Test Kecepatan Internet

13 May 2012 17:00 | Hits: 3682

Cara Mudah Test Kecepatan Internet Anda

Cara Mudah Test Kecepatan Internet Anda

Ketika Anda mendaftar untuk layanan broadband atau dial-up, penyedia layanan Internet Anda biasanya akan memberitahu Anda tentang kecepatan internet yang dapat dicapai. Streaming televisi dan film, podcast dan musik, situs web kaya konten dan video adalah semua alasan untuk memiliki koneksi Internet yang cepat. Melakukan test kecepatan internet adalah cara untuk menemukan apakah Anda memperoleh apa yang Anda bayar sepadan atau tidak. Sebuah test kecepatan Internet memungkinkan Anda untuk memeriksa kinerja dan kualitas koneksi Anda.

Sebagai orang yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja online, belajar, meneliti, bermain dan menghibur diri mereka sendiri, nilai koneksi Internet yang cepat sangatlah penting. Ketika Anda melakukan tes kecepatan internet, Anda akan diberikan hasil kecepatan download dan upload. Ini adalah bagian penting dari kecepatan koneksi Anda secara keseluruhan.

Kecepatan download mengacu pada kecepatan di mana informasi dikirim dari Internet ke komputer Anda. Pembuat perangkat lunak keamanan Internet McAfee merumuskan kecepatan download sebagai "jumlah data dibagi waktu untuk men-download". Sementara kecepatan upload adalah kecepatan di mana Anda dapat mengirim data dari komputer Anda ke Internet.

Kecepatan koneksi internet adalah tingkat di mana Anda mentransfer data dari Internet ke komputer Anda dan sebaliknya. Kecepatan koneksi internet diukur dengan berapa banyak data yang dapat ditransfer dari Internet ke komputer per detik. Data diukur dalam satuan kuantitatif kilobite per second (kbps), dan megabite per second (mbps). 1.000 kbps = 1 Mbps. Oleh karenanya ketika Anda menguji kecepatan internet, perhatikan unit data yang digunakan atau Anda bisa keliru menganggap sambungan lebih cepat atau lebih lambat dari yang diharapkan.

Modem dial-up standar dapat mengirimkan hingga 56 kilobite per second (Kbps). Namun, dengan kemajuan teknologi, Anda sekarang dapat memiliki kit broadband yang mampu mengirimkan data dalam Megabites (jutaan bit) per detiknya.

Sebuah survei mengemukakan bahwa Korea Selatan memiliki kecepatan Internet tercepat di dunia, dengan kecepatan download rata-rata 2.202 KBps. Rumania memiliki kecepatan tercepat kedua di 1,909 KBps, diikuti oleh Bulgaria, Lithuania dan Latvia. Amerika Serikat datang dengan ranking ke-26 dalam hal kecepatan internet, dan dengan kecepatan download rata-rata sekitar 616 KBps.

Sementara Republik Demokratik Kongo memiliki kecepatan internet paling lambat di dunia, dengan kecepatan download rata-rata sekitar 13 KBps. Itu lebih dari empat kali lebih lambat dari koneksi dial-up rata-rata di era 1990-an. Sebagian besar negara dengan kecepatan internet lambat berada di Afrika.

Kecepatan download rata-rata Singapura adalah 335KBps. Di Indonesia sendiri, Surabaya, menempati peringkat 10 dari bawah dengan kecepatan download rata-rata 72 KBps, diikuti Palembang, dengan 73 KBps. Sayangnya informasi tentang Jakarta dan Bandung tidak tersedia.

Namun secara global, kecepatan download rata-rata adalah 580 KBps. Penelitian mengenai kecepatan download ini didasarkan pada 27 juta download dari 20 juta komputer di 224 negara terhitung Januari hingga Juni 2011.

Jadi, bagaimana cara untuk melakukan test kecepatan internet Anda? Pertama, hidupkan komputer Anda dan akses Internet. Bila memungkinkan nonaktifkan proses background yang tidak perlu yang mungkin berjalan. Selain itu sementara test ini berlangsung, hindari multitasking. Pastikan DSL atau kabel modem menyala dan berfungsi seperti biasanya. Semua lampu harus hijau.

Jalankan test dengan mengunjungi situs berikut http://www.2wire.com/bandwidth/initialmeter.php. Test itu sendiri biasanya membutuhkan waktu kurang dari 30 detik. Situs test kecepatan internet memungkinkan pengunjung untuk memasukkan kode pos atau klik pada peta untuk memilih server terdekat. Anda juga mungkin akan diminta untuk memberikan informasi mengenai jenis koneksi, (seperti DSL atau kabel), dan operator Anda.

Tuliskan kecepatan dan bandingkan dengan harga paket Anda. Anda dapat mengetahui paket apa kecepatan Anda harus dengan konsultasi kabel atau tagihan telepon atau dengan menghubungi operator Anda secara langsung.

Lakukan tes lagi dalam beberapa hari dan bandingkan. Sadarilah kecepatan mungkin berbeda pada setiap harinya. Jangan lupa untuk memperhatikan tagihan Anda dan perhatikan kecepatan yang Anda bayar. Hubungi segera jika itu salah. Untuk hasil yang lebih akurat itu disarankan untuk menguji kecepatan internet beberapa kali, kemudian beralih ke situs web kecepatan pengujian yang berbeda dan uji lagi. [ND]