iPad 5

23 May 2013 19:00 | Hits: 803

Kumpulan Rumor Tentang Kehadiran iPad 5

Kumpulan Rumor Tentang Kehadiran iPad 5

Pengumuman dari datangnya iPad 4 pada even Apple Oktober 2012 datang sebagai kejutan bagi banyak orang, tapi salah satu pakar cepat untuk memprediksi bahwa perusahaan akan merilis tablet yang lebih tipis dan lebih ringan yang kelak dinamai iPad 5 pada awal 2013

Menurut Ming-Chi Kuo, seorang analis untuk KGI Securities, generasi keempat iPad berukuran penuh (dan iPad mini, yang diluncurkan pada acara yang sama) mungkin tidak cukup untuk menangkis pesaing terutama dari Android. Kuo menilai tablet Microsoft Surface menjadi risiko tertentu bagi dominasi Apple. Untuk saat ini, Surface sudah menguasai 7.5% pasar baru-baru ini.

Tak lama setelah peluncuran iPad 4, Kuo menulis dalam sebuah catatan kepada investor, dilansir AppleInsider bahwa Apple mungkin merasa tertekan untuk meluncurkan iPad 9.7 inch 5 untuk mempin tablet di kelas bisnis. Meskipun rumor akan tanggal peluncuran dari tablet ini tidak benar, namun banyak rumor yang mendukung bahwa Apple akan meluncurkan iPad 5 pada tahun ini. Berikut kumpulan rumor tersebut.

- Salah satu sumber pada tanggal 19 November 2012 mengatakan bahwa iPad 5 akan rilis sekitar pertengahan 2013, sedangkan pada tanggal 24 Desember 2012, sebuah sumber dari dalam mengatakan salah mematok tanggal rilis iPad baru pada bulan Maret 2013.

- Tanggal salah pada bulan Maret 2013 itu kembali diulang oleh Brian White dari Topeka Capital Markets pada 12 Januari 2013 oleh Gene Munster dari Piper Jaffray bank investasi pada 15 Februari. White mengutip perkataan dari orang dalam sendiri pada pameran CES di Las Vegas lalu, bahwa iPad akan menyerang pasar tablet setiap dua tahun sekali.

- Seperti yang dilaporkan oleh AppleInsider bahwa perusahaan Apple akan memperkenalkan sesuatu yang baru pada bulan Maret atau April Selama dua tahun terakhir.

- Sementara pada tanggal 25 Januari yang lalu iLounge editor-in-chief Jeremy Horwitz, mengaku telah melihat iPad baru 5 dan menulis bahwa iPad generasi kelima tidak akan dijual sampai Oktober 2013.

Harga iPad 5

Ketika Apple memperkenalkan produk baru itu biasanya Apple membanderol harga yang cocok untuk menggantikan perangkat sebelumnya. Maka dengan ini harga US$499 untuk iPad dengan dukungan Wi-Fi dan memori sebesar 16GB akan terasa pantas. US$599 untuk model 32GB, US$699 untuk 64GB dan US$799 untuk iPad 128GB.

Fitur dan Spesifikasi

Apple memberikan iPad 4 prosesor A6X on-a-chip, yang mengklaim menjadi dua kali lebih cepat iPad sebelumnya. Namun pada iPad baru ini diharapkan nantinya akan membawa new lightning connector dan dukungan LTE yang lebih baik. Dan mengingat iPad saat ini memiliki berat dan ketebelana yang sama, dan  itu sangat mungkin Apple ingin memproduksi versi yang tipis dan ringan.

Pada tanggal 14 Desember 2012, Macworld mengutip sebuah laporan di Digitimes yang mengklaim bahwa salah satu cara Apple akan mengurangi berat dari iPad baru adalah akan menggunakan satu bar lampu LED dan bukannya dua yang ditemukan di iPad saat ini. Macworld menunjukkan bahwa ini juga berarti bahwa iPad baru ini akan mengkonsumsi lebih sedikit daya karena berjalan pada baterai yang lebih kecil dan tipis.

Layar

Kuo mengharapkan Apple untuk menggunakan teknologi touchscreen "GF DITO" (atau GF2) menjadi spekulatif iPad baru 5. GF2 sudah digunakan di mini iPad baru yang membantu untuk membuatnya 23% lebih tipis dan 53% lebih ringan dari saudara yang lebih besar.

Layar ini dapat membuat rasio aspek menjadi 16:9. Perubahan itu akan ideal untuk menonton film tetapi karena akan membuat iPad lebih tinggi dan sempit, memegangnya dalam modus potret akan menjadi sedikit canggung.

Prosesor

Brian White yang salah mematok tanggal peluncuran iPad terbaru mengatakan bahwa perangkat ini akan menampilkan prosesor A6X yang sudah ditingkatkan kemampuannya. Analis KGI Securities Ming-Chi Kuo menganggap bahwa Apple akan didukung oleh prosesor A7X dan Apple akan menggunakan chip dari Samsung.

Fitur Lain

Ada kemungkinan bahwa iPad baru akan menampilkan mode getar untuk peringatan pesan. Berita ini didapat atas kebaikan terang-terangan Apple yang dilaporkan pada tanggal 21 Maret bahwa Apple telah mengajukan permohonan paten untuk "sebuah codec audio dengan dukungan vibrator". Rumor lain juga sempat santer terdengar bahwa Pad 5 mungkin datang dengan stylus. Alasan untuk ini adalah bahwa Samsung Galaxy Note 8 dan Galaxy Note 10.1 keduanya datang dengan stylus dan Apple bersaing dengan Samsung. [PY]