Cara Menjadikan Hp Sebagai Modem

23 May 2012 15:00 | Hits: 6075

Cara Menjadikan Hp Sebagai Modem Untuk Nokia Symbian S^3

Cara Menjadikan Hp Sebagai Modem Untuk Nokia Symbian S^3

Kebutuhan akan internet menjadi hal yang sangat penting pada zaman sekarang. Dengan adanya internet, maka alur informasi akan semakin cepat. Tak hanya itu, dengan penggunaan yang tepat, internet dapat meningkatkan kinerja seseorang. Tak heran jika banyak orang yang merasa bahwa dirinya harus terus terhubung ke internet sepanjang hari.

Apabila Anda termasuk orang demikian, modem saat ini bisa diperoleh dengan sangat murah. Mulai dari harga 200 ribu, hingga 100 ribuan. Tak hanya itu, Anda juga bisa membuat langkah alternatif dengan cara menjadikan hp sebagai modem. Nah, kali ini Paseban akan memberikan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dalam cara menjadikan hp sebagai modem, utamanya adalah handphone Nokia dengan sistem operasi Symbian S^3. Beberapa contoh handphone Nokia dengan sistem operasi Symbian S^3 antara lain adalah Nokia N8, Nokia X7, Nokia E6 dan sebagainya.

Berikut ini adalah langkah - langkah yang perlu Anda lakukan:

Langkah Persiapan

Tahap demi tahap dalam cara menjadikan hp sebagai modem kali ini, Anda terlebih dahulu harus menyiapkan beberapa hal, di antaranya:

  1. Handphone Nokia dengan sistem operasi Symbian S^3. Handphone Nokia ini tentu saja akan digunakan sebagai perangkat utama untuk terkoneksi dengan internet.

  2. Sebuah komputer desktop ataupun laptop.

  3. Kabel data USB, atau bisa juga digantikan dengan Bluetooth jika komputer milik Anda mendukung. Namun, pihak Nokia lebih menganjurkan untuk menggunakan sambungan kabel data USB dibandingkan dengan Bluetooth. Alasannya pun sederhana, dengan menggunakan kabel data USB, maka koneksi akan lebih cepat dan lebih bisa diandalkan.

  4. Dan yang terakhir adalah software Nokia PC Suite. Software ini berguna sebagai penghubung komunikasi antara handphone Nokia dengan sistem operasi Symbian milik Anda dengan komputer. Tanpa software asli dari Nokia ini, maka handphone Anda tidak akan dikenali oleh komputer.

Langkah Pelaksanaan

  • Langkah berikutnya dalam cara menggunakan hp sebagai modem adalah langkah pelaksanaan. Dalam langkah ini, Anda harus memastikan bahwa handphone yang akan digunakan sudah terisi SIM card dan tidak dalam keadaan offline. Selain itu, komputer atau laptop yang ingin Anda gunakan haruslah sudah ter-install software Nokia PC Suite. Jika belum, Anda bisa mengunduh software khusus handphone Nokia ini di http://www.nokia.com/id-id/dukungan/produk/nokia-pc-suite/. Sebagai catatan, software Nokia PC Suite ini hanya bekerja untuk komputer dengan sistem operasi Windows, baik Windows XP, Windows 7 ataupun Windows Vista. Selain itu, aplikasi ini juga berguna ketika Anda menginginkan untuk transfer file dari komputer ke handphone Nokia. Jenis file yang bisa ditransfer pun beragam, mulai dari file musik, file video, hingga file berupa gambar.

  • Setelah Anda memiliki atau sudah meng-install software Nokia PC Suite, selanjutnya Anda tinggal menghubungkan handphone Nokia Anda dengan komputer melalui kabel data USB ataupun Bluetooth.

  • Setelah handphone tersambung dengan laptop atau komputer, pastikan handphone dalam mode Nokia Ovi Suite.

  • Anda bisa memeriksa hal ini dengan cara mengeceknya dalam Menu=> Pengaturan=> Konektivitas=> USB. Selanjutnya, terima permintaan instalasi apapun yang ada di handphone.

  • Berikutnya, pada Nokia Suite pilih Peralatan=> Sambungkan ke Internet.

  • Kini, Sambungan internet telah dibuat dengan menggunakan handphone Nokia Anda. Untuk memutuskan sambungan, pilih Peralatan=> Putuskan pada Nokia Suite.

Jika sambungan internet yang Anda lakukan gagal, Anda bisa memeriksa sambungan dalam menu Nokia Suite, Peralatan=> Pilihan=> Sambungkan ke Internet. Anda pun bisa memilih operator jaringan dari daftar, atau jika Anda tidak menemukan jaringan operator yang diinginkan, Anda bisa menggunakan pengaturan secara manual.

Ketika Anda langsung melakukan sambungan internet tanpa pengaturan GPRS di handphone, tentunya tarif internet yang Anda bayar akan sangat mahal. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum melakukan sambungan internet, Anda harus memilih paket internet yang ditawarkan oleh tiap-tiap operator. Dengan adanya paket internet tersebut, Anda bisa memperoleh akses internet dengan sambungan tak terbatas yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Selamat mencoba! [MI]