Cara Menggabungkan Video

16 May 2012 12:00 | Hits: 52603

Cara Menggabungkan Video dengan Software Berikut Ini

Cara Menggabungkan Video dengan Software Berikut Ini

Menonton merupakan aktivitas yang banyak dijadikan bukan hanya sebagai hiburan semata, tapi juga aktivitas belajar atau memahami sesuatu. Film dan acara televisi misalnya. Produk media televisi ini menjadi media pembelajaran bagi siapa pun yang ingin mencaritahu tentang sesuatu. Tentu saja, film dan TV show bukan satu-satunya produk yang bisa ditonton langsung.

Banyak macam video yang tidak hanya ditonton lewat televisi. Seiring perkembangan teknologi internet, siapa yang tak kenal Youtube? Portal video nomor satu yang selalu dikunjungi masyarakat dari belahan dunia mana pun. Jika Anda merupakan peselancar dunia maya, Anda pun pasti akrab dengan situs-situs hosting file video yang bisa Anda download dan menjadi tambahan koleksi Anda.

Banyak situs yang menyediakan video agar bisa kita download dan tonton secara offline. Namun, banyak pula yang memecah satu kesatuan video menjadi beberapa bagian. Misalnya, satu film yang berdurasi dua jam harus kita download secara partisial, enam bagian atau enam video misalnya. Hal ini karena si pengunggah video memecah video tersebut agar memudahkan dalam proses uploading. Bayangkan saja, jika satu film berdurasi 2 jam memiliki ukuran 2 GB, berapa lama waktu yang dihabiskan para pengunggah untuk meng-upload video tersebut? Untuk itu, si pengunggah bisa memecahnya memecahnya menjadi beberapa bagian video.

Tidak masalah memang sepanjang semua yang kita download bisa kita nikmati tanpa mengurangi isi video tersebut. Tapi, ada proses memecah berarti ada proses menggabungkan video, bukan? Artikel ini dibuat untuk Anda yang tidak ingin repot membuka file video satu per satu ketika menonton dan menunjukkan Anda cara menggabungkan video dengan beberapa software:

Ultra Video Joiner

Cara menggabungkan video yang pertama adalah dengan menggunakan Ultra Video Joiner. Software ini merupakan software yang menggabungkan video dengan mudah. Anda bisa mengunduhnya di sini secara gratis, namun Anda masih mendapatkan versi trialnya.

Untuk mencoba cara menggabungkan video dengan software ini Anda bisa mengunduh software tersebut dan menginstalnya. Setelah itu buka software ini dan mulailah bekerja. Klik Add Video di software tersebut lalu pilihlah video yang Anda ingin satukan.

Anda tak perlu khawatir dengan jenis file. Karena di Ultra Joiner, cara menggabungkan video dengan jenis apa pun bisa dilakukan. Flv, Mpg, Mp4, DivX, Avi, dan lain sebagainya bisa Anda lakukan. Jangan lupa, software ini juga bisa berfungsi sebagai converter sekaligus. Anda bisa memilih jenis file untuk hasil output dari proses menggabungkan video ini.

FLV Join

Software untuk membantu Anda menemukan cara menggabungkan video ini memiliki cara yang hampir sama. Anda hanya memilih video yang ingin kita satukan. Software ini bisa diunduh di sini secara gratis. Kelemahan software ini adalah sesuai namanya, Flv Join. Artinya, kita hanya bisa menggabungkan video dengan jenis file Flv saja. Banyak software sejenis seperti ini, salah satunya adalah Flv Binder.

HJ SPLIT

Untuk sebagian dari Anda mungkin HJ Split sudah tak asing lagi. Software ini tak hanya menggabungkan video, tapi juga untuk memecah video. Biasanya, HJ Split digunakan untuk menggabungkan video yang berjenis ekstensi seperti .001 dan seterusnya. Software ini bisa diunduh secara gratis di sini.

Setelah Anda mengunduh dan menginstalnya, silakan Anda buka software tersebut. Klik Join lalu pilih video yang berjenis file ekstensi tersebut. Anda hanya ditampilkan satu file saja. Misalnya, Anda memiliki tiga file video yang ingin Anda satukan; RunningMan.001, RunningMan.002; dan RunningMan.003. Ketika Anda mengklik join, Anda hanya akan disuguhkan RunningMan.001. Klik saja itu, lalu pilih direktori tujuan tempat Anda akan menyimpan file video yang baru Anda satukan.

Selain file berjenis ekstensi, menggabungkan video dengan software ini bisa diakali dengan merubah nama file tersebut. Misalnya, jika nama file Anda RunningMan.flv , Anda hanya tinggal mengubahnya menjadi RunningMan.001, RunningMan2.flv menjadi RunningMan.002, dan seterusnya. Lalu langkah selanjutnya adalah melakukan proses menggabungkan video seperti biasanya.

Bagaimana mudah bukan menggabungkan video? Sebagai alternatif cara menggabungkan video Anda bisa menggunakan video converter yang sudah memiliki fitur menggabungkan video. Format Factory, misalnya. Software converter file ini bisa membantu Anda menggabungkan video yang Anda inginkan. Semoga membantu. [ZH]