Transfer Foto

24 May 2013 14:15 | Hits: 2158

Tips dan Trik Cara Transfer Foto dan Video Dari Nokia Lumia Ke Mac

Tips dan Trik Cara Transfer Foto dan Video Dari Nokia Lumia Ke Mac

Apakah Anda pengguna smartphone Windows Phone Nokia Lumia dan juga Mac?, ada dua cara untuk melakukan transfer file foto dan juga video untuk dilakukan proses editing, yaitu dengan cara menggunakan layanan aplikasi dari Microsoft SkyDrive  dan juga menggunakan aplikasi Windows Phone for Mac. Kali ini Paseban akan memberikan petunjuk cara menggunakan aplikasi transfer foto dan video dari kedua layanan tersebut untuk memindahkan berbagai file foto dan juga video favorit yang ada pada smartphone Windows Phone kedalam perangkat Mac.

Pada setiap ponsel nokia memiliki akses layanan penyimpanan cloud storage untuk dapat mengakases layanan Microsoft SkyDrive. Pada layanan standar biasanya akan diberikan media penyimpanan sebesar 7 GB ruang kosong, namun jika layanan gratis tersebut dirasa kurang Anda dapat melakukan upgrade untuk media penyimpanan yang lebih besar dengan membayar sejumlah uang. Microsoft SkyDrive dapat dijadikan sebuah layanan aplikasi transfer foto yang mudah.

Pada smartphone Nokia Lumia memiliki pengaturan untuk melakukan proses upload otomatis berbagai jenis foto kedalam layanan Microsoft SkyDrive, artinya Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan transfer secara manual, lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur automatic upload foto tersebut ?. Untuk dapat mengaktifkan fitur tersebut silahkan Anda buka panel application pada menu utama Nokia Lumia, maka Anda akan menemukan pengaturan  seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

 

Anda akan menemukan pilihan otomatis upload ke dalam layanan Microsoft SkyDrive, fitur ini memerlukan koneksi internet agar file foto Anda tersebut dapat otomatis tersinkronisasi kedlam layanan Microsoft SkyDrive. Untuk melakukan pengiriman video dan juga foto secara manual, Anda dapat mencari pilihan menu pada Photos Gallery,  lalu buka menu yang berada dipaling bawah maka Anda akan menemukan tombol pilihan untuk melakukan penyimpanan kedalam layanan SkyDrive, jika dirasa sudah siap tekan tombol upload.

Lalu bagaimana cara mentransfer foto-foto yang berada pada layanan Microsoft SkyDriver tersebut kedalam Mac milik Anda?, Untuk memindahkan semua file foto mauun video yang berada pada layanan cloud storage tersebut Anda harus terlebih dulu login kedalam SkyDrive dan mengaksesnya melalui PC/laptop. Lalu melakukan download semua file foto maupun yang ada kapan dan dimanapun.

Cara kedua untuk melakukan transfer foto dan juga video dalam Windows Phone Nokia Lumia dengan mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi Windows Phone app for Mac. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut  sebelumnya Anda harus terlebih dahulu menggunakan aplikasi iTunes versi terbaru yang sudah terinstal di Mac Anda. Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi Windows Phone App for Mac untuk melakukan proses transfer vide dan juga foto:

  • Silahkan Anda jalankan aplikasi Windows Phone for Mac, jangan lupa bahwa kondisi Windows Phone Nokia dan juga Mac Anda sudah saling terhubung menggunakan kabel data.
  • Jika sudah saling terhubung maka Anda akan melihat jendela pemberitahuan “Connecting to a device…””, hingga muncul pemberitahuan bahwa Nokia Lumia Anda telah sukses terhubung dengan Mac. Berikut ini adalah contoh tampilannya pada Mac Anda.

 

.

  • Silahkan buka pengaturan menu aplikasi yang ada pada pjok kanan atas, maka Anda akan menemukan pilihan untuk melakukan pencarian media atau Browse Device.
  • Silahkan pilih menu tersebut, maka jika aplikasi ini akan melakukan proses scanning terhadap berbagai jenis file media yang ada baik itu file foto maupun file video yang ada pada Windows Phone Nokia Lumia milik Anda.
  • Silahkan geser secara perlahan ke arah bawah dari aplikasi, lalu pilih konten mana sajakah yang ingin Anda transfer dari Nokia Lumia Anda kedalam Mac seperti yang terlihat pada gambar berikut ini

  • Ketika semua konten file sudah Anda pilih, langkah selanjutnya yaitu dengan  mengklik tombol “Import Selected Item” pada bagian bawah aplikasi. Maka secara otomatis Mac Anda akan menjalankan proses import file dari perangkat Nokia Lumia kedalam perangkat Mac milik Anda
  • Anda juga dapat melakukan dengan cara mudah yaitu dengan memilih file-file mana saja yang ingin dipindahkan dengan cara menggesernya (dragging) menggunakan mouse kedalam aplikasi Windows Phone for Mac.

Mudah bukan cara menggunakan aplikasi transfer foto dan video dari kedua layanan tersebut? Jika ada cara lainnya yang lebih menarik dan juga mudah akan Paseban ulas pada artikel selanjutnya. [AG]