Penguat SInyal GSM

22 May 2012 16:00 | Hits: 5010

Ketahui Tentang Teknologi Penguat Sinyal GSM

Ketahui Tentang Teknologi Penguat Sinyal GSM

Penguat sinyal GSM adalah perangkat yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan penerimaan sinyal GSM pada area lokal menggunakan antena penerima eksternal, amplifier sinyal, dan antena internal untuk transmisi ulang. Cara kerja perangkat penguat sinyal GSM ini mirip dengan menara BTS yang digunakan oleh operator GSM, namun dalam kemasan yang lebih kecil dan ditujukan untuk penggunaan dalam ruangan.

Antena eksternal biasanya berupa antena directional atau antena yagi yang berbentuk seperti antena TV. Antena eksternal dari perangkat penguat sinyal untuk GSM sangat penting dalam peningkatan kekuatan sinyal. Karena antena eksternal dapat diletakkan di luar yang diarahkan ke menara BTS terdekat untuk memperoleh sinyal yang bagus. Semakin besar ukuran antena eksternal, semakin baik sinyalnya. Meskipun yang kecil dari perangkat ini juga dapat menyediakan sinyal yang lebih baik ketimbang antena bawaan ponsel.

Antena Yagi

Semua model dari perangkat penguat sinyal untuk GSM mempunyai perangkat amplifier atau yang kadang juga disebut dengan repeater. Amplifier inilah yang berfungsi memperkuat sinyal yang ditangkap oleh antena eksternal yang kemudian ditransmisikan ulang oleh antena internal. Kekuatan sinyal yang diberikan berkisar antara 20dB hingga 50dB. Bahkan model dengan power yang lebih besar bisa mencapai 100dB. Namun, sebelum Anda memilih model V dengan power di atas 50dB, sebaiknya Anda juga memperhatikan faktor seperti kemudahan mem-filter sinyal dari noise yang mengganggu. Karena semakin besar power dari penguat sinyal GSM, maka semakin sulit sinyal di-filter tanpa antena yang sangat bagus dan diarahkan dengan tepat ke menara BTS.

Penguat sinyal GSM yang bagus mempunyai antena internal, meskipun ada beberapa model yang tidak menyediakannya. Keuntungan menggunakan antena internal adalah sinyal dapat disebarkan secara merata ke segala arah dalam ruangan. Semua antena termasuk antena internal mempunyai polaritas, dalam arti mereka harus diarahkan untuk memperoleh sinyal terbaik.

Misalnya seperti pada antena eksternal yang diarahkan ke BTS. Namun untuk antena internal, pengguna tidak perlu repot melakukan hal tersebut. Karena cakupannya sudah cukup kuat, sehingga arah orientasi dari antena internal tidak akan terlalu mempengaruhi. Antena internal dari perangkat penguat sinyal untuk GSM mempunyai casing berbentuk kerucut yang bisa dipasang di langit-langit. Ada juga yang mempunyai casing berbentuk kotak untuk dipasang di tembok.

Repeater Penguat Sinyal GSM

Kapan Penguat Sinyal GSM Diperlukan

Daerah yang mempunyai kepadatan penduduk yang terlalu rendah membuat ongkos pemasangan dan pemeliharaan BTS yang banyak agar dapat mencakup semuanya menjadi tidak masuk akal. Oleh karena itu biasanya pada daerah seperti ini, cakupan sinyalnya sangat buruk, akibat dari jumlah menara BTS yang tidak memadai. Jika Anda tinggal di daerah seperti ini, maka penguat sinyal dapat secara signifikan meningkatkan kekuatan sinyal meskipun berada jauh dari menara BTS.

Penggunaan perangkat penguat sinyal untuk GSM dapat menguntungkan pada beberapa gedung yang mempunyai material bangunan yang dapat menahan sinyal GSM. Gedung-gedung tua yang arsitektur atapnya terdiri dari material yang tebal dan mengandung logam dapat memblok sinyal. Setiap gedung dengan tembok tebal dengan kerangka logam juga dapat menahan sinyal.

Lantai bangunan bertingkat seringkali dibuat dengan mengecor beton di atas material logam yang secara efektif menahan sinyal. Beberapa material pelapis pada gedung yang terbuat dari foam padat atau fiberglass untuk menjaga suhu dalam ruangan juga dapat mengurangi kekuatan transmisi. Beberapa jenis jendela terutama yang terbuat dari logam pun bisa mempengaruhi kekuatan sinyal. Jika Anda tinggal di bangunan dengan karakteristik seperti ini dan mengalami penurunan sinyal yang mengganggu komunikasi, maka penggunaan perangkat penguat sinyal untuk GSM dapat membantu meningkatkan kualitas sinyal.

Antena Internal

Sinyal GSM juga mengalami kesulitan menembus ruangan bawah tanah. Seperti yang terdapat di pusat perbelanjaan dan perkantoran yang digunakan untuk area parkir. Semakin dalam ruangan ini semakin buruk sinyalnya. Karena selain dari gangguan sinyal yang dialami akibat pantulan sinyal oleh berbagai objek dalam bangunan, ketebalan tanah pun turut memperburuk kualitas sinyal. Pengelola gedung bisa menambahkan beberapa perangkat penguat sinyal untuk GSM, sehingga mereka yang menggunakan fasilitas gedung tersebut masih bisa berkomunikasi dengan ponsel meskipun berada di basement. [PN]