Setting Internet Three

13 May 2012 14:00 | Hits: 54795

Setting Internet Three Pada Ponsel Android dan iPhone

Setting Internet Three Pada Ponsel Android dan iPhone

Kehadiran beberapa OS yang ada di tanah air terkadang membuat para pengguna kebingungan menggunakannya. Setting pada ponsel-ponsel yang berbeda OS tentunya juga akan berbeda. Kebingungan ini juga dirasakan ketika melakukan setting internet pada ponsel. Seiring tumbuhnya berbagai macam OS, jumlah provider Indonesia pun bertambah jumlahnya. Hal ini disebabkan kebutuhan OS tersebut akan internet yang selalu aktif. Tidak hanya pada OS, provider internet juga tentunya memiliki setting yang berbeda pula. Lihat saja provider Internet di Indonesia yang jumlahnya belasan, juga terdiri dari provider CDMA dan GSM. Untuk itu, Paseban kali ini akan membantu Anda memberikan tips untuk melakukan setting internet three pada dua OS yang berbeda, Android dan iPhone.

Sebelum melakukan setting internet three pada ponsel pintar Anda, ada baiknya Anda memastikan bahwa kartu three Anda telah aktif internetnya, lebih baik mengaktifkan paket unlimited karena akan lebih menghemat biaya pemakaian data ketimbang pemakaian internet reguler. Anda bisa langsung mendaftarkan paket internet three.

Ada banyak pilihan internet unlimited yang ditawarkan oleh three, mulai dari paket 500 Mb samapai dengan 1GB. Kuota tersebut hanya sebatas FUP (fair usage policy) di mana speed maksimal 3,1 Mbps akan diturunkan ketika FUP tercapai.

Untuk mengaktifkan paket internet three, Anda hanya perlu mengirikan SMS ke 234. Ketik MAU(spasi)500MB untuk mengaktifkan paket unlimited FUP 500 Mb perbulan dengan harga Rp 35.000. selanjutnya untuk paket yang lain Anda tinggal mengganti 500MB menjadi, 1GB, 2GB atau 5GB, masing-masing biayanya adalah Rp 50.000, Rp 75.000 dan Rp 125.000. Three juga memiliki paket internet Quota, yakni paket internet 150 Mb. Untuk mengaktifkannya cukup ketikan MAU(spasi)AD dan kirimkan ke 234, paket ini dikenakan biaya Rp 12.000 per bulan.

Setelah paket internet unlimited aktif, Anda selanjutnya bisa melakukan setting internet three pada ponsel pintar Anda. Berikut cara setting internet three pada OS Android dan iPhone :

Android

Untuk melakukan setting internet three pada ponsel Android sebenarnya sangat sederhana. Yang Anda perlukan hanya mengetahui APN, Username dan Password. Karena Anda telah mengaktifkan paket internet unlimited three, maka APN paket unlimited adalah 3data, untuk username bisa dibiarkan kosong saja. Sedangkan untuk paket internet 150 Mb, Anda bisa mengisi kolom APN dengan 3ad.

Setelah mengetahui APN internet three, kemudian Anda perlu melakukan setting internet three pada ponsel Android Anda. Masuk ke menu Setting, bisa dari menu aplikasi atau langsung dari homescreen dengan menekan tombol menu. Setelah masuk ke menu Setting, kemudian pilih Wireless & network settings dan pilih menu Mobile networks. Akan terdapat beberapa pilihan di sana, pilih Access Point Names. Jika Anda belum memiliki satu pun profil internet pada ponsel Anda maka buat sebuah profil internet dengan cara menekan tombol menu pada ponsel kemudian pilih New APN. Isikan nama terserah Anda, yang terpenting pastikan kolom APN terisi 3data atau 3ad, cukup itu saja. Tekan lagi tombol menu kemudian pilih Save, maka setting internet three Anda telah selesai. Sekarang Anda bisa berinternet ria tanpa takut pulsa habis.

iPhone

Berikutnya setting internet three pada ponsel iPhone. Caranya sederhana, sama seperti setting internet three pada ponsel Android. Yang Anda butuhkan adalah kartu three yang sudah aktif internetnya dan sebuah APN saja. Selanjutnya Anda hanya perlu masuk kedalam menu Settings->General->Network->Celular Data Network kemudian isikan APN 3data atau 3ad untuk paket 150 mb, biarkan kolom lain kosong seperti pada ponsel Android. Dengan begitu iPhone Anda sudah dapat digunakan untuk menjajaki dunia maya, untuk mengetesnya segera buka browser Safari Anda.

Cara setting internet three atau provider lain pada prinsipnya sama saja, setiap provider memiliki APN yang berbeda-beda, khusus untuk setting internet three kali ini memang tidak dibutuhkan username dan password. Setting Internet three memang tergolong mudah karena ada kalanya provider internet tertentu dan paket tertentu membutuhkan username dan password, atau bahkan membutuhkan kode proxy tertentu. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena beberapa ponsel sudah memiliki profil internet dari tiap provider Internet, sehingga Anda tidak perlu repot-repot melakukan setting internet lagi. [IQ]