Tes Kecepatan Internet

23 May 2012 12:30 | Hits: 18087

Ayo, Tes Kecepatan Internet Anda

Ayo, Tes Kecepatan Internet Anda

Ada banyak penyedia jasa Internet di Indonesia. Mulai dari koneksi kabel seperti ADSL hingga yang wireless seperti yang ditawarkan oleh berbagai operator seluler. Kecepatan dan harga yang ditawarkan pun bervariasi. Untuk menentukan apakah suatu layanan mempunyai kualitas koneksi yang baik, Anda dapat melakukan tes kecepatan Internet yang ditawarkan oleh speedtest.net secara gratis.

Untuk melakukan tes kecepatan koneksi Internet, kunjungi saja situs speedtest.net dan mulai tes dengan menekan tombol Begin Test. Situs speedtest.net akan menentukan secara otomatis lokasi host terdekat dengan tempat tinggalmu dan melakukan tes kecepatan Internet dari lokasi tersebut. Seandainya Anda ingin menggunakan lokasi berbeda untuk tes kecepatan koneksi Internet, maka pilih saja host pilihanmu. Untuk Indonesia ada beberapa host yang tersebar di beberapa lokasi, seperti di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Hasil Tes Kecepatan Internet

Segera setelah Anda menekan tombol Begin Test, speedtest.net akan memulai tes kecepatan Internet. Hasil tes kecepatan koneksi Internet akan ditampilkan tidak lama setelah itu. Hasil tes kecepatan koneksi Internet dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Download Speed, Upload Speed, dan Ping.Kecepatan dihitung dalam satuan Mega bits per second (Mbps), sementara tes ping ditampilkan dalam satuan miliseconds (ms). Dengan menggunakan speedtest.net, Anda dapat melakukan verifikasi kecepatan yang dijanjikan oleh penyedia jasa Internet.

tes kecepatan koneksi Internet hanyalah satu cara untuk menilai kualitas koneksi. Ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan seperti tes ping. Tes ping dapat menentukan kelancaran koneksi, seperti memberikan statistik mengenai berapa banyak paket data yang gagal dan harus dikirim ulang. Meskipun koneksi cepat, tapi kalau banyak paket yang gagal kirim, maka dapat mempengaruhi kualitas koneksi secara keseluruhan. Jadi tes kecepatan internet bukanlah ukuran absolut. Situs speedtest.net secara otomatis akan mengetes ping selain dari tes kecepatan koneksi Internet itu sendiri.

Perbandingan Tes Kecepatan Internet dengan Pengguna Lain

Agar hasil tes kecepatan Internet yang telah Anda lakukan dapat tersimpan, sehingga dapat dibandingkan dengan hasil tes yang mungkin Anda lakukan nanti, Saya sarankan untuk mendaftar ke speedtest.net. Hasil tes kecepatan koneksi Internet yang sudah disimpan ditampilkan dalam tabel. Pada tabel ini, Anda bisa melihat perbandingan kecepatan download, upload, begitu juga dengan perbandingan host yang Anda gunakan.

Disebelah kanan tabel terdapat informasi tes kecepatan koneksi Internet dengan hasil terbaik yang pernah Anda lakukan, berikut dengan informasi host mana yang Anda gunakan pada saat melakukan tes tersebut. Pada lokasi yang sama Anda juga bisa mendapati informasi Connection Grade. Informasi ini menunjukkan performa koneksimu bila dibandingkan dengan pengguna speedtest.net lainnya, baik dari dalam negeri, maupun secara global.

Speed Wave

Situs speedtest.net juga menawarkan fitur Speed Wave. Speed Wave menawarkan cara mudah untuk berbagi hasil tes kecepatan koneksi Internet dengan temanmu, sekaligus juga berkompetisi dengan mereka. Anda bisa bergabung dengan Speed Wave yang dibuat oleh temanmu atau membuat Speed Wave baru dengan mengklik ikon Speed Wave yang ada disebelah setiap hasil tes kecepatan koneksi Internet milikmu. Bila hasil tes kecepatan koneksi Internet yang dilakukan mengungguli pengguna lainnya, maka Anda dapat memperoleh penghargaan berupa badge. Badge yang Anda peroleh tergantung dari pencapaian yang berhasil dilakukan. Misalnya Touchdown diberikan untuk pengguna yang meraih hasil tes kecepatan Internet tertinggi yang pernah diuji secara keseluruhan. Overload adalah badge untuk mereka yang berhasil melampaui kecepatan 101 Mbps. Sementara What Goes Up badge menunjukkan pengguna yang mempunyai kecepatan upload lebih tinggi dari download.

Speedtest.net Settings

Biasanya karakteristik kecepatan upload yang lebih tinggi dari download dimiliki oleh penyedia layanan web, seperti Google. Sementara pengguna rumahan, biasanya mempunyai karakteristik sebaliknya, yaitu kecepatan download yang lebih tinggi dari upload. Karena memang kebutuhan pengguna rumahan adalah untuk memperoleh konten, sedangkan penyedia layanan web itulah yang memberikan kontennya.

Speedtest.net Settings

Beberapa hal di speedtest.net dapat diatur melalui konfigurasi. Pada konfigurasi ini, Anda dapat nama yang digunakan untuk mengidentifikasi koneksimu di Speed Wave. Jika menggunakan layanan Internet dari operator selular, biasanya Anda akan memperoleh alamat IP dinamis. Dimana alamat IP ini bisa berubah setiap kali Anda terhubung ke Internet. Anda dapat menggabungkan IP dinamis yang Anda gunakan, sehingga bisa diakses dari tempat yang sama dimana Anda melakukan tes kecepatan koneksi Internet dengan alamat IP dinamis lainnya. Konfigurasi Connection Manager jika Anda menggunakan IP dinamis. Pengguna layanan Internet ADSL tidak perlu mengatur Connection Manager, karena biasanya IP yang diberikan adalah IP statis. Konfigurasi tambahan yang berhubungan dengan hasil tes kecepatan koneksi Internet dan lain-lain bisa diatur melalui Global Settings. Pada Global Settings, pengguna bisa mengatur zona waktu, format penanggalan, unit yang digunakan untuk menentukan jarak, pilihan host favorit, serta satuan yang digunakan untuk mengukur kecepatan Internet. [PN]