Cara Menyimpan File

28 May 2012 18:30 | Hits: 13909

Cara Menyimpan File Secara Online di Internet Hingga 25GB, Gratis!

Cara Menyimpan File Secara Online di Internet Hingga 25GB, Gratis!

Pernahkah terpikir ketika tidak memiliki USB/flashdisk, namun Anda ingin menyimpan berbagai jenis file penting seperti back-up untuk tugas sekolah atau file-file skripsi. Tentu jika Anda menyimpannya di komputer akan sangat rawan virus, begitu juga jika Anda menyimpannya melalui flashdisk atau komputer yang mungkin akan terhapus secara tidak sengaja oleh orang-oran yang menggunakan PC atau Notebook Anda.

Jawaban yang paling tepat atas permasalahan tersebut adalah dengan menyimpan file secara online. Pada artikel ini Paseban akan mencoba me-review antara Google Drive dan SkyDrive.

Google Drive

Mungkin di antara Anda masih ada yang belum mengerti dan bertanya-tanya tentang apa itu Google Drive. Google Drive merupakan sebuah layanan cloud milik Google, Google Drive sendiri menyediakan ruang online (online storage) untuk menyimpan berbagai jenis macam berkas file seperti berupa foto, video, berkas kerja, file jenis PDF ataupun file apapun. Berita-berita tentang keberadaan Google Drive sendiri telah beredar selama bertahun-tahun dan nampaknya tahun ini adalah waktu yang tepat bagi Google untuk meluncurkan Google Drive.

Google Drive menawarkan cara menyimpan file online dan juga merupakan jawaban dari Google atas beratnya persaingan cloud untuk pengguna internet yang makin ramai, di mana pasar penyimpanan online saat ini tengah dikuasai oleh Dropbox dan disusul oleh SkyDrive dari Microsoft. Ada pula iCloud dari Apple meskipun masih terbatas hanya untuk pengguna Mac dan produk iOS (update: memiliki client Windows). Yang menarik, Microsoft baru saja memperbarui skema dan tampilan SkyDrive, termasuk space dan pricing.

Perlu diketahui Google Drive sendiri sudah terintegrasi dengan Google Docs, artinya di mana berkas-berkas Anda yang selama ini ada di Google Docs secara otomatis akan disimpan di Google Drive. Google sendiri menyediakan ukuran ruang (spaces) awal yang disediakan secara gratis yaitu sebesar 5Gb, dan jika Anda ingin memperbesar ukuran ruang penyimpanan hingga 1TeraByte maka Anda diharuskan membayar dengan skema pembayaran bulanan. Untuk dapat memperoleh ruang 100GB biaya yang dibayarkan lebih mahal ketimbang SkyDrive, tapi itupun masih lebih murah daripada yang ditawarkan oleh Dropbox. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengunjungi situs resmi Google Drive di https://drive.google.com/start#home.

Apa kelebihan atau keuntungan Google Drive?

• Google Drive sudah terintegrasi dengan akun Google yang sudah ada. Kebanyakan dari Anda yang sudah memiliki akun Google bisa langsung mengaksesnya.

• Pencarian berbagai hal dengan berbagai kata kunci dan metode menjadi lebih mudah.

• Pengguna Android kali ini mendapat prioritas untuk mengintegrasikan Google Drive ke ponselnya.

• Berikutnya pengguna iOS (iPhone dan iPad) akan memperoleh kesempatan serupa. Pengguna Windows dan Mac juga sudah bisa memanfaatkannya dengan ketersediaan aplikasi khusus.

Bagi Anda pengguna Windows atau Mac Anda bisa menunduh aplikasi Google Drive di sini, dan untuk pengguna Android Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store.

Google Drive Review

MICROSOFT SKYDRIVE

Di tengah kegembiraan atas Google Drive, Microsoft baru-baru ini meningkatkan layanan sync online miliknya. Microsoft menambahkan kemampuan untuk menyimpan file secara online dan sinkronisasi di beberapa jenis perangkat seperti dari Desktop Windows maupun OS X milik Apple.

Lima tahun setelah Microsoft memperkenalkan solusi penyimpanan online yaitu pada tahun 2007. Jika Anda sedang mencari layanan baru untuk melakukan sinkronisasi dan menyimpan file di beberapa perangkat dan cloud, Anda harus melirik salah satu layan milik Microsoft ini.

Anda tidak hanya akan mendapatkan ruang lebih banyak dari penyimpanan gratis di SkyDrive, tetapi Anda juga akan mendapatkan fitur yang lebih mudah untuk mengelola dokumen secara online dan juga akan mendapatkan akses jarak jauh gratis untuk PC/Komputer yang berada di rumah ketika Anda membutuhkan beberapa file yang tersimpan di komputer.

Google Drive mungkin menawarkan integrasinya ke Google Docs, namun format file Google Docs tidak menawarkan integrasi yang mendalam. Jika Anda ingin mengedit dokumen, misalnya file Microsoft Office, di Google Documents Anda harus mengkonversi file terlebih dahulu ke format Office tadi. Namun pada Microsoft SkyDrive Anda akan diberikan fitur untuk mengedit berbagai jenis file Microsoft secara online tanpa harus meng-install-nya di PC atau Notebook.

Kelebihan dari Microsoft SkyDrive

• Memiliki kapasistas penyimpanan gratis yang hingga 25GB.

• Mamapu mengedit berbagai jenis file Microsoft (Microsoft Office, Excel, Powerpoint, dan OneNote) secara online tanpa harus meng-install-nya terlebih dahulu.

• Ada fitur untuk membatasi siapa saja orang yg berhak mengakses file milik Anda.

• Mobile Support, bisa digunakan di perangkat Windows Phone, iPhone, iPad, Android, BlackBerry, dan iOS.

• Supoort Remote Access

Jika Anda ingin mengunduh aplikasi ini di PC, Anda bisa mengunduhnya via link ini.

Microsoft Skydrive

Bagi Anda yang menggunakan layanan email dari Microsoft (Hotmail & Windows Live) akan secara otomatis mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 25GB.

Berikut ini adalah Keuntungan menyimpan file secara online

• Anda bisa mengakses file di mana saja.

• Tidak akan khawatir dengan ancaman virus komputer.

• Bisa berbagi file dengan orang lain via internet.

[AG]