Telepon Melalui Internet

23 May 2012 08:30 | Hits: 16910

Panggilan Telepon Melalui Internet

Panggilan Telepon Melalui Internet

Panggilan telepon melalui Internet dapat menghemat banyak biaya percakapan bila dibandingkan dengan layanan telepon tradisional. Karena bagi yang sudah terhubung ke Internet, mereka bisa melakukan telepon lewat Internet dengan gratis. Tentu saja yang dimaksud gratis disini tidak mencakup biaya Internet. Paseban akan membahas beberapa aplikasi paling populer yang menawarkan layanan telepon melalui Internet, seperti Skype, Google Talk, dan Nimbuzz.

Skype

Skype adalah layanan voice-over-Internet Protocol dengan pengguna terbanyak: 663 juta pengguna terdaftar pada September 2011. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu dan terus bertambah hingga sekarang, sangat mungkin temanmu sudah menggunakannya. Dengan Skype pengguna bisa melakukan panggilan telepon lewat Internet, video messaging, dan juga instant messaging. Skype adalah layanan milik Microsoft.

Karena tulisan ini mengenai layanan telepon melalui Internet, maka kita akan membatasi pembahasan fitur Skype pada topik tersebut. Skype menawarkan beberapa pilihan layanan panggilan telepon lewat Internet yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi:

  • Panggilan sesama pengguna aplikasi Skype
    Panggilan telepon lewat Internet yang dilakukan oleh sesama pengguna Skype adalah layanan yang ditawarkan secara gratis. Pilih saja dari daftar kontak dan tekan tombol Call dari Skype untuk memulai panggilan telepon lewat Internet.
  • Panggilan Skype ke telepon rumah dan ponsel
    Anda bisa juga melakukan panggilan ke telepon rumah atau ponsel melalui aplikasi Skype. Layanan ini tidak gratis, namun tarif panggilan internasional yang ditawarkan oleh Skype, jauh lebih murah ketimbang yang ditawarkan oleh layanan telepon tradisional. Jadi apabila mempunyai keluarga atau anak yang sedang bersekolah di luar negeri, maka ini bisa menjadi salah satu pilihan panggilan telepon melalui Internet yang hemat.
  • Konferensi
    Ini adalah panggilan telepon lewat Internet yang ditujukan ke beberapa daftar kontak sekaligus. Mereka yang sedang melakukan konferensi bisa berbicara dan mendengarkan dalam satu grup sekaligus. Jika semua pengguna yang dihubungi adalah pengguna Skype, maka panggilan telepon lewat Internet ini gratis.

Google Talk

Sesuai dengan namanya, Layanan ini ditawarkan oleh Google Talk. Kita akan fokus ke fitur panggilan telepon melalui Internet dari Google Talk. Proses untuk melakukan telepon lewat Internet menggunakan Google Talk, kurang lebih sama dengan Skype. Dimana pengguna harus terlebih dahulu menambahkan daftar kontak mereka, baru bisa melakukan panggilan ke pengguna yang ada di daftar tersebut.

Panggilan telepon lewat Internet bisa juga dilakukan dari Internet. Sebelum bisa melakukan panggilan melalui Internet dari Gmail, pengguna harus melakukan upgrade layanan ke Google Voice terlebih dahulu. Dari Gmail pilih tautan Call Phone dari Chat List. Pada jendela yang baru keluar, pilihlah History atau Add Credit. Pengguna akan dialihkan ke jendela Google Voice, disini tekan tombol Upgrade Your Account. Setelah ini barulah pengguna bisa memilih nomor Google untuk panggilan telepon lewat Internet.

Salah satu kelemahan Google Talk bila dibandingkan oleh Skype adalah panggilan telepon melalui Internet hanya bisa dilakukan antara sesama pengguna Google Talk. Tidak ada kabar kalau Google ingin menawarkan layanan yang memungkinkan pengguna Google Talk untuk menghubungi telepon rumah atau ponsel untuk pengguna di Indonesia.

Nimbuzz

Satu hal yang paling membedakan Nimbuzz dengan Skype dan Google Talk adalah dukungan dari operator GSM lokal, yaitu Telkomsel. Nimbuzz adalah partner resmi dari Telkomsel. Nimbuzz Ping adalah hasil kerjasama Telkomsel dengan Nimbuzz, dimana penggunanya bisa menerima sms notifikasi dari Telkomsel apabila ada temannya yang mencoba menghubungi melalui Nimbuzz pada saat pengguna sedang offline.

Telkomsel menawarkan tarif data flat untuk aplikasi Nimbuzz. Untuk memperoleh tarif tersebut, cukup kirim sms ke 2520 dengan format: Reg Nimbuzz Hari untuk akses per hari, Reg Nimbuzz Minggu untuk akses per minggu dan Reg Nimbuzz Bulan untuk pilihan tarif per bulan. Tarif ini bisa diperoleh dengan biaya Rp.550 per hari, Rp.2000 per minggu, dan Rp.8000 per bulan. Setelah mendaftar paket data Nimbuzz, pengguna bisa bebas menggunakan aplikasi Nimbuzz dari ponsel mereka untuk melakukan panggilan telepon lewat Internet antara sesama pengguna Nimbuzz. Untuk panggilan telepon dari Nimbuzz ke telepon rumah atau ponsel tersedia layanan bernama NimbuzzOut. Sayangnya sama seperti Google Talk, layanan ini belum tersedia untuk pengguna dari Indonesia. [PN]