Fungsi Tripod Kamera

23 May 2013 22:00 | Hits: 5307

Kegunaan dan Fungsi Tripod Kamera Digital

Kegunaan dan Fungsi Tripod Kamera Digital

Untuk apa repot-repot menambah aksesoris dan perangkat pelengkap kamera jika hanya dengan kamera saja Anda sudah bisa memotret. Mungkin pernyataan tersebut pernah Anda dengar, dan tidak ada yang salah juga dengan kalimat tersebut. Ada sebagian orang yang memang tidak merasa memerlukan perlengkapan fotografi lain seperti Tripod. Tapi apakah Tripod hanya berguna sebagai penyangga saja? Lalu apa saja kegunaan dan fungsi Tripod kamera digital?

Sebelum membahas lebih jauh tentang kegunaan dan fungsi Tripod kamera, perlu Anda ketahui bahwa Tripod atau biasa disebut Kaki Tiga merupakan salah satu aksesoris tambahan kamera, berbentuk stan guna menopang body kamera. Ada banyak macam jenis Tripod dan begitu juga kegunaannya. Seperti apa fungsi dan kegunaan Tripod kamera? Apakah hanya sebagai penopang saja?

Mengurangi kelelahan menopang beban kamera

Seri apa kamera DSLR Anda? Seperti yang diketahui bahwa semakin mahal kamera DSLR, biasanya semakin besar ukurannya dan semakin berat pula bobotnya. Untuk DSLR Body Only saja sudah berat apalagi ditambah dengan perangkat lensanya. Fotografer pro atau bahkan amatir saat ini sudah banyak melakukan upgrade lensa dengan berbagai ukuran. Untuk lensa di atas 105mm tentunya memiliki ukuran besar dan lebih berat dari pada lensa kit. Disinilah fungsi Tripod kamera, di mana Anda bisa lebih bersantai dalam memotret. Rasa pegal pun bisa terkurangi.

Berguna untuk pemotretan long exposure atau shutter speed rendah

Aturlah kamera Anda dengan kecepatan rana (shutter speed) rendah, contohnya 1/10 detik, 3 detik atau bahkan 25 detik. Setelah itu, potretlah dan lihat hasilnya. Gambar pasti akan mengalami kekaburan, tidak fokus, blur dan sangat tidak memuaskan. Hal itu bukan karena kamera Anda bermasalah, melainkan tidak kuatnya tangan Anda menopang kamera saat digunakan memotret dengan kecepatan rana sangat rendah. Padahal ada banyak sekali variasi foto yang dapat diciptakan dengan kecepatan rana yang rena, seperti efek bulb pada malam hari dan landscape air yang akan terlihat dramatis.

Salah satu cara untuk mengatasi efek blur dan tidak fokus dalam pemotretan kecepatan rana renda adalah dengan menggunakan Tripod. Alat ini mampu membantu kamera Anda berdiri dengan stabil tanpa goncangan dan nantinya Anda akan menghasilkan gambar yang bagus. Tidak masalah tanpa menggunakan Tripod jika Anda menggunakan shutter speed tinggi.

Membantu mencapai angle sulit dalam pemotretan Landscape

Bagi Anda pecinta fotografi Landscape, Tripod adalah salah satu aksesoris kamera yang terpenting. Tripod sangat diperlukan guna melakukan kompoisisi angel maupun aturan rule of third. Selain itu Tripod juga berfungsi untuk menahan getaran atau membantu fotografer mengambil gambar tempat-tempat yang tidak dapat dicapai oleh sang juru gambar.

Membantu dalam menghasilkan foto HDR

Fotografi HDR (High Dynamic Range) adalah salah satu teknik fotografi yang cukup merepotkan dalam pembuatannya. Selain dengan memotret, Anda juga harus mengolahnya dengan software editing. Biasanya untuk membuat foto HDR, Anda setidaknya harus memotret 3 kali atau lebih pada posisi yang sama namun dengan komposisi pengaturan exposure yang berbeda. Dapatkah Anda melakukan hal ini tanpa Tripod? Bisa dipastikan Anda tidak akan bisa setepat mungkin memotret pada posisi yang sama persis tanpa penyangga kamera. Jika bergeser sedikit saja, bisa dipastikan pembuatan foto HDR akan berantakan.

Untuk pemotretan fotografi Makro

Untuk menghasilkan foto makro yang bagus, tidak hanya dengan lensa makro saja. Anda bisa menggunakan Tripod karena pada pemotretan benda kecil kamera kita rawan goncangan. Memang saat ini kebanyakan DSLR sudah disertai fitur stabilizer baik jenis VR maupun IS, namun tidak tidak terlalu membantu.

Untuk pemotretan dengan fitur Timer

Saat Anda bersama kekasih sedang pergi berlibur ke sebuah tempat wisata, apakah Anda akan terus-menerus meminta orang lain untuk memotret Anda berdua? Kamera Anda pastinya memiliki fitur Timer di mana shutter akan otomatis memotret dalam waktu tertentu. Gunakan fitur tersebut dan pasangkan kamera pada Tripod, alhasil Anda akan menghasilkan foto yang diinginkan tanpa harus meminta orang di sekitar untuk memotret.

Mempertajam gambar saat melakukan focal length panjang

Betapa sulitnya menghasilkan foto yang tajam dan fokus jika Anda melakukan perbesaran yang mencapai angka lebih dari 200mm. Gerakan tangan Anda mengganggu kamera dalam menghasilkan foto yang tajam. Untuk itu lebih baik gunakan Tripod. Penggunaan focal length panjang biasanya dilakukan untuk pemotretan satwa liar, olahraga dan lain-lain.

Demikian beberapa fungsi dan kegunaan Tripod. Jangan ragu untuk membelinya, lagipula ada banyak Tripod yang harganya hanya 100ribu saja.