Cara Menggunakan Google Map

28 May 2012 17:00 | Hits: 6200

Cara Menggunakan Google Maps Agar Tampil di Halaman Web atau Blog

Cara Menggunakan Google Maps Agar Tampil di Halaman Web atau Blog

Di antara Anda mungkin ada yang sudah mengetahui cara menggunakan Google Maps atapun mungkin masih ada yang kesulitan untuk memasang Google Maps di website maupun blog pribadi. Apa sebenarnya Google Maps dan untuk apa? Paseban kali ini akan membahasnya di sini.

Google Maps merupakan salah satu layanan milik Google yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh orang untuk mencari alamat atau tempat tempat penting. Google Maps menawarkan dua pilihan opsi untuk menampilkan petanya yaitu tampilan dalam bentuk peta (map) atau tampilan dalam pencitraan satelit. Google Maps akan memudahkan Anda untuk dapat melihat penampakan banyak tempat di seluruh dunia dari tampilan satelit. Google Maps juga sangat berguna untuk melihat suatu lokasi di berbagai kawasan di seluruh dunia. mulai dari kawasan kota besar sampai pelosok desa dapat dilihat lokasinya dengan mudah.

Google Maps adalah sebuah aplikasi milik perusahaan Google yang dirilis pada tanggal 8 Februari 2005, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, kini Google Maps dapat diakses secara mobile dari berbagai macam vendor smartphone terkenal seperti Android, Blackberry, Windows Phone, iPhone, iOS dan berbagai macam aplikasi mobile lainnya.

Kelebihan dan Manfaat Memasang Google Maps

• Akan memudahkan pengunjung untuk mengetahui dimana lokasi bisnis, restoran, alamat rumah serta tempat-tempat lainnya.

• Para pengunjung dengan menggunakan aplikasi mobile akan mendapatkan petunjuk dari Google Maps, karena Google Maps sendiri menyediakan fitur Get Direction.

• Google Maps akan terus diperbaharui, maka dari itu jangan khawatir jika tersesat ataupun kehilangan arah saat berpergian, Google Maps akan menuntun Anda sampai lokasi tujuan.

Untuk dapat memasang serta menampilkan peta dari Google Maps pada blog maupun website yang kita miliki sangatlah mudah, tidak diperlukan keterampilan khusus. cukup memasukkan kata kunci lokasi atau daerah yang Anda maksudkan, kemudian copy paste HTML Code yang sudah disediakan.

Cara menggunakan Google Maps dan menampilkan peta Google Maps di blog dengan mudah adalah sebagai berikut:

  1. Buka alamat situs resmi Google Maps di situs <www.maps.google.com> dan masukkan kata kunci lokasi yang ingin Anda cari, pastikan menulis lokasi dengan benar dan secara otomatis Google Maps akan memberikan saran lokasi yang mungkin Anda maksud.

  2. Jika lokasi atau tempat yang Anda cari telah ditemukan oleh Google Maps, maka coba lihat simbol link yang terdapat pada pojok kanan atas (gambar bisa dilihat di bawah), klik simbol tersebut dan muncul HTML code lokasi yang sudah Anda cari.

  3. Copy dan Paste HTML code tadi, dan peta lokasi dari Google Maps sudah muncul di blog ataupun di website milik Anda.

  4. Supaya cocok dilihat pada website ataupun blog Anda, sesuaikan tampilan Google Maps yang ingin dipasang dengan merubahnya dengan cara mengganti angka yang tercantum di kode HTML tersebut (width dan height).

Cara Menggunakan Google Maps Agar Tampil di Halaman Web atau Blog

Jika Anda ingin melihat preview-nya terlebih dahulu, silahkan klik tulisan Customized and embedded map pada kotak dialog, jika ingin langsung memasang tanpa mengeditnya terlebih dahulu dengan settingan default ukuran Google Maps, kawan bisa meng-copy kode HTML dari Google Maps atau jika ingin menyesuaikan bisa klik Customized and Preview embedded Map. Anda pun bisa melihat gambar foto dari lokasi yang dicari, foto tersebut dapat berupa gedung, taman, maupun tempat favorit lainnya.

Paseban menyarankan penggunaan fitur Google Map ini bisa Anda gunakan terutama untuk blog atau website Anda yang beriis tentang pencarian lokasi atau tempat-tempat tertentu, ini bisa membuat pembaca blog atau website Anda lebih mudah dalam melakukan pencarian lokasi seperti apa yang blog Anda jelaskan. [AG]