Hp Nokia Bekas

12 May 2012 15:00 | Hits: 4572

Tips Memilih dan Membeli Hp Nokia Bekas

Tips Memilih dan Membeli Hp Nokia Bekas

Keberadaan hp saat ini memang sudah bukan dianggap barang mewah lagi. Salah satu alasan yang paling transparan adalah harga hp yang ditawarkan cukup bervariasi, mulai dari yang termahal sampai termurah sekali pun kini hadir di pasaran. Dengan begitu, semua orang bisa memilikinya, tidak hanya kalangan tertentu saja.

Dari sekian banyak hp yang bermunculan, apalagi dalam jangka waktu yang bisa dibilang cukup dekat membuat para pengguna sering menggonta-ganti hp yang dimilikinya, terlepas alasan mengganti hp karena menginginkan aplikasi hp keluaran terbaru yang dianggap lebih mumpuni atau karena bentuknya yang lebih menarik.

Seringnya orang bergonta-ganti hp menjadi salah satu sebab maraknya penjualan hp bekas. Bahkan ada hp bekas yang berbungkus baru dengan label harga yang murah. Jika posisi Anda sebagai orang yang ingin menjual hp, mungkin tidak ada masalah. Namun, jika posisi Anda sebagai pembeli hp bekas, Anda perlu hati-hati dan harus lebih teliti.

Ada banyak sekali hp bekas dengan berbagai merk yang saat ini dijual di pasaran, salah satunya Nokia. Tidak ada salahnya membeli barang bekas, namun tentu saja Anda harus lebih cermat. Berikut beberapa tips yang akan Paseban berikan dalam memilih dan membeli hp Nokia bekas.

Harga

Hal pertama yang dianggap penting dalam membeli hp bekas adalah harga. Harga hp Nokia bekas di setiap toko tentunya berbeda, sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dulu untuk mengetahui harga pasarannya, karena hal ini akan sangat membantu Anda terhindar dari penipuan.

Cek Body

Pastikan body hp Nokia bekas yang akan Anda beli tidak mengalami keretakan atau pecah. Kemudian cek casingnya apakah bisa dibuka secara normal atau tidak, hal ini untuk mengetahui apakah ada penggunaan perekat atau lem pada casing.

LCD

Untuk mengetahui kualitas LCD pada hp Nokia bekas, Anda bisa memerikasanya dengan cara melihat permukaan LCD dari samping kiri ke kanan, kemudian dari atas ke bawah. Apabila pemukaan LCD gelap, tidak merata dan terdapat bercak, kemungkinan kualitas LCD hp tersebut kurang bagus.

Baterai

Untuk mengecek baterainya apakah masih bagus atau tidak, Anda bisa melihat bentuknya. Bentuk baterai yang belum mengalami kerusakan biasanya berbentuk rata di kedua bagian sisinya. Jika terdapat penggelembungan, sudah dipastikan baterai tersebut sudah tidak normal/drop.

Cek No Imei

Untuk mengecek no imei hp Nokia bekas yang akan Anda beli, tekan *#06# dan *#00000#. Cocokkan nomor imei yang tertera pada layar hp dengan Dos-Book dan nomor yang tertera di bagian belakang body hp Nokia bekas tersebut. Apabila ada nomor yang tidak sesuai atau tidak cocok, maka sudah ada pergantian yang tidak sesuai dengan hp asli tersebut.

Cek Nada Dering dan Getar

Untuk mengecek nada dering dan getar, maka Anda harus masuk ke menu nada dering dan getar pada hp Nokia bekas. Dengan begitu Anda bisa mengetahui nadanya masih terdengar normal atau tidak. Selain itu, cek juga tingkat volumenya apakah masih terdengar stabil dengan volume tertentu.

Kardus Pembungkus dan Buku Panduan

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah mencocokkan kesesuian dus dengan hp, caranya periksa nomor imei yang tertera di balik baterai dengan nomor yang ada di dus. Apabila nomornya cocok, maka hp Nokia bekas itu tidak bermasalah.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda lakukan dalam memilih dan membeli hp Nokia bekas. Semoga bermanfaat. [RF]