Cara Menginstall IDM

11 May 2012 16:30 | Hits: 8062

Tips & Tutorial Lengkap Cara Menginstal IDM Serta Memaksimalkannya

Tips & Tutorial Lengkap Cara Menginstal IDM Serta Memaksimalkannya

Internet Download Manager atau yang sering disebut dengan singkatan IDM, bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini, namun ada juga sebagian orang yang masih asing tentunya.

IDM adalah sebuah aplikasi yang paling banyak digunakan atau diinstall oleh para pengguna internet dan juga komputer di dunia karena sudah terbukti kehandalannya dalam memaksimalkan unduhan (download) berbagai macam jenis file. Bagi Anda yang masih asing dengan software yang satu ini, pada artikel ini Paseban akan paparkan secara singkat mengenai cara menginstal IDM dan juga memaksimalkan kinerja dari IDM untuk sistem operasi Windows XP, Vista & juga Windows 7.

Berhubung IDM adalah sebuah software untuk memaksimalkan pengunduhan berbagai macam jenis file yang ada di Internet sehingga Anda bisa memanipulasi kemampuan download itu sendiri. Cara menginstal IDM sendiri terbilang cukup mudah, versi terbaru dari Internet Download Manager (IDM) yang baru saja dirilis adalah IDM Versi 6.11 Bulid 7 2012.

Ada beberapa perbaikan dan juga penyempurnaan program pada IDM 6.11 Build 7 ini, lalu apa kemampuan dan kelebihan dari Internet Download Manager? Berikut adalahdi antaranya:

  • Mempercepat kemampuan download.
  • Mampu untuk mendownload jenis file hasil download yang gagal karena mati lampu, gangguan koneksi internet (download resume)
  • Support untuk berbagai jenis tipe file program.
  • Terdapat folder kategori download, artinya untuk setiap file yang di-download akan dipisahkan sesuai dengan jenis file yang Anda download.

Dan di bawah ini adalah fitur-fitur baru yang ada pada Internet Download Manager 6.11 Build 7 ini:

  • Perbaikan kesalahan modul program untuk Internet Explorer 9
  • Support dengan Browser Mozilla Firefox 14
  • Support dengan SeaMonkey 2.9

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menginstall aplikasi ini di laptop atau komputer milik Anda?, Jika tertarik, berikut adalah tips cara menginstal IDM untuk sistem operasi Windows XP, Windows Vista, & Windows 7. Sebelum menginstal, Anda harus membaca terlebih dahulu persyaratannya. Berikut ini adalah spesifikasi kebutuhan untuk menginstall aplikasi Internet Download Manager:

  • Sistem Operasi Windows NT/98/Me/2000/XP/2003/Vista/Server 2008/7/8
  • Kebutuhan hardisk minimal 20 Mb
  • Browser yang mendukung: Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera, Netscape NavigatorMSN Explorer, AOL Explorer, Mozilla Firebird, Avant Browser, MyIE

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menginstal IDM :

  1. Pastikan laptop /PC Anda sudah terkoneksi internet, jika tidak Anda bisa copy software IDM dari teman Anda yang telah memilikinya.

  2. Sebaiknya Anda mengunduhnya IDM di situs resminya untuk mengindari ancaman virus berbahaya. Alamat situs reminya bisa Anda kunjungi di http://www.internetdownloadmanager.com/download.html

  3. Setelah mengunduhnya, pastikan apakah ukuran file programnya sudah sesuai dengan ukuran file yang tertera di situs resminya atau tidak, biasanya ukuran file-nya sekitar 5Mb .

  4. Jalankan file hasil unduhan tadi, khusus bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows Vista dan Windows 7 (klik kanan file program), lalu klik Run As Administrator.

  5. Langkah selanjutnya yaitu Anda hanya tinggal mengklik tombol Next yang ada di bagian paling bawah.

  6. Untuk memastikan IDM sudah terinstall di web browser, untuk pengguna Firefox Anda bisa mengklik tombol Firefox dipojok kanan paling atas, lalu klik add-ons, jika IDM sudah terinstall maka di sana akan muncul add-ons dengan nama "IDM CC". Jika terdapat tulisan Not Compatible with firefox xx maka sebaiknya Anda segera meng-upgrade browser tersebut ke versi yang terbaru.

Berikut ini adalah tips memaksimalkan software IDM:

  1. Jika IDM telah terinstall, buka dan jalankan program IDM.

  2. Lalu buka menu Downloads, klik tombol Options, setelah itu buka tabs menu Connections.

  3. Ubah dan sesuaikan jenis tipe koneksi yang Anda miliki, seperti berikut ini:

    a. Connection Type/Speed merupakan jenis layanan internet yang digunakan, ubah kotak yang berada dipinggir menu ini sesuai dengan batas maksimum kecepatan download Modem/ISP bandwith Anda; contoh untuk kecepatan maksimum 7Mb ubah menjadi 7000000.

    b. Max connections number adalah kemampuan server internet, ubah menjadi 16 agar download menjadi maksimal.

    c. Langkah terakhir, klik tombol OK.

Sebagai catatan: untuk versi gratis, ada beberapa fitur dari Internet Download Manager yang tidak bisa digunakan). [AG]