin dipindai. Penggunaan handheld scanner untuk keperluan pemindaian dokumen sudah sangat jarang. Namun untuk keperluan pemindaian objek 3D, handheld scanner banyak digunakan. 3D scanner dapat memindai objek 3D dan menghasilkan gambar 2D dari objek tersebut.

  • Sheet Feed Scanner. Jika tipe flatbed mempunyai motor yang bisa menggerakkan sensor untuk pemindaian dokumen, sementara dokumen itu sendiri tetap diam, maka sheet feed scanner adalah kebalikannya. Sheet feed scanner menarik dokumen dari tray untuk kemudian dipindai oleh sensor.

  • Drum Scanner. Ini adalah scanner yang menghasilkan kualitas gambar paling bagus. Tidak seperti flatbed scanner yang hanya mempunyai satu sensor CCD, drum scanner mempunyai beberapa sensor yang tersebar pada drum silinder. Biasanya digunakan oleh perusahaan penerbitan untuk menghasilkan dokumen untuk keperluan percetakan. Semakin besar media cetak, misalnya untuk keperluan percetakan papan iklan berukuran besar, maka memerlukan resolusi yang semakin tinggi pula.

Produsen pembuat scanner biasanya menyebutkan resolusi ketika memasarkan produk mereka. Resolusi adalah ukuran yang menunjukkan detail dari gambar yang dihasilkan oleh scanner. Semakin tinggi resolusinya, semakin tinggi pula detail dari gambar yang dihasilkan. Resolusi diukur dalam satuan dots per inch (PPI), yaitu jumlah kepadatan titik pada luas permukaan 1 inci persegi.

Tipe Scanner dan Proses Instalasi Driver

Berikut ini akan dijelaskan cara menginstal scanner untuk beberapa tipe berbeda:

Canon CanoScan LiDE110

CanoScan adalah produk scanner dari Canon yang menawarkan resolusi 2400 x 4800 dpi. Scanner ini terhubung ke PC menggunakan konektor USB dan tidak perlu menggunakan tambahan power eksternal, karena sudah diperoleh langsung dari kabel USB.

Ketika membeli CanoScan, maka Anda akan memperoleh document kit yang salah satunya adalah driver untuk CanoScan dalam CD-ROM. Masukkan CD-ROM ke dalam CD drive PC Anda. Jalankan aplikasi setup dari CD, tentukan pilihan bahasa, dan tekan tombol Next. Dari menu utama yang muncul, pilih Easy Install dan klik tombol Install untuk memulai instalasi driver. Untuk Windows tersedia wizard yang dapat membantu Anda melakukan instalasi driver langkah per langkah. Driver untuk CanoScan LiDE110 dapat juga diperoleh dari situs Canon di sini.

Epson Perfection V30

Epson Perfection V30 adalah produk scanner dengan harga yang kurang lebih sama dengan Canon CanoScan LiDE110, namun dengan resolusi yang lebih tinggi yaitu 4800 x 9600 dpi. Epson Perfection menggunakan LED sebagai sumber cahaya untuk menerangi dokumen atau objek yang dipindai. LED ini selain menggunakan daya listrik yang lebih rendah juga menghasilkan waktu start up instan. Sehingga ketika dinyalakan, Epson Perfection langsung bisa digunakan.

Sebelum menginstal scanner driver tipe apa saja jangan hubungkan scanner ke PC terlebih dahulu. Masukkan CD Epson ke CD drive dan jalankan aplikasi setup. Pilih bahasa pada jendela Epson Perfection setup yang muncul dan tekan Install. Gunakan pilihan wizard untuk mempermudah instalasi driver. Selanjutnya tinggal ikuti panduan dari wizard. Driver untuk Epson Perfection V30 juga bisa diperoleh dari situs Epson di sini.

HP Scanjet G2410

HP Scanjet G2410 adalah seri flatbed scanner dengan resolusi 1200 x 1200 dpi, scanner ini dapat memenuhi kebutuhan pengguna untuk pemindaian foto, dokumen, gambar, dll. Cara menginstal scanner driver dari HP kurang lebih sama dengan dua produk yang sebelumnya yang dibahas. Dari CD-ROM yang tersedia pada saat pembelian jalankan aplikasi HP Solution Center untuk melakukan instalasi driver. Tekan tombol Agree pada jendela HP License Agreement untuk melanjutkan. Pilih Easy Install dan tekan tombol Install untuk memulai instalasi. Tunggu hingga driver selesai diinstal lalu restart Windows. Driver HP Scanjet G2410 juga bisa diperoleh dari situs HP di sini. [PN]