Transfer File via FTP

23 May 2012 19:00 | Hits: 5365

Cara Mudah Transfer File via FTP

Cara Mudah Transfer File via FTP

Apa yang Anda lakukan jika Anda ingin melakukan transfer file dari PC ke handphone atau sebaliknya? Ya, cara yang biasa dilakukan banyak orang biasanya hanya dengan menggunakan kabel data dari ponsel tersebut. Bahkan yang lebih mudah, Anda hanya tinggal melakukan proses transfer file via Bluetooth.

Namun pernahkah Anda berada di posisi yang sedang tidak memiliki keduanya? Kabel data tertinggal, atau tidak adanya Bluetooth pada PC Anda. Jika Anda merasa pernah berada dalam situasi tersebut, maka Anda perlu transfer file via FTP. Bagaimana caranya? Yang Anda butuhkan hanya jaringan internet yang memiliki protokol sendiri, seperti WiFi.

Sebelum lebih jauh perlu Anda ketahui sebelumnya apa itu FTP? FTP merupakan kependekan dari File Transfer Protokol. FTP secara garis besar adalah protokol yang diciptakan untuk menyamakan kode-kode komunikasi dalam sebuah jaringan yang berfungsi untuk mentransfer file. Proses transfer file via FTP menggunakan TCP (Transfer Control Protocol) atau IP (Internet Protocol).

Proses transfer file via FTP memerlukan kerjasama FTP client dan FTP server. FTP client adalah suatu aplikasi yang bisa mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server. Sedangkan FTP sever adalah yang menjalankan perintah-perintah dari FTP client. Nah dalam proses transfer file ini, Anda bisa menggunakan perangkat apapun asalkan memiliki IP.

Jika Anda pengguna Android, maka unduh terlebih dahulu File Expert di Google Play Store. File Expert merupakan aplikasi manager yang juga bisa membantu Anda melakukan transfer file via FTP. Selain itu, banyak fungsi lain di File Expert yang bisa memudahkan kita dalam mengatur file di Android. Aplikasi ini juga tanpa iklan sehingga cukup nyaman untuk digunakan.

Setelah menginstal aplikasi File Expert di Android Anda, maka langkah selanjutnya untuk melakukan transfer file via FTP adalah mengunduh dan menginstal software FileZilla di perangkat PC Anda. Download FileZilla di sini. Setelah selesai men-download dan meng-install FileZilla, lakukan langkah-langkah di bawah ini.
Buka File Expert, klik menu=> More=> Settings. Pada tampilan selanjutnya pilih FTP Settings=> FTP Server Settings. Pada bagian ini, isi FTP User Name dan FTP Password sesuai yang Anda inginkan. Jika sudah maka kembali ke menu utama dengan menekan tombol back pada perangkat Android Anda.

Langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan perangkat Android Anda dengan PC. Pada File Expert terbaru, Anda hanya tinggal memilih menu Share My Contents di menu utama. Setelah itu, pilih Start Share via FTP. Jika tidak ada, maka pilih menu utama lalu pilih More. Selanjutnya cari Show Toolbar dan pilih Share.

Untuk selanjutnya, beralihlah ke perangkat PC Anda. Buka FileZilla Anda lalu pilih File. Selanjutnya pilih Site Manager dan New Site. Isi kolom tersebut sesuai dengan data di Android Anda. Host merupakan alamat IP Anda. Pada Logon type, pilih normal lalu isi username dan password sesuai dengan yang telah Anda buat di perangkat Android Anda.

Jika langkah transfer file di atas sudah Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan keduanya. Klik tombol di bawah menu file pada FileZilla di perangkat PC Anda. Jika sudah terkoneksi, maka Anda akan melihat tampilan file manager Android dan PC Anda.

Langkah terakhir, cari file yang ingin Anda transfer dari PC ke perangkat Android Anda. Setelah menemukannya, drag saja lalu drop di direktori Android yang Anda inginkan. Pada layar PC Anda, Anda bisa melihat persentasi file yang sedang ditransfer seperti saat sedang melakukan proses transfer file via Bluetooth maupun kabel data. Bagaimana cukup mudah bukan? Selamat mencoba. [ZH]