Setting Router Linksys

24 May 2012 18:00 | Hits: 7802

Cara Setting Router Linksys WRT54G

Linksys adalah produk dari Cisco untuk konsumen rumahan dan Small Office/Home Office (SOHO). Cisco adalah perusahaan perangkat keras jaringan kelas enterprise. Produk mereka telah digunakan oleh berbagai Internet Service Provide (ISP) dan juga perusahaan telekomunikasi lainnya untuk melayani kebutuhan jaringan pelanggan mereka. Sementara untuk konsumen di luar enterprise, nama Cisco tidak begitu setenar Linksys. Ini adalah alasan kenapa Cisco membeli dan masih mempertahankan merek ini, meskipun di masa yang akan datang mereka berencana untuk menyatukan semua produk mereka baik untuk konsumen rumahan atau enterprise ke dalam satu merek: Cisco. Agar Cisco lebih dikenal oleh konsumen rumahan, pelan-pelan Cisco memperkenalkan nama mereka dengan menambahkannya menjadi "Linksys by Cisco”.

Pada artikel ini Paseban akan menjelaskan bagaimana cara setting router Linksys WRT54G. Ingat, Linksys WRT54G adalah wireless router bukan wireless router + modem. Artinya, agar terhubung ke Internet Anda membutuhkan modem. Jika sudah mempunyai modem, misalnya modem Speedy dan ingin membagi koneksi Internet ke perangkat mobile (ponsel, laptop dan lain-lain), maka Anda bisa menambahkan wireless router.

Ada beberapa produk router yang ditawarkan Linksys. Sayangnya, antarmuka yang digunakan untuk konfigurasi router Linksys bisa berbeda tergantung dari tipe produknya. Beberapa router mempunyai menu administrasi yang sama dengan Linksys WRT54G. Jika tidak yakin, Anda bisa membuka kembali manual dari router Linksys yang Anda gunakan.

Buka browser pilihan Anda dan ketikkan 192.168.1.1 pada address bar. Nomor tersebut adalah alamat IP default untuk router. Linksys akan menampilkan halaman login untuk masuk ke halaman administrasi router. Masukkan admin di kotak username dan admin juga sebagai password. Setelah mengisi username dan password tekan tombol OK.

Setelah berhasil masuk ke halaman administrasi, klik tab Setup. Pada bagian Basic Setup ubah setting router Linksys seperti berikut ini:

  • Automatic Configuration-DHCP: Untuk menghasilkan alamat IP yang digunakan oleh perangkat mobile secara dinamis.

  • Router Name: Nama yang digunakan untuk mengidentifikasi router. Nama ini akan muncul pada daftar wireless network yang ada pada perangkat mobile.

  • Host Name dan Domain Name: Kedua ini bisa dikosongkan.

  • Local IP Address dan Subnet Mask: Ini adalah alamat IP dari router.

  • DHCP Server: Pilih Enable.

  • Starting IP Address: Isi dengan 192.168.1.2

  • Maximum Number of DHCP Users: Maksimal jumlah alamat IP yang bisa dihasilkan oleh DHCP untuk subnet mask 255.255.255.0 setelah dikurangi alamat jaringan, broadcast, dan router itu sendiri adalah sebanyak 253. Ini artinya router bisa melayani perangkat wireless seperti laptop sebanyak 253 unit.

  • Static DNS: Alamat server DNS Telkom Speedy dan lainnya bisa dilihat di sini.

  • WINS: Ini bisa dikosongkan.

  • Time Zone: Untuk Indonesia bagian barat pilih GMT+7.

Selanjutnya pindah ke konfigurasi wireless dengan mengklik tab Wireless. Sebagian besar router Linksys dilengkapi dengan fitur wireless. Pada bagian Wireless Security masukkan Pashphrase pilihan Anda. Passphare digunakan oleh perangkat mobile seperti laptop untuk terhubung ke Internet melalui router. Hanya ada sejumlah kecil router Linksys yang tidak dilengkapi fitur Wireless. Jika Anda mempunyai router dengan tipe tersebut, langkah ini bisa dilewati. Jika sudah, simpan konfigurasi dengan menekan tombol Save Settings.

Menggunakan CD Untuk Setting Router Linksys

Cara lain untuk melakukan setting router linksys adalah dengan menggunakan CD bawaan yang terdapat bersama router pada saat pembelian. Pada router Linksys terbaru CD ini disebut dengan Cisco Connect CD. Setiap CD bersifat unik, dalam arti CD untuk satu router hanya bisa digunakan untuk router tersebut, tidak bisa digunakan untuk router lain meskipun tipenya sama. Ini bukan untuk menyusahkan Anda, tapi ini untuk keamanan.

Masukkan CD ke CD drive PC dan pada jendela yang keluar, klik pilihan Set up your Linksys Router. Jika fitur autorun untuk CD drive dimatikan, Anda harus membuka CD drive secara manual dan mengklik ikon Setup untuk menjalankan Cisco Connect CD. Ikuti panduan dan berikan informasi yang diminta seperti pada saat konfigurasi melalui browser.

Mengubah Default Username dan Password untuk Router

Untuk alasan keamanan, sangat disarankan untuk mengubah default password untuk router. Dengan begitu hanya Anda atau orang-orang yang mengetahuinya yang bisa mengakses halaman administrasi router. Ingat, ini adalah password untuk router bukan password dari Speedy.

Cara Setting Router Linksys WRT54G

Dari halaman administrasi buka tab Administration. Pada bagian Management gantilah Router Password. Konfirmasi dengan mengisi password sekali lagi pada kotak Re-enter to confirm. Ingatlah password ini dan jangan berikan pada orang lain. Simpan konfigurasi dengan menekan tombol Save Settings. Sekarang untuk melakukan konfigurasi router, sudah bisa menggunakan password baru bukannya default password dari pabrik. [PN]