Recovery Data Memory Card

28 May 2012 16:30 | Hits: 11259

Cara Mudah Recovery Data Memory Card dengan Recuva

Cara Mudah Recovery Data Memory Card dengan Recuva

Recuva adalah aplikasi recovery data yang mampu mengembalikan data yang secara tidak sengaja terhapus dari memory card dan hard disk. Aplikasi ini mempunyai antarmuka yang mudah digunakan. Tersedia juga fitur wizard yang dapat memandu pengguna langkah per langkah dalam proses recovery data.

Sebenarnya, meskipun Anda telah menghapus suatu data, apakah itu dari memory card ataupun hard disk, data tersebut belum hilang sepenuhnya. Sistem operasi yang Anda gunakan hanya menghapus referensi yang menunjukkan lokasi data di tempat penyimpanan. Jadi datanya masih ada, hanya saja sistem operasi tidak punya lagi referensi ke lokasi tersebut. Asalkan data yang hilang belum ditimpa oleh data yang lain, maka kemungkinan besar data Anda masih bisa dikembalikan. Recuva mendukung file systems FAT yang umum digunakan pada memory card dan juga NTFS yang biasanya digunakan oleh sistem operasi Windows untuk mengelola data di hard disk.

Jika Anda belum mempunyai aplikasi Recuva di PC, Anda bisa mengunduhnya melalui situs ini <www.piriform.com/recuva>. Aplikasi ini berukuran kecil, tidak sampai 2,5MB. Setelah selesai diunduh, klik berkas installer Recuva tersebut untuk memulai proses instalasi dan ikuti panduan instalasinya.

Ketika pertama kali menjalankan Revuca, Anda akan menemui jendela wizard. Anda bisa menggunakan wizard yang memandu Anda dalam proses recovery atau menekan tombol Cancel dari jendela wizard untuk menggunakan antarmuka utama Recuva. Untuk lanjut menggunakan wizard, klik tombol Next untuk menjutkan wizard. Jendela selanjutnya yang ditampilkan oleh wizard akan menanyakan jenis berkas yang ingin Anda recovery. Ada beberapa berkas yang bisa dipilih dari Recuva wizard:

• Pictures.

• Music.

• Documents.

• Video.

• Compressed –Berkas arsip seperti .ZIP dan .RAR

• Emails –Recuva akan mencari email yang terhapus dari aplikasi email client, seperti Microsoft Outlook atau Thunderbird.

• Other –Recuva akan mencari semua berkas yang terhapus apapun jenisnya.

Jika Anda ingin mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus, pilih saja Pictures lalu pilih tombol Next. Selanjutnya jendela wizard akan bertanya dimana lokasi berkas yang ingin Anda recovery. Karena Anda ingin melakukan recovery data memory card, maka pilihlah On my media card or iPod. Segera setelah Anda menekan tombol Next, Recuva akan mulai memindai memory card yang sudah terdeteksi di PC. Jika Anda belum menghubungkan memory card ke PC apakah dari ponsel menggunakan kabel data atau menggunakan card reader, masukkan terlebih dahulu lalu coba lagi. Recuva akan menampilkan apa saja data yang sudah terhapus dan masih bisa Anda recovery.

Pilihan media yang bisa dipilih dari Recuva wizard:

• I’m not sure –Gunakan pilihan ini jika tidak ingat dimana lokasi berkas yang ingin Anda recovery. Sebaiknya pilihan ini dihindari, karena bekerja lebih lambat dari pilihan yang lain.

• On my media card or iPod –Recuva akan mencari di removable media, seperti flash disk dan memory card.

• In My Documents.

• In the Recycle Bin.

• In a specific location –Jika ingin mencari di folder spesifik, maka gunakan pilihan ini untuk membatasi pencarian.

Beri tanda centang pada berkas yang ingin Anda peroleh kembali dan tekan tombol Recovery yang ada dibagian bawah kanan jendela. Setelah menekan tombol Recovery, Recuva akan bertanya di mana Anda ingin menyimpan berkas yang ingin diselamatkan. Pilihlah lokasi penyimpanan dan tekan tombol OK untuk memulai proses recovery data memory card. Jika berhasil mengembalikan data yang hilang, maka selanjutnya akan muncul pesan jumlah data yang berhasil diselamatkan berikut dengan lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan recovery.

Recuva dikembangkan oleh Piriform, pengembang perangkat lunak berbasis di Inggris. Mereka mengembangkan beberapa aplikasi gratis yang beberapa di antaranya seperti CCleaner telah memperoleh beberapa penghargaan. Produk yang ditawarkan oleh Piriform mempunyai kualitas yang sangat baik dan telah memperoleh sertifikat kompatibilitas dengan Windows 7. Jika ada perusahaan atau organisasi yang membutuhkan dukungan teknis mengenai produk mereka, maka perusahaan atau organisasi tersebut bisa membayar dukungan komersial yang disediakan oleh Piriform. [PN]