Jenis Jaringan Komputer

16 May 2012 13:00 | Hits: 14395

Jenis Jaringan Komputer yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Jaringan Komputer yang Perlu Anda Ketahui

Seiring dengan kemajuan teknologi dengan diciptakannya komputer di tengah tengah keghidupan kita, maka teknologi pada komputer tersebut makin lama makin berkembang pula dengan ditemukannya jaringan komputer beserta jenis jaringan komputer sebagai langkah pengembangan teknologi komputer yang sebelumnya telah ada.

Dengan ditemukannya teknologi jaringan komputer ini memberikan pengaruh terhadap komputer yang menjadikan komputer itu sendiri memiliki fungsi yang luas serta peranan yang lebih penting lagi bagi segala aktivitas kita.

Dengan menggunakan salah satu dari jenis jaringan komputer tersebut, memungkinkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya bisa melakukan œkomunikasi sehingga memiliki akses terhadap komputer lain yang menjadikan interaksi para pengguna dengan pengguna lain menjadi mudah dengan menggunakan media komputer.

Pada artikel kali ini Paseban akan membahas tentang jenis jaringan komputer yang perlu Anda ketahui sebelum Anda menggunakan salah satu dari jaringan komputer tersebut. Biasanya untuk membuat jaringan pada komputer kita harus menggunaka Network Interface Card atau NIC dan kabel yang digunakan khusus untuk jaringan. Selain Anda bisa menggunakan kabel sebagai media untuk menggunakan jaringan komputer, Anda juga bisa menggunakan wireless. Berikut adalah jenis jaringan komputer tersebut:

Jenis Jaringan Komputer

Secara umumnya jaringan komputer terbagi atas lima jenis, yaitu:

  • Local Area Network: Jaringan ini biasanya digunakan untuk jaringan miliki pribadi yang biasanya hanya tesedia pada tempat tempat tertentu, seperti sekolah, perpusatakaan dan lainnya.

  • Personal Area Network: Jaringan komputer ini merupakan jaringan yang terbatas untuk kegiatan personal dan penggunaannya pun terbatas. Seperti untuk menghubungkan komputer dengan tablet, printer dan alat mobile lainnya.

  • Metropolitan Area Network: Untuk jenis jaringan komputer satu ini dapat mencakup area yang besar. Sesuai dengan namanya, jaringan komputer ini dapat menghubungkan komputer dalam skala yang besar seperti dapat menghubungkan komputer dalam wilayah satu universitas atau bahkan kota.

  • Wide Area Network: Jaringan komputer ini cakupannya lebih luas jika dibandingkan dengan Metropolitan Area Network. Jika MAN bisa menghubungkan komputer dalam cakupan satu kota, maka untuk jenis jaringan komputer ini dapat menghubungkan komputer dalam cakupan satu propinsi.

  • Internet: Untuk jenis jaringan komputer ini tentunya Anda sudah tidak asing lagi. Ya, jaringan komputer ini dapat menghubungkan komputer secara global yang merupakan gabungan dari berbagai jaringan komputer di seluruh dunia.

Setelah penjelasan beberapa jaringan komputer tadi, jaringan komputer masih dibagi lagi berdasarkan topologinya. Topologi jaringan sendiri adalah gambaran perencanaan untuk melakukan hubungan antar komputer yang membentuk jaringan, jaringan komputer yang menganut sistem Topologi sendiri dibagi menjadi beberapa bagian, seperti berikut:

  1. Topologi Bus
    Jenis jaringan komputer ini adalah sebuah jaringan komputer yang menggunakan satu kabel panjang untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus dengan beberapa terminal dan diakhiri dengan terminator. Keuntungan yang diberikan oleh topologi bus ini adalah dapat menghemat kabel, layout kabel sederhana dan mudah dikembangkan. Namun diantara keuntungan, ada juga kelemahan yang terdapat pada jaringan komputer ini, antara lain: jika jaringan padat maka komputer lain tidak bisa mengirimkan data, dibutuhkan repeater untuk jarak jauh.

  2. Topologi Ring atau Cincin
    Jenis jaringan komputer ini adalah sebuah jaringan komputer yang menggunakan skema berbentuk lingkaran untuk membentuk sebuah jaringan. Pada topologi ini salah satu komputer akan menjadi token. Komputer yang menjadi token akan digunakan untuk mengirimkan data ke komputer lain. Keuntungan dari jaringan komputer ini adalah dapat menghemat kabel, namun topologi ini masih memiliki kelemahan yang diantaranya peka akan kesalahan dan pengembangan dari topologi ini akan sulit.

  3. Topologi Star
    Jenis jaringan komputer ini memiliki susunan yang mirip dengan topologi Bus namun telah menggunakan bantuan alat lain untuk melakukan koneksi dengan komputer lain. Keuntungan menggunakan jaringan komputer ini adalah dapat memudahkan admin untuk mengelola jaringan dan memudahkan dalam penambahan komputer atau jaringan yang baru. Seperti jaringan komputer yang lainnya, topologi ini juga memiliki kekurangan, seperti pemborosan penggunaan kabel dan apabila terjadi kerusakan pada komputer admin, maka semua jaringan tidak akan bisa digunakan.

  4. Topologi Peer-to-peer
    Jenis jaringan komputer satu ini merupakan jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer. Dalam jaringan komputer ini yang diutamakan adalah penggunaan sebuah program dan printer secara bersamaan.

  5. Topologi Mesh
    Jenis jaringan komputer yang berikutnya adalah topologi mesh. Jaringan komputer ini menghubungkan setiap perangkat secara langsung ke perangkat yang lainnya yang berada di dalam jaringan tersebut. Jaringan komputer ini bisa dihitung menggunakan rumus n(n-1)/2 dimana n merupakan jumlah dari komputer tersebut.

  6. Topologi Hybrid
    Jenis jaringan komputer yang terkahir adalah topologi hybrid. Jaringan komputer ini merupakan gabungan antara topologi topologi yang telah disebutkan di atas tadi. Kelebihan dan kekurangan dari topologi ini adalah sesuai atau sama dengan topologi topologi yang telah disebutkan tadi.

Demikian tadi ulasan tentang beberapa jenis jaringan komputer yang perlu Anda ketahui. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan Anda dalam memahami jenis jenis jaringan komputer yang ada. [PY]